SEDEKAH YANG MENYAKITKAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN (STUDI TAHLILI Q.S. AL-BAQARAH [2] : 263-264)

Erba Putra Diansyah, Abdul Gaffar, Sulaemang Sulaemang, Ni’matuz Zuhrah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hakikat sedekah yang menyakitkan dalam QS. al-Baqarah[2]:263-264, Penelitian ini merupakan kajian pustaka atau library research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan linguistik dan psikologi. Kemudian teknik analisis yang digunakan adalah teknik[metode tahlili>, adapun dalam menganaisis data-data tersebut peneliti menggunakan teknik interpretasi yang meliputi interpretasi tekstual, kontekstual dan intertekstual.Hasil penelitian ini menemukan bahwa wujud sedekah yang menyakitkan pada masa kini meliputi, bersedekah kemudian menyakiti, bersedekah dengan disertai tindakan menyakiti dan menyakiti kemudian bersedekah. Adapun dampak dari sedekah yang menyakitkan dirasakan oleh tiga pihak, yaitu pemberi sedekah, penerima sedekah dan masyarakat sekitar.

Kata kunci: Sedekah, Menyakitkan, Tahlili>.


References


Referensi

‘Abd al-Ba>qi>, Muh}ammad Fua>d. (1364 H).Al-Mu’jam al-Mufahras Li al-Fa>z} al-Qur’a>n. Qa>hirah: Da>r al-Kutub al-Mis}riyyah.

Abdul Jabbar, M. Dhuha dan Burhanudin, N. (2012).Ensiklopedia Makna al-Qur’an Syarah al-Fa>z al-Qu’a>n. Bandung: CV. Media Fitri Rabbani.

Abū Al-Ḥasīn Al-Qasyairī Al-Naisābūrī, Muslim bin Al-Ḥajāj.Ṣaḥīḥ Muslim Beirut:Dār Iḥyā Al-Tarāṡi Al-‘Arabīt.

Abu> Da>wud, Sulaima>n Bin al-Asy‘asal-S|ijisa>ni>. (1998 H).Sunan Abu> Da>wud. Beirut: Dar Ibn Hazm.

Ahmad, Arifuddin. (2012).Metodologi Pemahaman Hadits; Kajian Ilmu Ma’a>ni al-Hadi>s. Makassar: Alauddin University Press.

Al-As}fah}ani, Al-Ragi>b. (2017).Al-Mufrada>t Fi> Gari>b al-Qur’a>n. Depok: Pustaka Khazanah Fawa’id.

Al-Qurt}ubi>, Syaikh Imam. (2012).Al-Ja>mi‘ Liah}ka>m al-Qur’a>n. Jakarta: Pustaka Azzam.

Amanati, Adilla. (2019).Penggunaaan Perumpamaan pada Terjemahan Surat Al-Baqarah: Kajian Stilistika. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

AriefanaPebriansyah. Youtuber Prank Sampah FerdinanPaleka bebas Penjara.https:[[jabar.suara.com[amp[read[2020[06[04[142216[youtuber-prank-sampah-ferdinan-paleka-bebas-penjara. Diakses pada Hari Selasa, 22 September 2020 Pukul 20.05.

Arifin, Gus. (2011).Zakat, Infak, Sedekah. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Azmi, Asyrifah Luthfiana. (2020).Penafsiran Term Qaulan dalam Al-Qur’an Sebagai Prinsip Etika Komunikasi Bermedia Sosial (Kajian Tematik tafsir Al-Muni>r dan Tafsir Ibn Kasi>r). Salatiga: Skripsi Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Baidan, Nasaruddin dan Aziz, Erwati.(2016). Metodologi Khusus Penelitian Tafsir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brainly, Josua. (2017).Apakah yang Dimaksud itu Prank?. https:[[brainly.co.id[tugas[13683219. (Senin, 20 April 2020, 18.54).

