Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Hubungan Manusia dan Lingkungan Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD) pada Kelas PAI-C Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari

Jumarddin La Fua

Abstract


Abstrak
Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi hubungan manusia
dan lingkungan mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar (IAD) telah diteliti pada kelas
PAI-C Jurusan Tarbiyah STAIN Kendari. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas hasil belajar materi hubungan antara manusia dengan

lingkungan peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran tipe Jigsaw
yang diakukan pada mahasiswa PAI C yang mengambil mata kuliah Ilmu
Alamiah Dasar (IAD) dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Penelitian ini
menggunakan metode quasi eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok
perlakukan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model dua
macam perlakuan pada satu kelompok eksperimen. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data pada penelitian ini adalah metode Tes. Dalam penelitian ini,
tes dilakukan 2 kali yaitu tes awal untuk mengukur kondisi awal sebelum diberi
perlakuan (O1) dan tes akhir untuk mengukur kondisi akhir setelah diberi
perlakuan (O2) dengan menggunakan soal tes yang sama. Analisis data dalam
penelitian ini dilakukan dalam penelitian ini meliputi rerata skor pre-test dan
post-test, jumlah deviasi kuadrat dari mean perbedaan, dan uji T (T-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
dapat membangkitkan suasana kelas yang lebih kondusif disamping itu, motivasi
siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran semakin banyak yang aktif, baik
mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan dan lebih menghargai teman
belajar dalam kelompoknya. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata (mean)
peningkatan hasil belajar Kelas PAI C menunjukkan bahwa hasil belajar setelah
diajarkan dengan menggunakan teknik Jigsaw (mean = 84,4) lebih baik daripada
hasil belajar sebelum menggunakan teknik Jigsaw Jigsaw (mean = 66,2). Hasil
uji t menunjukkan bahwa t hitung sebesar 8,582 dan nilai signifikasi sebesar
0,000 hal ini berarti bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel (t hitung
> t tabel) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil
belajar Ilmu Alamiah Dasar (IAD) kelas PAI C sebelum dan sesudah
menggunakan metode belajar teknik Jigsaw.
Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif, Jigsaw, Ilmu Alamiah Dasar


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v9i1.179

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats