Pengaruh Shalat Dhuha terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di MIN 1 Kendari
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuti apakah ada pengaruh shalat dhuha terhadap pembentukan karakter siswa di MIN 1 Kendari. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif (mix methods) dengan sampel dalam penilitian ini 98 orang dengan menggunakan tehnik stratified random sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pelaksanan shalat dhuha di MIN 1 kendari memperoleh hasil di atas rata-rata yaitu 86-100, sehingga dapat dikatakan bahwa sebagian besar siswa melaksanakan shalat dhuha berada pada kategori sangat baik. Pembentukan karakter siswa di MIN 1 Kendari dimulai dari tutur bahasanya, kedisiplinan dan kejujuran siswa dari skor perolehan 86-100, sehingga dapat dikatakan bahwa karakter siswa di MIN 1 Kendari termasuk dalam kategori sangat baik dan terdapat pengaruh positif dan signifikansi shalat dhuha terhadap pembentukan karakter siswa dengan lebih besar dari pada (0.55 0.1671) dan uji t signifikansi (6,44 1,66055) maka diterima dan ditolak artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan shalat dhuha terhadap pembentukan karakter siswa di MIN 1 Kendari dengan demikian hipotesis awal yang menyatakan bahwa pengaruh shalat dhuha terhadap pembentukan karakter siswa dapat diterima. Hasil analisis koefisien deteriminasi (KD) pengaruh shalat dhuha terhadap pembentukan karakter siswa sebesar 30% dan 70% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Pembentukan Karakter Siswa, Sholat Dhuha
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Al-Tirmidzi Isa bin Abu Isa Muhammad. (2000). Sunan al-Tirmidziy, jilid II (Bairut: Dar al-Garbi al-Islamiy. 320
Aziz Muslim Muhammad. (2008). Mutiara,itu Bernama Shalat Sunah, Surabaya: PT Mizan Publika. 54
Fil Amorulah, Bahar Muhammad. (2008). Panduan Lengkap Shalat Sunnah Surakarta: Indiva Pustaka.32
Husni, Asmaul. (2011) Pengaruh Shalat Dhuha Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MAN Tlogo Blitar. Jurnal Pendidikan Vol 4.7
Margono. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta.55
Marufie Al Sabil. (2009). Dasyatnya Shalat Dhuha Pembuka Pintu Rezeki, Bandung:Mirzan Pusataka. 22
Siswanto dan Suyanto. (2017). Metodelogi Penelitian Kuantitatif Korelasional, (Jakarta: PT Rineka Cipta.75
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Alvabeta.54
Taqiudin Zarkasi & Al Kusaeri. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Al- Muta’aliyah Vol 3. 5
Undang-Undang RI.No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Direktur Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Jakarta: 2006. 6
Wahyono, Nuryadi. (2017). Hubungan Shalat Dhuha Dengan Kecerdasan Emisional Siswa Kelas X Di SMA Muhamadiyah 7 Surabaya. Tadarus Jurnal Pendidkan Islam. Vol 6. 2
Wibowo, Agus. (2013). Manajemen Pendidikan Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 40
Zaman, Badrus. (2015). Pembinaan Kaakter Siswa Melalui Shalat Sunah Dhuha Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidkan : Vol 1. 2
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/dy.v1i1.1854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 desriyani d, Marlina Marlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing: |