RESEPSI FUNGSIONAL AMALAN QS. IBRĀHĪM/14:41 STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN HAFALAN QURAN AHLUL ZIKRI WAL FIKRI DI DESA TAPULAGA KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Mira Kasim Kasim, Muh. Hasdin Has Hasdin Has Has, Nasri Akib Nasri Akib, Akbar Akbar Akbar

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Resepsi fungsional amalan QS. Ibrāhīm/14:41 Studi Kasus di Pondok Pesantren Hafalan Quran Ahlul Zikri Wal Fikri. Penelitian ini bertujuan untuk Pertama mendeskripsikan wacana QS. Ibrāhīm/14:41 dalam literatur tafsir, Kedua menelusuri prosesi serta respon pengamalan bagi pimpinan dan para santri dalam pembacaan QS. Ibrāhīm/14:41, Ketiga mengungkap hubungan pengamalan doa melancarkan hafalan al-Qur’an terhadap QS. Ibrāhīm/14:41 dalam tinjauan resepsi al-Qur’an. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis berdasarkan kerangka teori yang digunakan sebagai pisau analisis yaitu teori living Qur’an yang menggunakan resepsi fungsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama wacana QS. Ibrāhīm/14:41 dalam literatur tafsir tidak memiliki relasi dari amalan doa melancarkan hafalan, Kedua tradisi pembacaan QS. Ibrāhīm/14:41 dilaksanakan setiap hari sebelum melakukan penyetoran hafalan al-Quran dengan memiliki runtutan tata cara, Adapun menurut respon pimpinan yaitu dapat dijadikan sebagai strategi dalam melancarkan/memudahkan menghafal al-Quran. Sedangkan respon santri ada 85% santri memperoleh manfaat sebagai praktik doa mempermudah menghafal Quran, Ketiga tipologi tinjauan resepsi al-Qur’an terjadi karena adanya transmisi dan transformasi dalam pengamalan doa melancarkan hafalan yang menggambarkan adanya proses transfer pengetahuan, adaptasi, penyesuaian diri, perubahan praktik dan interpretasi dalam pengamalan.

 

 Bacaan QS. Ibrāhīm/14:41, Resepsi Fungsional, Pondok pesantren hafalan Quran ahlul zikri wal  fikri

Keywords


Bacaan QS. Ibrāhīm/14:41, Resepsi Fungsional, Pondok pesantren hafalan Quran ahlul zikri wal fikri

Full Text:

PDF

References


Abū Al-Ḥasīn Al-Qasyairī Al-Naisābūrī, Muslim bin Al-Ḥajāj.(2001) Mukhtasar Ṣaḥīḥ Muslim Beirut: Dār Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Amajida, S. (2022). Resepsi Fungsional Surat Al-Mulk: Studi Living Qur’an Di Pondok Pesantren Assalam Pasuruan. Kota Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Amir, A. (2022). Patulla,Bala as a discursive the reception of the quran in the muslim. Pustaka.

Alawiyah,T. Warman,, T., & Faridatunnisa, N. (2022). Resepsi Estetika dan Fungsional dalam Amalan Surah al-Waqi’ah di Pondok Pesantren Hidayatul Insan Palangka Raya. Risalah.

Al- Bukhārī Al-Ja’fī, Muḥammahd bin Ismā’īl Abū ‘Abdullāh. (2002) Al-Jāmi’ Al-Ṣahīh Al- Mukhtaṣar (Sahih Bukhari). Beirut: Dār Tauqi an-Najah

Badruzzaman, A. R. (2019). Resepsi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Karangsuci/1Purwokerto. Purwekorto: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto..

M. Irfan Riyadi, M. (2018). Metode Menjaga Hafalan Al-Qur’an Santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan Patihan. Ponorogo: Institut Agama Islam Negeri.

Farhan, A. (2017). Living Al-Qur’an Sebagai Metode Alternatif. Jurnal pemikiran keislaman dan tafsir hadist.

Farodisah, A. A. (2019). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Keluarga Perspektif Al- Quran Surat Ibrahim Ayat 35-41. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik.

