Kekuatan Multimedia, Kreativitas Mahasiswa dan Hasil Belajar Mahasiswa STAIN Sultan Qaimuddin Kendari

Aliwar Aliwar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media
pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar media pembelajaran pada
mahasiswa STAIN Kendari. Desain yang digunakan adalah treatment by level
2x2. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan anava dua
jalan untuk melihat efek utama dan interaksi, selanjutnya menggunakan uji
Tukey untuk melihat efek sederhana. Penelitian ini dilaksanakan di STAIN
Kendari yang melibatkan 108 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
(1) hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran dengan
multimedia lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapat
media konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan media
pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar media pembelajaran,
dan (3) pada mahasiswa yang memiliki kreativitas tinggi, hasil belajar media
pembelajaran mahasiswa yang diberi multimedia lebih tinggi dari pada
mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar dalam proses
pembelajaran mempertimbangkan aspek kreativitas dalam menggunakan
penggunaan media pembelajaran, karena tidak ada satu penggunaan media
pembelajaran yang tepat untuk semua mata kuliah.
Kata Kunci : Penggunaan Media Pembelajaran, Kreativitas, Hasil Belajar
Media Pembelajaran


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v8i2.165

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats