ETIKA BERHIAS WANITA MUSLIMAH DALAM Q.S AL-AHZAB [33] : 33 (STUDI KASUS DI DESA SINDANG KASIH, KEC. RANOMEETO BARAT, KAB. KONAWE SELATAN)

Reski Saputri Utami, Samrin Samrin, Nasri Akib

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penafsiran, pengamalan dalam etika berhias kaum wanita muslimah di Desa Sindangkasih dengan Qur’an Surah Al-Ahzab / 33 : 33. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif deskriptif, yang berusaha menyajikan data sesuai hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Menurut penafsiran para ulama dalam Al-Qur’an surah Al-Ahzab / 33 : 33 yang paling mendekati kebenaran adalah Allah melarang Istri-istri nabi dan kaum wanita muslimah untuk bertingkah laku seperti wanita jahiliyah. (2) pelaksanaan berhias kaum wanita muslimah di Desa Sindangkasih  yang telah di teliti yaitu mayoritas dari mereka di lakukan ketika hendak keluar dari rumah  kebanyakan berhias. (3) Pengamalan masyarakat dengan  penafsiran Qur’an Surah  Al-Ahzab/33 :33 memiliki persamaan dan perbedaan yaitu tetap berada di dalam  rumah  jika tidak ada keperluan dan kepentingan yang mendesak. Sedangkan perbedaan nya yaitu ketika hendak keluar rumah mayoritas kaum wanita muslimah  selalu Bertabarruj

Kata kunci : Etika,  Berhias, Wanita,

References


Referensi

Achyar Zein, Ardiansyah, Firmansyah. (2017) Konsep Tabarruj Dalam Hadist : Studi tentang Kualitas dan Pemahaman Hadis Mengenai Adab Berpakaian Bagi Wanita. Vol. 1 No. 2, At-Tahdis: Journal of Hadith Studies.

Armiadi & Sartika Indah Sari, (2019) Persepsi Pekerja Wanita Sebagai Pedagang Dalam Tinjauan Hukum Islam (Studi Kasus di Pasar Aceh Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh). Vol. 1, No. 2, UIN Ar-Raniry.

az-Zuhaili, Wahbah. (2016) Tafsir Al-Munir, Gema Insani : Jakarta.

Ath-Thabari, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. (2009) Tafsir Ath-Thabari, Pustaka Azzam : Jakarta Selatan.

Arifin, Miftahol. (2015) Analisis Jender Atas Kitab Uqud Al-Lujjayn Karya Syeikh Nawawi Al-Bantani. Vol.2, No.1.

Bin Nashir as-Sa’di, Syaikh Abdurrahman, (2012) Tafsir Al-Qur’an, Jakarta : Darul Haq.

Febrianto, (2016) Pandangan Hijabers Terhadap QS. Al-Ahzab /33: 59. Makassar : Universitas Islam Negeri (UIN) Allaudin Makassar Press.

Faridah, (2019) Semiotika Tabarruj Dalam Al-Qur’an : Penafsiran QS. Al-Ahzab (33) : 33 dan QS An-Nur (24): 31 Perspektif Ferdinand De Saussure. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fauziah Lutfiani, Naili. (2017). Hak-Hak Perempuan Dalam Surat Al-Ahzab ayat 33 : Sebuah Pendekatan Hermeneutik. Volume X, No.2, Jurnal eL-Tarbawi.

Fauzi, Ahmad. (2016) Pakaian Wanita Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam. Vol. 1, No.1, Jurnal Ekonomi Syariah.

Fatmawati, Ita. (2019) Implementasi Hadist Etika Berpakaian (Studi Living Hadis Pada Jama’ah Majelis Taklim AlKahfi Salatiga), Salatiga : IAIN Salatiga.

Habibah, Syarifah. (2014) Sopan Santun Berpakian Dalam Islam. Vol. 2 No.3, Jurnal Pesona Dasar.