Fauzi, A. N. (2019). Komodifikasi Agama Terhadap Pembacaan (Khataman) Alquran Air Kemasan Kh-Q Pt. Buya Barokah. Studi Al-Quran Dan Al-Hadist.

Fitriana, M. A., & Choirunnisa, A. (2018). Studi Living Qur’an Di Kalangan Narapidana : Studi Kasus Pesantren At-Taubah. Ilmu Al-Quran, Hadist, Tarbiyyah Dan Syariah.

Hasan, M. Z. (2020). Resepsi Al-Qur’an Sebagai Medium Penyembuhan Dalam Tradisi Bejampi Di Lombok. Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis.

Huda, N., & Albadriyah, A. S. (2020). Living Quran: Resepsi Al-Quran Di Pondok Pesantren Al Husna Desa Sidorejo Pamotan Rembang. Al Munqidz: Jurnal Kajian Dan Keislaman.

Husna , L., & Abidin , A. Z. (2020). Tradisi Pembacaan Surat Al-Waqi’ah Dan Surat Al-Mulk Di Pondok Pesantren Mambaul Hikam Ii Karang Ayam Blitar Jawa Timur. Ulunnuha.

Ibnu Katsir. (2003). Terjemah Tafsīr Ibnu Katsir Jilid 4. (M. Abdul Ghoffar, Penjmh). Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i

Junaedi, D. (2015). Living Qur’an Sebuah Pendekatan Baru Dalam Kajian Al- Qur’an (Studi Kasus Di Pondok Pesantren As-Siroj Al-Hasan Desa). Al-Quran Dan Hadist.

Maknun, N. I. (2020). Interaksi Dengan Qs. Al-Rahman Di Pondok Pesantren Al Mansur Putri Popongan Putri. Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir.

Mansur. (2008) dialektika tekstual dan kontekstual. Al-ahwal

Muakarromah, S. (2019). Konsep manajemen waktu dalam islam dan implementasinya pada pendidikan (studi analisi surah ibrahim ayat 33-34. Jepara: Universitas islam nahdatul ulama jepara.

Muhammad Yusuf. (2007) Metodologi Penelitian Living Qur‟an dan Hadis. al-quran dan hadist.

Muhlis, A. (2018) pemaknaan Qs. Al-Thalaq Ayat 2-3 (Studi Komparatif Antara Tafsir Ruh Al-Ma’ani Karya Al-Alusi Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nurjannah. (2022) Praktik Zikir Di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Jannah Konda Kabupaten Konawe Selatan. Kendari: Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah.

Nurhayati, D.F. (2015). Pengaruh Zikir Asmaul Husna Terhadap Aktualisasi Diri Jama’ah Majelis Zikir Asmaul Husna Masjid Jami’ Desa Tawangsari.

Nuzuliyah, W. R. (2021). Pengulangan Surah Al-Fatihah Ayat Kelima Dalam Doa Studi Living Qur’an Di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an Asy-Syafi’iyyah (Malang). Mashahif: Journal Of Qur’an And Hadits Studies.

Rahayu, S., Junaedi, D., & Umayah. (2019). Pengaruh Pembacaan Surat Yasin Fadilah Terhadap Masyarakat. Sutdi Al-Quran Dan Al Hadist (Diya Al-Faqar).

Ramadhani, A. ( 2021). Strategi Menghafal Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Metro Dan Santri Pondok Pesantren Aisyiyah Kulliyatul. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Rahman, S. (2016). Living Quran: Studi Kasus Pembacaan Al-Ma’tsurat Di Pesantren Khalid Bin Walid Pasir Pengaraian Kab. Rokan Hulu. Ilmu Al-Quran Dan Keisalman.

Rafiq, A. (20 04). Pembacan Yang Atomistik Terhadap Al-Quran: Anatara penyimpangan Dan Fungsi. Studi Ilmu-Ilmu Al-Quran Dan Hadist.

