Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA

Tri Wulandari, Abdul Kadir, Jumarddin La Fua, Zainuddin Zainuddin

Abstract


Artikel ini adalah penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL berbasis multimedia dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain posttest only control group design yang digunakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Abuki tahun pelajaran 2018/2019. Teknik  pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen tes, angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha, dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji hipotesis pertama dan hipotesis kedua dengan menggunakan uji rerata (uji t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model PBL berasis multimedia dan yang menggunakan model konvensional (thit 9,9  > ttab 1,67). Serta terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model PBL berasis multimedia dan yang menggunakan model konvensional (thit 10,2  > ttab 1,67).

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

References


Ambarwati, S. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Problem Solving Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2014 / 2015. (Universitas Muhamadiyah Surakarta).

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, R. dkk.(2012). “Pembelajaran Ipa Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi Dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Dan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Inkuiri, 1, hal. 51

Bidang DIKBUD. (2013). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Djemari, Mardapi. (2010) Tekhnik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

E., Siregar. (2014). Teori Belajar dan Pembeajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kono, Rahmad, dkk. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Tentang Ekosistem dan Lingkungan Di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi tadulako, vol. 5, no. 1, hlm. 28-31.

Kurnia. (2014). Implementasi Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan UNISKA, Vol. 2, No. 1.

Nurmala. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas IX.5 SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol.4. No.1, hal. 67

Poedjiadi, Anna. (2010). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahayu, Dkk. (2016) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Elastisitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol.04, No.02, h. 105-116.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Wisudawati dan Sulistyowati. (2015). Metodelogi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara. h. 24.

Wulandari, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Nanggulan, Universias Sanata Darma Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i1.1806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.