Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Tadris Fisika FATIK IAIN Kendari

Salam L, Zainuddin Zainuddin, Ety Nur Inah, Jumarddin La Fua

Abstract


Penelitian ini merupakan pengembangan terkhusus pada pembahasan elektronika dengan pokok materi transformator dan power supply. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui valid, praktis, dan efektifnya suatu alat peraga pembelajaran yang digunakan pada proses perkuliahan agar mampu meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. Penelitian ini merupakan Research and Development dengan desain Pretest-Postest One Group Design. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Tadris Fisika dan Tadris IPA, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) semester IV tahun akademik 2018/2019 dengan meggunakan sampel uji coba kelompok kecil (terbatas) dan uji coba sampel kelomok besar (bebas). Kedua sampel tersebut masing-masing diberi perlakuan pretest dan postest. Berdasarkan hasil penilaian pakar dan angket tanggapan mahasiswa tehadap alat peraga pembelajaran yang dikembangkan, valid dan layak untuk dikembangkan. Hasil uji rerata hasil belajar menunjukan adanya peningkatan hasil pretest ke postest pada kedua sempel yang diuji coba. Hasil analisis uji t menunjukan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara sebelum mahasiswa diberikan perlakuan pembelajaraan, terlebih dahulu alat peraga pembelajaran divalidasi dan dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa Tadris Fisika FTIK IAIN Kendari.

 

Kata Kunci: Alat Peraga, Keterampilan Proses Sains

References


Asikin,M., Cahyono. A. N. (2011). Peneltian dan Pengembangan dalam Bidang Pendidikan. FMIPA Unnes: http://adinegara.com/wpcontent/uploads/2011/6/makala-R-n-D.pdf, (diakses 06 desember 2018).

Asnawir dan M. Basyiruddin Usman (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Azhar Arsyad (2005). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Borg, W. R. and Gall, M. D. (2008). Educasitional Research: An Introduction. London: Longman, Inc.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain (2006). Strategi belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Douglas C. Giancoli (2001). Fisika Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Fatmawati, L. (2012). Pengembanahan Bahan Ajar Modul Elektrokimia Untuk Siswa SMA Kelas XII Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Diseratai Dan Tesis Program Pascasarjana.

Kemdiknas (2014). Pedoman Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Koselen, S. W. (2007). Electro Dasar. Http://Elektronika-Elektronika.Blogspot.Com

Muhaimin (2002). Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Musfiqon (2002). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Oemar Hamalik (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Prasetyo, K., Zuhdan (2012). Research and Development: Pengembangan Berbasis Penelitian. Surakarta: program pascasarjana universitas negeri sebelas maret.

Pressman, Abrham (1999). Switching Power Supply Desaign. New York: Mc Graw.

Putra, Nusa (2015). Researc & Development, Penelitian Dan Pengembangan: Suatu Pangantar. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Rafiqah (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Konstruktivisme Setting Kooperatif. Tesis Tidak Diterbitkan. Makassar: UNM.

Riny Sulistiowati, Dedi (2012). Perancanag Sistem Prototype Sistem Kontrol.Jurnal Iptek Vol. 16 No. 1. Diakses pada Mei 2012.

Santiaya, I Wayan (2007). Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Klungkung.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Cet. VII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winarti (2015). Jurnal “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Integrasi Islam-Sains untuk Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Siswa Madrasah Aliyah, Vol. 1 No. 2, (September 2015) http://ejournal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JPFK (Diakses 28 Oktober 2018).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i1.1803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.