Gambaran Tingkat Pengetahuan Tumbuh Kembang Anak, Self Efficacy Mengajar dan Kreativitas Guru Raudhatul Atfhal di Sulawesi Tenggara

Ros Mayasari

Abstract


Sejumlah karakteristik guru diperlukan agar pembelajaran berjalan dengan
efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tumbuh
kembang anak, self efficacy mengajar dan kreativitas guru Raudhatul Atfhal di
Sulawesi Tenggara. Penelitian ini dilakukan pada guru Raudhatul Atfhal (RA)
yang sedang mengikuti Orientasi Pembinaan Usia Dini bagi Tenaga
Pendidik/Pengasuh Raudhatul Athfal Angkatan I se-Sultra Tahun 2012 dengan
jumlah subyek penelitian sebanyak 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan
tingkat pemahaman responden tentang tumbuh kembang tinggi, tingkat self
efficacy mengajar responden sangat tinggi dan tinggi, dan tingkat kreativitas
responden cukup baik. Diharapkan dengan karakteritik yang baik pada ketiga
bidang variable yang diteliti, responden dapat mengelola proses pembelajaran
yang efektif. Saran penelitian selanjutnya adalah mengkaji hubungan antar
variable dengan jumlah sampel yang lebih besar.
Kata Kunci : Tumbuh Kembang Anak, Self Efficacy Mengajar,
Kreativitas, Guru RA, Efektifitas Pembelajaran


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v9i2.161

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats