Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Imun di SMA Negeri 6 Kendari

Hilda Ayu Melvi Amalia, Siti Raoda, Muhammad Syarwa Sangila, Hadi Machmud, Samrin Samrin

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif siswa sesudah diajar dengan menggunakan model problem based learning pada materi sistem imun di SMA Negeri 6 Kendari. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian quasi eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 5 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 6 (kelas kontrol), masing-masing sebanyak 20 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa sesudah diajar menggunakan model problem based learning dan sesudah diajar menggunakan model konvensional pada materi sistem imun di SMA Negeri 6 Kendari, yaitu thitung 5,31 dan ttabel1,67 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga thitung 5,31 > ttabel1,67 maka H0 ditolakdan Ha diterima.

Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Model Problem Based Learning, Model Konvensional.

References


Arikunto Suharismi. (2002) . (Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek (Jakarta: Rineka cipta), h. 108

Irawan Putra, Susanna.(2017) .Tarmizi Hamid, "Perbedaan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Dan Direct Instruction Siswa Kelas X Man Suak Timah Kabupaten Aceh Barat, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, h. 114-121

Ida Bgs Nym Semara Putra. (2012) . “Implementasi Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar biologi SMA ditinjau dari intellegence Quotien (IQ)” tesis program studi pendidikan sains, program pascasarjana universitas pendidikan ganessha singaraja , h,8)

Made Ni Sunilawati, Nyoman Dantes, and I. Made Candiasa.(2013) "Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD." PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3.1.

Putra Rizema . (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains,( Jakarta:Diva Press,)

Sagala Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung; Alfabeta), h.1

Sugiyono. (2014). Motode Penelitian Pendidikan (Cet Ke-16: Bandung: Alfabeta),h. 96

Sudijono Anas. (2013) Pengantar evaluasi pendidikan, (Jakarta : Rajawali Pers,) , h. 40

Sudjana Nana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya). h. 120.

Sudjana (2012). Metode Statistik, (Bandung: Tarsito), h. 456

_____(1996) Teknik Analisis Regresi dan Korelas Bagi peneliti,( Bandungg: Tarsito), h. 249

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Ed. 2 (Jakarta:Rajawali Pers, Cet-6), h.1

Tiro Muhammad Arif.( 2007). Dasar-dasar Statistik. (Makassar : Makassar State University Of Makassar), h. 133.

Triyanto.( 2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivistik. (Jakarta :Prestasi Pustaka), h, 1




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i1.1805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.