Al- Bukhārī Al-Ja’fī, Muḥammahd bin Ismā’īl Abū ‘Abdullāh. (1987).Al-Jāmi’Al-Ṣahīh Al- Mukhtaṣar. Beirut: Dār-Ibn Kaṡīr.

Chumairoh, Nanik. (2019). Menyebut-nyebut Pemberian Dalam Hadits Musnad Ahmad Bin Hambal No Indeks 6882. Surabaya: Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Al-Darwi>syi, M. (2002). I‘ra>b al-Qur’a>n al-Kari>m wa Baya>nuhu. Damaskus: Da>rul Yama>mah.

Departemen Pendidikan Nasional.(1990).Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Edisi Ketiga.

El-Hamdy>, ‘Ubaidurrahi>m. (2015).Sedekah Bikin Kaya dan Berkah. Jakarta: Kawah Media.

Elhany, Hemlan. (2018). Metode Tafsir Tahlili dan Maudhu’i. Jurnal Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung.

Al-Farmawi>, ‘Abd. H{ayy. (1994).Metode Tafsir Maudhu’i. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ferdiansyah, Hengky. Empat Hukum Sedekah. https:[[islami.co[empat-hukum-sedekah[. Diakses pada Hari Kamis 01 Oktober 2020 Pukul 13.25.

Firdaus.(20170.Sedekah dalam Perspektif al-Qur’an. Makassar: Al-Shahabah. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam.

Al-Ghazi, Ibnu. (2016).Fath}ul Qari>b. Jakarta: Pustaka Azzam.

Gusmawati, Yuli. (2011).Makna Ma’ruf dan Padanannya dalam Al-Qur’an (Suatu Kajian Terhadap Penafsiran Al-Mara>gi>). Riau: Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Hilmawan, Candra dan Suriana, Neti.(2013).Sedekah (Hidup Berkah Rezeki Melimpah). Yogyakarta: Pustaka Albana.

Hude, M. Darwis. (2006).Emosi Penjelajahan Religio-Psikologis Emosi Manusia di dalam al-Qur’an. Erlangga.

Jaya, Nurman. (2017).Konsep Sedekah Perspektif Yusuf Mansur dalam Buku The Miracle Of Giving. Universitas Negeri Raden Intan Lampung.

Kartini.(2016).Penerapan Al-Amr, Al-Nah}i> dan Al-Ibahah Sebagai Kaidah Penetapan Hukum. Kendari: Jurnal Al-‘Adl.

Kementerian Agama RI. (2010).Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT Tehazed.

Al-Malibari, Ibnu Abdul Aziz. (2016).Fath}ul Mu’in. Jakarta: Pustaka Azzam.

Makiyah, Fawa Idul. (2018). Penafsiran Wahbah Al-Zuhaili> Tentang Infaq dalam Tafsir AL-Muni>r. Jakarta: Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Al-Mara>gi>, Ah}mad Mus}t}afa. (1971).Tafsir al-Mara>gi>. Beirut-Lebanon: Da>r al-Kotob al-‘Ilmi>yah.

Maskur, Syafi’i. (2011).Kekuatan Sedekah. Yogyakrta: Brilian Books.

Mirza, Fandi Fuad. (2013).Pengaruh Perilaku Sedekah Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Kasus Peserta Komunitas Usaha Mikro Muamalat Berbasis Masjid (KUM3) di KJKS BMT An-Najah Wiradesa). Semarang: Skripsi Institut Agama Islam Negeri Semarang.

Muliyadi.(2015). Al-Khair dalam Perspektif Dakwah. Makassar: Jurnal Al-Khitabah.

Munawir, Ahmad Warson. (1997).Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Nufus, Wilda Hayatun. (2019).Ramai Prank Ojol Youtube, Dengerin Nih Curhat Para Driver. https:[[m.detik.com[news[berita[d-480325[ramai-prank-ojol-di-youtube-dengerin-nih-curhat-para-driver. (Senin, 8 Februari 2021, 16.51).

Qomariah, Lailatul. (2018).Penafsiran Infak dalam al-Qur’an. Skripsi Uiversitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.Yogyakarta.

