KHOTMUL QUR’AN: PEMAKNAAN SPIRITUALITAS DALAM PERINGATAN 100 TAHUN PONDOK MODERN DARUSSALAM, GONTOR

Ahmad Al-Hafids, Fuat Arifiyanto, Fahma Amalia Maghfiroh, Indriyani Ma’rifah Ma’rifah

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi tentang praktik Khotmul Qur’an dalam konteks Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Al-Qur’an, sebagai panduan utama dalam kehidupan, mendapat perhatian khusus dalam tradisi Khotmul Qur’an di pesantren tersebut. Pada konteks Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor, Khotmul Qur’an menjadi simbol semangat dan komitmen para santri untuk mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Khotmul Qur’an juga menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan antar santri dan antara santri dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memahami fenomena Khotmul Qur’an dalam konteks Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi deskriptif. Subjek penelitian melibatkan santri yang aktif dalam kegiatan Khotmul Qur’an dan beberapa guru pembimbing. Hasil penelitian memberikan wawasan mendalam tentang pemaknaan Al-Qur’an dan dampaknya dalam kehidupan masyarakat pesantren. Khotmul Qur’an dalam Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor menjadi sorotan utama, dengan penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pemahaman lebih lanjut tentang fenomena pembacaan Al-Qur’an di masyarakat. Prospek penelitian ini melibatkan pengembangan lebih lanjut terkait praktik keagamaan di lembaga pendidikan Islam dan implikasinya dalam pengembangan pesantren.


Keywords


Khotmul Qur’an; Al-Qur’an; Pondok Modern Darussalam Gontor; Pesantren; Tradisi Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Abu Daud Sulaiman, A. (1424 H/2003). Sunan Abu Daud. Libanon: Dar al-Fikr.

Abdullah Umar. (2023). 4 Keutamaan Khotmil Quran untuk Umat Muslim yang Perlu Diketahui. Diakses pada 23 November 2023, dari https://nublitar.or.id/4-keutamaan-khotmil-quran-untuk-umat-muslim-yang-perlu-diketahui/

Ahmad bin Hanbal, A. A. (1398 H/1978). Musnad Ahmad ibnu Hambal. Bayrut: al-Maktabah al-Islami.

Al-Khadzimi, A. A. (Tanggal tidak diketahui). Syrah Li Al-Qawaidi Al- Ushul wa Ma’aqid Al-fushul, juz 1, Bab Anasir Al-Dars, h.14.

Ari H. A. (Wali Kelas 3 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor dan pendamping kegiatan Khotmul Qur’an). Wawancara melalui Zoom Meeting.

Ayes (Santri Kelas 3 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor). Wawancara melalui Zoom Meeting.

Cokroaminoto. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Diakses pada 23 Oktober 2023, dari http://www.menulisproposalpenelitian.com/2012/07/analisis-data-penelitian-kualitatif.html.

Departemen Pendidikan Nasional. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi ke-4). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dzakariya, I. A. (Tanggal tidak diketahui). Shahih Muslim, Bab Puasa h, 520.

Fahmi M. (Panitia Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor). Wawancara melalui Zoom Meeting.

Gontor.ac.id. (Tanggal tidak diketahui). Kesyukuran Menuju Usia 100 Tahun, Santri dan Alumni PMDG Adakan Khatmu l-Quran Serentak. Diakses pada 22 November 2023, dari https://gontor.ac.id/kesyukuran-menuju-usia-100-tahun-santri-dan-alumni-pmdg-adakan-khatmu-l-quran-serentak/

Handayani, G. (2018). Merayakan hari ulang tahun: Studi Pengamalan Hadis Tentang Hari Lahir Masyarakat Kampung Pasir Konci Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi (Skripsi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hizbut Tahrir Indonesia. (2007). Peringatan Maulid Nabi SAW, Agar Tidak Menjadi Tradisi dan Seremoni Belaka. Bulletin al-islam, 348(XIV), 1.

Huda, M. (2020). Tradisi Living Qur’an: Studi Living Quran Pemaknaan Khotmul Quran di Pondok Pesantren Ittihadul Ummah Ponorogo (Skripsi). IAIN Ponorogo.

Lakonpraja, A. (Tanggal tidak diketahui). Hukum Mengadakan Acara Khataman Al-Qur’an. Diakses pada 22 November 2023, dari https://islamdigest.republika.co.id/berita/qbphem366/hukum-mengadakan-acara-khataman-Al-Qur’an.

Magfirah, A. K. (2020). Perayaan Ulang Tahun: Studi Resiprositas pada Kelompok Perempuan Muslimah di Kota Makassar (Skripsi). Universitas Hasanuddin.

Munawwir, A. W. (1997). Kamus Munawwir. Surabaya: Pustaka Progressif.

Suprayogo, I., & Tobroni. (2003). Metodologi Penelitian Sosial-Agama (cet. II). PT. Remaja Rosdakarya.

Utami, N. S. (2022). Tradisi Haul Mbah Chusnan di Pondok Pesantren Sirojuddin Sidabowa Patikraja Banyumas (Skripsi). Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokertoo.

Zulfadli (Tim Protokol Peringatan 100 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor dan Pembimbing Jam’iyatul Qurra’). Wawancara melalui Zoom Meeting.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/elmaqra.v4i1.8330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fahma Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Flag Counter