Efektivitas Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Watopute

Munawar Munawar, Jumarddin La Fua, Abdul Kadir, Halmuniati Halmuniati

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa sesudah menggunakan media alat peraga dan tanpa menggunakan media alat peraga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode quasi eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Watopute dengan sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 4 (kelas kontrol), yang diperoleh dengan teknik pengambilan sampel secara purposive random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa sesudah menggunakan media alat peraga lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa menggunakan media alat peraga, dan penggunaan media alat peraga efektif meningkatkan pemahaman siswa. Penggunaan media alat peraga dalam proses pembelajaran dapat menarik perhatian siswa dan membuat siswa termotivasi serta terlibat aktif dalam proses pembelajaran, lebih mudah mengingat, menceritakan dan memahami materi secara konkret. Selain itu, siswa juga dapat menguasai materi sehingga mendapatkan hasil belajar yang lebih baik.

 

Kata kunci: Media alat peraga, tingkat pemahaman siswa

References


Agung Iskandar (2007). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Ahmad Herlina (2017). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Kodama Dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU: Media Pendidikan dan social kemasyarakatan 13(2).

Anidityas, Nurfa Anung, Nur Rahayu Utami, dan Priyantini Widiyaningrum. (2012). Penggunaan Alat Peraga Sistem Pernapasan Manusia Pada Kualitas Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Journal 1(2).

Arsyad, Azhar (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Departemen Agama (2006). Undang-undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan Islam.

Djamaral Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Falahudin Iwan (2014). Pemanfaatan Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara 1(4)

Hapsoro C., A., dan H., Susanto (2011). Penerapan Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan Alat Peraga Pada Materi Cahaya Di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7(1).

Hartati, B (2010). Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6(2).

Hasan Qodri Ali (2012). Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian Dengan Menekankan Aspek Pemahaman. In UNY: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidkan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta 10.

Henulili Victoria, Tien Aminatun, dan Wita Setianingsih (2009). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Internet Bagi Guru Biologi SMA Di Kabupaten Sleman. Inotek, 13(2).

Imansnuna Luluk, Ulfi Faizah dan Ahmad Qosyim (2016). Pengembangan Alat Peraga Circulatori Bottle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kela VIII SMP Pada Materi Sistttem Peredddaran Darah Manusia. Pendidkan Sains 4(2)

Manzilatusita, U (2007). Pemberian Motivasi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Budaya Educare 5(1)

Nomleni Fransina TH. dan James E. Merukh (2014). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Dari Bahan Bekas Tentang System Eredaran Darah Manusia Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 7 Kota Kupang Tahun Ajaran 2014/2015. Bioedukasi 7(2).

Putriani Deska and Chika Rahayu (2018). “The Effect Discovery Learning Model Using Sun Flowers In Circles on Mathematics Learnng Outcomes”, International Journal of Trends in Mathematics Education Research 1(1)

Saleh Husnul Inayah, Nurhayati B, dan Oslan Jamadi (2015). Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SM Negeri 2 Bulukumba. ¬Jurnal Sainsmat 4(3).

Sanjaya Wina (2006). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudijono Anas (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumantri, Mohamad, Syarif (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Syarah, Sitti (2016). Penggunaan Media Model Sirkulasi Darah Dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-B SMPN 2 Bolo. Jurnal Pendidikan MIPA 6(2).

Winarno M. E (2011). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i1.1802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.