Pola Asuh Orang Tua di Desa Nggele terhadap Pembentukan Karakter Anak

Ira Rauf, Pairin Pairin, Faizah Binti Awad

Abstract


Tujuan penelitian ini; Untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak. Untuk mengetahui karakter yang nampak pada anak dari pola pengasuhan yang didapatkan. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang terdiri dari lima bab, dengan menggunakan dua sumber penelitian yaitu sumber data primer dan sekunder. Informan utama yaitu orang tua dan anak, informan pendukung yaitu orang yang mengetahui problema mengenai objek yang diteliti. Untuk memperoleh data yang akurat, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi dengan teknik analisis data yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data. Untuk pengecekan keabsahan data diuji melalui pendekatan triangulasi sumber dan data. Penelitian ini ditemukan hasil bahwa; Pola asuh orang tua menggunakan pola asuh Demokratis, Laissez faire, Otoriter, dan situasional. Karakter anak yang nampak yakni; Anak menjadi mandiri, anak bergantung kepada orang tua, anak menjadi bandel, anak menjadi penurut kepada orang tua. Faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua; Latar belakang pola pengasuhan yang didapatkan sebelumnya, status ekonomi serta pekerjaan orang tua, tingkat pendidikan dari orang tua, lingkungan sosial fisik tempat dimana keluarga itu tinggal.

Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Karatakter Anak


Full Text:

PDF

References


Agustiawati, I. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pretasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung. Jurnal pendidikan, 17-20.

Akmal, N. (2017). Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 283.

Baumrind, I. A. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belejar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung. 11-13.

Covey, & Istiani, I. (2013). Pengaruh Peran Orang Tua dan Spiritual Terhadap Prilaku Kekerasan Remaja di SMP Negeri 2 Rembang Kabupaten Purbalingga. 12-14.

Dkk, Z. D. (2016). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Hardy, H. I. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belejar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung. 1-13 .

Hourlock, I. A. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belejar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung. 11-13.

Karsdi. (2018). Metode Penelitian Sosial Antara Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Manurung, I. A. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belejar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung. 17-20.

Milles, Huberman, & Karsadi. (2018). Metode Penelitian Sosial Antara Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Rahmad, J. (2008). Islami Alternatif Ceramah-Ceramah Dikampus . 121.

Soekanto, I. A. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belejar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung. 17-20.

Soemarjan, S., Abdullah, & Jailan, M. S. (2014). Teori pendidikan keluarga dan tanggung jawab orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal pendidikan, 90.

Solehuddin. (2013). Pelaksanaan Perlindungan Hukum Terhadap Pekerja Anak Yang Bekerja Dibidang Konstruksi. 5.

subianto, J., & Koesoema. (2013). peran keluarga sekolah dan masyarakat dalam pembentukan karakter yang berkualitas. edukasia; jurnal pendidikan islam, 334.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/dy.v1i1.1816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ira Rauf, Pairin Pairin, Faizah Binti Awad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

 

JournalStories Main logo JournalStories Main logo JournalStories Main logo JournalStories Main logo

site
stats

View My Stats