Rafiq, a. (2021). The living qur’an: its text and practice in the function of thescripture. Jurnal studi ilmu-ilmu al-qur’an dan hadis

Riyadi, F. (2014). Resepsi Umat Atas Alquran: Membaca Pemikiran Navid Kermani Tentang Teori Resepsi Alquran,”. Hunafa: Jurnal Studia Islamika.

Rohman, M. A. (2017). Resepsi Kyai Terhadap Al-Qur’an: Kajian Kitab Tafsir K.H Ahmad Yasin Asymuni. Kediri: Iain Kediri.

Oktaviany, T. (2022). Praktik Pembacaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Sebagai Zikir Muhasabah Di Majelis Duha Al-Madinah Cileduq. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Pratama, B. (2017). Konsep Syukur Dalam Qur’an Surah Ibrahim Ayat 7 Dan Upaya Pengembangan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Palembang: Uin Raden Fatah Palembang.

Sari, M. A. (2020). Peneltian Kepustakaan Dalam Penelitian Pendidikan Ipa . Penelitian Bidang Ipa.

Shihab, M. Q. (2012). Al-Lubab Makna,Tujuan, Dan Pelajaran Dari Surah-SurahAl-Quran . Tanggerang Lantera Hati..

Umniyah, I. (2018). Strategi Peningkatan Kualitas Hafalan Alqur‟An Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Di Pptq Putri Nurul Furqon Klojen Malang). Malang : Fakultas Ilmu Dan Keguruan.

Shihab, Muhammad Quraish. (2018). Wawasan al-Qur’an tentang Doa dan Zikir. Tangerang: PT Lentara Hati

Syamsuddin Sahiron. (2007). Metodologi Penelitian Living Qur‟An Dan Hadis,. Al-Quran Dan Hadist.

Sakinna, M. (2021). Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur‟An Sebagai Jimat Elindung Rumah Di Desa Senaung. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Jambi.

Siregar, S. R. (2021). Living Qur’an: Penerapan Pembacaan Surat Al-Waqi’ah Dan Al-Mulk Di Pondok Pesantren Al-Ansor Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Kota Padang Sidimpuan Ditulis. Desa Tiudan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Solahudin, M. (2016). Pendekatan Tekstual Dan Kontekstual Dalam Penafsiran Al-Quran. Al Bayan.

Sobah, Zuhrah, Gaffar, & Akib Dalam jurnal penelitiannya yang berjudul “Tradisi Pembacaan Surat Al-Mu’minun (Studi Living Qur’an Pada Pondok Pesantren Darussalam Gontor Putri 4)”

Syukron, A. (2021). Tradisi Pembacaan Surat Al-Qiyamah (Kajian Living Al-Qur’an Di Ma’had Ad-Dirosat Al-Qur’aniyah Bajur ). Jakarta: Institut Ilmu Al Quran (Iiq)

Al-Tirmizi, Muhammad Bin ‘Isa Bin Surah.(1998). Sunan al-Tirmizi. Bairut: Al-Gorbi Al-Islamiy.

Al-Tabari, Ibnu Jarīr. (2014) jami‘ al-Bayan an Ta’wil Ayi al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Azzam

Yunus, A. F. (2018). Konsep Pendidikan Spiritual Dalam Surah Ibrahim Ayat 35-41 Menurut Muhammad Quraish Shihab. Sulawesi Tengah, Palu: Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Palu.

Yunus, M. (2019). Resepsi Fungsional Al-Qur’an Sebagai Syifā’di Pondok Pesantren Roudhotut Tholabah Ki Ageng Serang Purwodadi. Living Quran.

Zaman, A. R. (2019). Resepsi al-qur'an di pondok pesantren al hidayah karang suci purwekarto. Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Zahrofani, A. D., & Ghozali, A. m. (2022). Kajian Living Qur’an: Tradisi Pembacaan Surah Al-Kahfi Di Pondok Pesantren Putri Al-Ibanah. jurnal al-Quran dan hadist

Zainuddin, A., & Hikmah, F. (2019). Tradisi Yasinan (Kajian Living Qur’an Di Ponpes Ngalah Pasuruan). Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir Program Studi Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v4i1.7355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mira Kasim Kasim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter