PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR TERHADAP QS. AL-ISRA/17:32 SEBAGAI MOTIVASI MENJOMLO

Yupita Tri Rizki, Muh. Ikhsan Ikhsan, Muh. Hasdin Has

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman mahasiswa program studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir IAIN Kendari terhadap QS. Al-Isra/17:32 secara tidak langsung dipahami sebagai motivasi untuk menjomlo atau tidak pacaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan pendekatan sosiologi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi bersama mahasiswa program studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hubungan antara individu satu dan lainnya yang bukan mahram dan tidak mempunyai ikatan pernikahan secara syariat Islam serta hanya berlandaskan ketertarikan secara biologis (syahwat) sudah tentu hubungan yang dilarang dalam Islam sebagaimana dalam QS. Al-Isra/17:32 telah jelas dikatakan jangan mendekati zina. Mendekati saja dilarang apalagi melakukan perbuatan zina. (2) pemahaman mahasiswa IAT terhadap QS. Al-Isra/17:32 menyatakan bahwa telah jelas dalam ayat tersebut larangan Allah kepada hambanya untuk menjauhi zina. Pacaran adalah suatu perbuatan yang dapat mendekati zina karena di dalamnya terjadi aktivitas bersama pasangan yang tidak sah tentu hal ini melanggar norma agama. Oleh sebab itu dari pemahaman ini mahasiswa IAT menganggap QS. Al-Isra/17:32 menjadi suatu motivasi untuk tidak pacaran. (3) Manfaat yang dirasakan mahasiswa IAT dari pemahaman QS. Al-Isra/17:32 sebagai motivasi menjomlo adalah merasa terlindungi dari perbuatan zina, merasa hati dan pikiran lebih tenang, lebih fokus beribadah, fokus dalam Pendidikan, dan lebih fokus dalam menggapai cita-cita.

 


Keywords


menjomlo; motivasi; pacaran; zina

Full Text:

PDF

References


Akib, W. dan N. (2019). Pernikahan Akibat Zina Dalam Tafsir Ahkam (Analisis Tafsir Rawa’i Al-Bayan Fi Tafsir Ayat Al-Ahkam Min Al-Qur’an). 2(1), 33–51. http://repository.radenintan.ac.id/8657/1/skripsi.pdf

Al-Qurthubi. (1952). Al- Jami’ Li Ahkaam Al-Qur’an (Jilid 3). Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Ayu Puspitasari. (2022). Pemahaman Terhadap Larangan Mendekati Zina (QS Al-Isra’ ayat 32) pada Mahasiswa PAI yang Berpacaran di UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu. Repository Perpustakaan IAIN Bengkulu, 8.5.2017, 2003–2005.

Cece Abdulwaly. (2017). Like a Star: Jadi Jomblo Hafiz Qur’an (C. K. Untari (ed.)). PT Grasindo.

Hamka, B. (1983). Tafsir Al-Azhar (Jilid 6). Pustaka Panjimas.

Maulidina, R. A. (2019). Hubungan pemahaman siswa terhadap Q.S Al-Isra ayat 32 dengan sikap mereka yang benar terhadap perilaku pacaran: Penelitian pada siswa kelas X SMA Karya Budi Cileunyi Bandung. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 71.

Natonis, Z. (2013). Larangan Berzina Dalam Al-Qur’an dan Budaya Sifon Pada Etnis Suku Timor NTT (Issue 109034000042). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Noer Rohmah. (2019). Etika Perspektif Al-Qur’an, Telaah Krisis Konsep Pendidikan Etika dalam Surat Al-Isra’ 23-24. Pendidikan Islam, 22.

Rozy, Y. F., & Nirwana, A. (2022). Penafsiran “La Taqrabu Al- Zina” Dalam Qs. Al-Isra’ Ayat 32 (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Azhar Karya Buya Hamka Dan Tafsir Al-Mishbah Karya M. Quraish Shihab). QiST: Journal of Quran and Tafseer Studies, 1(1), 65–77. https://doi.org/10.23917/qist.v1i1.525

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir Al-Mishbah (VII). Lentera Hati.

Shodiq, M. G. (2019). Kontekstualisasi Pendidikan Anak Dalam Keluarga (perspektif qs. An-nisa’ ayat 36, qs.al-maidah ayat 90, dan qs. Al-isra’ ayat 32) [Uninersitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara]. http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2505

Shofiyah, N. (2020). Larangan Mendekati Zina Studi Tafsir Alquran Surat Al-Isra’ Ayat 32 Menurut Para Mufassir. Jurnal Hukum Islam, 2(1), 1–70.

Tamrin. (2019). Zina dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an. Musawa: Journal for Gender Studies, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.24239/msw.v11i1.439




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v4i1.7191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yupita Tri Rizki

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter