Pengaruh Metode Ceramah Plus dan Resitasi Terhadap Prestasi Belajar Statistik Pendidikan Mahasiswa Tarbiyah STAIN Kendari

Ety Nur Inah

Abstract


Abstrak
Pengaruh metode ceramah plus dan resitasi terhadap prestasi belajar statistik
pendidikan telah diteliti pada mahasiswa tarbiyah STAIN Kendari dari bulan
Maret sampai dengan bulan Mei 2013. Tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penggunaan metode
Ceramah Plus; mengetahui gambaran penggunaan metode Pemberian Tugas
(Resitasi); untuk mengetahui gambaran prestasi belajar; dan untuk
mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara Metode Pemberian Tugas
(Resitasi) dan Metode Ceramah Plus terhadap Prestasi Belajar Statistik

pendidikan pada Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi PAI STAIN Kendari.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STAIN yang
mengambil mata kuliah Statistik Pendidikan Tahun Ajaran 2012-2013.
Jurusan Tarbiyah, Prodi PAI Semester V yang terdiri Kelas A, B, D, dan E.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 38 orang dengan
teknik pengembilan sampel menggunakan Teknik Random Sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan tehnik
Quistionare (angket) dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis data
yang digunakan yaitu analisis statistik melalui pengukuran tabel distribusi
frekuensi. Selanjutnya untuk menguji pengaruh variabel X terhadap variabel
Y penulis menggunakan analisis statistik inferensial dengan melakukan uji
regresi linear berganda dan analisis korelasi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode Ceramah Plus
pada mata Kuliah Statistik Pendidikan sangatlah penting dan berada pada
kategori “sangat baik”. Demikian pula dengan Metode Pemberian Tugas
berada pada kategorisasi “sangat baik”. Untuk prestasi belajar menunjukan
bahwa berdasarkan hasil ujian yang dilakukan nampak bahwa prestasi belajar
Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Semester V pada mata kuliah
Statistik Pendidikan termasuk dalam kategori “sangat tinggi”. Hasil analisis
statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
Metode Ceramah Plus dan Metode Pemberian Tugas terhadap Prestasi Belajar
Statistik Pendidikan pada Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Prodi PAI Semester V
STAIN Kendari.
Kata Kunci: Metode Ceramah Plus, Metode Resitasi, Prestasi Belajar,
Statistik Pendidikan


Full Text:

Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.31332/ai.v9i1.181

Copyright (c) 2015 Al-Izzah



SERTIFIKAT-SINTA-3-AL-IZZAH


Web
Analytics

View My Stats