Qut}b, Sayyid. (1992).Fi> Z{ila>l al-Qur’a>n di bawah Naungan al-Qur’an. Beirut: Da>rusy-Syuruq.

Retnowati, Wahyu Indah. (2007).Hapus Gelisah dengan Sedekah. Jakarta: Qultum Media.

Sabiq, Sayyid. (1978).Fiqih Sunnah. Bandung: PT Al-Ma’arif.

Al-S{a>bu>ni>, Muh}ammad ‘Ali>. (1987).Pengantar Study al-Qur’an. Bandung: Al-Ma’arif.

Salim, Abd. Muin.(2010).Metodologi Ilmu Tafsir.Yogyakarta:Teras.

Sar’an. (2019).Konsep “Komunikasi” dalam Al-Qur’an Ditinjau Berdasarkan Konsep Pendidikan. Al-Kahfi: Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Setiawan, H. Agus. (2015).Infaq dalam Tafsir Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 261. Palembang: Islamic Banking.

Shihab, Muhammad Quraish. (2013).Kaidah Tafsir.Tangerang: Lentera Hati.

--------, Muhammad Quraish. (2007).Ensiklopediaal-Qur’an: kajian Kosa Kata. Jlid I, Cet. I. Jakarta: Lentera Hati.

--------, Muhammad Quraish. (2013).Kaidah Tafsir. Syarat, Ketentuan dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-Ayat al-Qur’an. Tanggerang: Lentera Hati.

--------, Muhammad Quraish. (2012).Tafsir al-Lubab. Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Surah-Surah al-Qur’an. Tanggerang: Lentera Hati.

--------, Muhammad Quraish. (2002).Tafsir al-Mis}bah. Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.

Sulaiman Slamet, Moh. Ibnu.(2011).S{adaqah dalam Perspektif Hadits Nabi. Makassar: Jurnal AL-Hikmah.

Suryanni, Lilis. (2016).Amsal dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tah}lili>Suraht Al-A’ra>f Ayat: 175-178). Pelembang: Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Fatah Pelembang.

Al-T{aba>ri,> Jarir. (2014). J>a>mi‘ al-Baya>n an Ta’wil Ayi al-Qur’a>n. Jakarta: Pustaka Azzam.

T{abra>ni>, Abu> al-Qa>sim. (1994).Mu’jam al-Kabi>r. Riya>d}: Da>r al-S{ami>‘i>.

Taufiqur, Rohman. (2016).Konsep Sedekah dalam al-Qur’an Surat al-Baqarah Ayat 271 Menurut Tafsir al-Munir Karya Wahbah al-Zuhaili. Skripsi STAIN Kudus.

Al-Tirmi>zi>, Muh}ammad Bin ‘Isa> Bin Sura>h. (2008).Sunan al-Tirmi>zi>. Riya>d{: Maktabah al-Ma’a>rif.

Ulya, Miftah. Konstruk Emosi Marah Perspektif al-Qur’an. Pekanbaru-Riau: Jurnal Sekolah Tinggi Agama Diniyah.

Al-Qurt}ubi>, Syaikh Imam. (2012).Al-Ja>mi‘ Liah}ka>m al-Qur’a>n. Jakarta: Pustaka Azzam.

Al-Zuhaili, Wahbah. (2005).Tafsir al-Muni>r. Aqidah, Syari’ah dan Manh}aj. Damaskus: Da>rul Fikr.

Zulfa, Nur Aini. (2016).Pesan Akhlak Mah}mudah dan Mazmumah dalam Buku Cerita Bergambar 99 Asma>ul H{usna dan Kisah Para Princess. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Zulfikar, Eko. (2018). Interpretasi Makna Riya dalam al-Qur’an: Studi Kritis Perilaku Riya dalam Kehidupan Sehari-Hari. Al-Bayan: Jurnal Studi al-Qur’an dan Tafsir.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v1i1.3311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EL MAQRA' : TAFSIR, HADIS DAN TEOLOGI



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter