GENEALOGI HIJRAH PERSPEKTIF QS. AN-NISA‘/4:100 (SUATU KAJIAN TAHLILI)

Akmaluddin Akmaluddin, Nasri Akib

Abstract


Abstrak
Penelitian ini berjudul “Genealogi Hijrah Perspektif Q.S Al-Nisa>’/4:100 (Suatu Kajian Tah}lili>). Dengan tujuan untuk mengetahui penafsiran genealogi hijrah dalam Q.S al- Nisa>’/4:100, dan juga untuk mengetahui kontekstualisasi makna hijrah. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik studi kepustakaan. Sumber data dalam penelitian yakni primer dan sekunder. Teknik interpretasi data yang digunakan yaitu interpretasi tekstual, kontekstual, dan interkontekstual. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Tah}lili>. Yaitu menjelaskan muna>sabah, asba>b al-nuzu>l, tafsir mufra>dat, i’ra>b serta penafsiran ulama tentang Q.S al-Nisa>‘/4:100. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, hijrah menurut para ulama tafsir klasik dan kontemporer yaitu meninggalkan suatu tempat yang buruk menuju tempat yang lebih baik, sedangkan hijrah yang di maksud dalam penafsiran Q.S al-Nisa>‘<‘/4:100 yakni
El-Maqra’ Vol. 1 No.2 November 2021
21
perintah untuk berhijrah bagi orang-orang yang mendapatkan tekanan oleh kaum kafir Quraisy yang selalu mengintimidasi kaum muslimin, sehingga dapat mengganggu keimanan serta menjadi ancaman bagi keyakinan ummat Islam, sehingga Allah Swt mewajibkan untuk mencari tempat yang lebih aman agar keimanan mereka tetap terjaga dan dapat mengamalkan Islam secara utuh. Kedua, kontekstualisasi makna hijrah dimasa kini adalah, bukan hanya dipahami sebatas perpindahan tempat semata, akan tetapi bisa dimaknai juga sebagai perpindahan dari situasi kurang baik mengarah kepada situasi yang lebih baik. Baik itu dalam hal keimanan maupun akhlak. Kata Kunci: Genealogi Hijrah, Q.S Al-Nisa>’/4:100, Tah}lili>.

Full Text:

PDF

References


Referensi

Ahmad, R. R. (2020). Makna Hijrah dalam Al- qur’an dengan Kajian Semantik Toshihiko Izutsu skripsi. 1.

Al-Munawar, S. H. (2002). Membangun Kesalehan Hakiki. Jakarta: Ciputat Pres.

Al-S{abuni>, M. (1987). Pengantar Study Al-qur'an (at-tibyan). Bandung: Al-ma'arif.

Al-Qurtu>bi>, Syekh Imam. (2012). Al-Jami' Liahkam al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Azzam. Al-T{aba>ri>, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir. (2019). Tafsir At-Thabari. Jakarta: Pustaka

Azzam.

Al- Farmawi, Abdul Havy. (1994). Metode Tafsir Maudu'i. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Al-Maraghi, Ahmad Mushtafa. (1987). Tafsir Al-Maraghi (Abubakar, Umar Sitanggal, Noer Aly, penjmh) Semarang: PT. Karya Toha Putra Semarang.

Abdurrahman, as-Sa'di Nashir. (1426). Tafsir Al-Qur'an. Jakarta: Darul Haq.

'Abd al-Baqi, Muhammad Fuad. (1364). Al-Mu'jam al-Mufahras Li al-Faz al-Qur'an.

Qahirah: Dar al-Kutub al- Misriyyah.

As-suyuthi, Imam. (2014). Asbabun Nuzul. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Baidan, Nasaruddin. dan Aziz, Ermawati. 2016. Metodologi Khusus Peneletian Tafsir.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Efendi, N., & Fathurrohman, M. (2016). Studi Al-Qur'an Memahami Wahyu Allah Secara Lebih Integral dan Komprehensip. Depok Sleman Yogyakarta: Kalimedia.

Eko, A. M. (2019). Fenomena Hijrah Era Milenial ( Studi tentang Komunitas Hijrah di Surabaya ) Program Studi Agama-Agama Fakultas Ushuludin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Fahruddin, (1992). Ensiklopedia Al-Qur'an. Jakarta: PT Renika Cipta

Hajar ibnu imam. (2014). Sejarah Agama dalam al-Qur’an; Dari Sederhana Menuju Sempurna.

Hatta, Ahmad. (2009). Tafsir Qur'an Perkata, Dilengkapi Dengan Asbabun Nuzul dan Terjemah.

Ibrahim Faiz. (2020). Hijrah dalam perspektif al-qur’an dan relevansinya dalam kehidupan moderen.

Isnan, A. (2020). Hijrah Dalam Perspektif Fiqih Islam.

El-Maqra’ Vol. 1 No.2 November 2021

Ismail, Muhammad Taufik & Abidin Zainal, (2017). Kontekstualisasi Hijrah Sebagai Titik Tolak Pembaharuan Pendidikan. Surakarta.

Kementrian Agama RI. (2010). Al-Qur'an dan Terjemah. Jakarta: PT Tehazed.

Munawir, Ahmad Warson. (1997). Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progressif.

Muhammad, Z. (2020). Konsep hijrah dalam gerakan dakwah. UIN Sunan Ampel.

Murni. (2013). Konsep Hijrah Dalam Perspektif Al-Qur’an (Studi Terhadap Pandangan Prof. Dr. M. Quraish Shihab, Ma Dalam Tafsir Al-Mishbah).

Mustaqim, A. (2018). The Phenomena Of Adolescent “ Hijrah ” In Islamic Counseling Perspective. 2.

Nata, Abuddin. 2003. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Royyani, I. (2020). Reinterpretasi Makna Hijrah dalam QS . al-Nisa / 4 ayat 100 : Sebuah Respon atas Fenomena Hijrah di Kalangan Artis.

RI, K. (2010). Al-Qur,An Dan Terjemahnya. Jakarta: PT tehazed.

Shihab, Muhammad. Quraish (1986). Tafsir al-Qur'an Dengan Metode Maudhu'i. Jakarta: Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an .

Shihab, Muhammad. Quraish (2002). Tafsir al-Misbah. Pesan, Kesan dan Keserasian al- Qur'an. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, Muhammad. Quraish (2012). Al-Lubab, Makna, Tujuan dan Pelajaran dari Surah- Surah Al-Qur'an. Tanggerang: Lentera Hati

Sudarto. (2000). Metodologi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo.

Ummah, Siti. Nafsiatul (2019). Makna Hijrah Perspektif Hamka Dalam Tafsir Al-Azhar dan Kontekstualisasinya Dalam Kehidupan Sosial

Latif, Y. (2005). Intelegensi Muslim dan Kuasa: Genealogi Intelegensi Muslim Indonesia Abad Ke-20. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Yuhana, Nihayatul Laili. (2021). Generalisasi Makna Hijrah.

Al-Zuhaili, Wahbah. (2005). Tafsir al-Munir. Aqidah, Syariah, dan Manhaj. Damaskus: Darul Fikr.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v1i2.3600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 EL MAQRA' : TAFSIR, HADIS DAN TEOLOGI



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter