Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri Satap 18 Konawe Selatan

Cicih Kurniasih, Erdiyanti Erdiyanti, Marlina Marlina, Muh. Shaleh

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengidentifikasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Kooperatif dengan media Strip Story pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri Satap 18 Konsel. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri Satap 18 Konsel. Adapun prosedur penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang  dicapai pada faktor yang diteliti yang berdasarkan hasil awal yang berupa observasi dan wawancara langsung dengan guru Pendidikan Agama Islam, ditetapkan bahwa tindakan yang  digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story. Dalam penelitian ini, pada setiap siklus tindakan yang telah dilakukan bahwa melalui pembelajaran Kooperatif dengan Media Strip Story. pokok bahasan Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara dan Meraih Kesuksesan Dengan Optimis,Ikhtiar, Dan Tawakal. Bahwa hasil belajar siswa kelas IX di SMP SATAP 18 Konsel dapat ditingkatkan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pra siklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata pra siklus mencapai 7,3 dengan ketuntasan belajar mencapai 50% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 70% dengan nilai rata-rata 77,1. Ketuntasan belajar setelah siklus II menjadi 90% dengan nilai rata-rata 85,7. Adapun peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 40%. Kemudian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus II sebesar 80%. dan siklus I ke siklus II sebesar 28,75%.dan telah memenuhi indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu 80% siswa telah mendapat nilai minimal 73.

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional Jakarta : Biro Hukum Dan Organisasi Sekjen Depdiknas.

Arsyad, A.(2009). Media Pembelajaran Jakarta: Rajawali Pers.

Ahiri, J. 2017. Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran, Jakarta: Uhamka Press.

Haryati, M. (2013). Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat SatuanPendidikan Jakarta: Referensi

Hermawan, A. (2013). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nata, A. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran Jakarta: Kencana.

Rusman. (2012) Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Jakarta: Kencana.

Saleh, A. R, (2006) Pendidikan Agama Dan Pembangunan Watak Bangsa, (Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada).

Siti, M. (2013). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 155.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulastri. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3(1), ISSN 2354-614X.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Jakarta: Sinar Grafida, 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.