Hudiarin, Sri. (2017) Penyertaan Etika Bagi Masyarakat Akademik Di Kalangan Dunia Pendidikan Tinggi, Jurnal Moral Kemasyarakatan,Vol. 2, No.1.

Indah Pratiwi, Nuning.(2017) Penggunaan Media Video call Dalam Teknologi Komunikasi. Vol. 1, No. 2, Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial.

Kemenag RI, (2013) Al-Qur’an Dan Terjemahan, Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.

Khoiriyah, Nadia, (2019) Etika Berhias Menurut Al-Qur’an ( Kajian Tafsir tematik ), Banten : Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin.

Katsir, Ibnu. (2017) Tafsir Ibnu Katsir, Jakarta : Pustaka Ibnu Katsir.

Mulyadi, Mohammad. (2011) Penelitian Kuantitatif dan kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Vol. 15 No. 1, Jurnal Studi Komunikasi Dan Media.

Muhaimin Seknun, Muslih. (2018) Eksploitasi Wanita Di Era Kontemporer : (Studi Analisa Tafsir Tabarruj Dalam Al-Qur’an) , Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Marzuki, (2013) Etika Dan Moral Dalam Pembelajaran. Pkn-Fis-Uny.

Muhammad, Amry. (2015) Studi Komparasi Antara Akhlak Siswi yang berjilbab di Sekolah Umum dan di Sekolah Islam (Studi Antara SMA Negeri 2 Pekalongan dengan MAN 2 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015), Semarang : Universitas Islam Negeri Walisongo.

Nur Rachmawati, Imami. (2007) Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif : Wawancara, Volume 11, No.1, Jurnal Keperawatan Indonesia.

Nur Asikh, Muhamad. (2018) Makna Tabarruj Menurut M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah Dan Relevansinya di Era sekarang, Semarang : UIN Walisongo, 2018.

Nisvilyah, Lely. (2013) Toleransi Antar Umat Beragama Dalam Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa (Studi kasus Umat Islam dan Kristen Dusun Segaran Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto), No. 1 Vol. 2.

Nur Asikh, Muhammad. (2018) Makna Tabarruj Menurut M. Quraish Shihab Dalam Tafsir Al Misbah dan Relevansinya di Era Sekarang. Semarang : UIN Walisongo.

Nisa, Aulia. (2019) Budaya Tabarruj di Kalangan Wanita Islam (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi). Banda Aceh : UIN AR-RANIRY DARUSSALAM

Rijali, Ahmad. (2018) Analisis Data Kualitatif.Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33, 2018.

Rahmah, Auliaur. (2019) Interpretasi Ibnu Katsir dan Sayyid Quthb Terhadap Anjuran Wanita Menetap Di Rumah ( Studi Komparatif Dalam Qs. Al-Ahzab (33):33), Surabaya : UIN Sunan Ampel.

Syaikh Imam, Al Qurthubi. (2015) Tafsir Al Qurthubi, Jakarta Selatan : Pustaka Azzam.

Shihab, M. Quraish, (2012) Al- Lubab, Tangerang : Penerbit Lentera Hati, 2012.

Sudarsono, Blasius. (2017) Memahami Dokumentasi, Vo.3, No.1, Jurnal Acarya Pustaka.

Syafe’i, Rahmat, (2015) Al-Hadist (Aqidah, Akhlak, Sosial, dan Hukum) Bandung : CV Pustaka Setia.

Titik R ahmawati&Agus Khunaifi, (2019) Etika Berpakaian Dalam Islam (Studi Tematik Akhlak Berpakaian Pada Kitab Shahih Bukhori). Vol.3, No.1, Jurnal Inspirasi.

Wahbah, Zuhaili. (2016) Tafsir Al-Munir, Jakarta : Gema Insani.

Yupita Sari, Ika. (2019) Budaya Jilbab Mahasiswi Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama UIN Raden Intan lampung (Kajian Living Qur’an). Lampung :UIN Raden Intan Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v1i1.3312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 EL MAQRA' : TAFSIR, HADIS DAN TEOLOGI



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter