Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa di MTsN 1 Konsel

Yuvita Ayuningtyas, Ismaun Ismaun, Marlina Gazali, Jumarddin La Fua

Abstract


Artikel ini adalah Penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada tema pencemaran lingkungan terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa kelas VII. Sampel yang diambil adalah siswa MTS Negeri 1 Konsel kelas VII A dan VII C  semester genap tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design, yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran STM  pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran Konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Data yang diambil adalah hasil observasi pengukuran kemampaun literasi Sains siswa dan  hasil belajar. Kemampuan literasi sains siswa diperoleh melalui hasil pengamatan beberapa indikator literasi sains berupa konten, konsep, dan proses serta hasil belajar kognitif yang diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa Kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran STM sebesar 88, 79 dan 80,06 pada kelas kontrol. Analisis uji signifikansi melalui uji t pihak kanan dengan α = 5% menghasilkan nilai thitung sebesar 4,82 dan ttabel sebesar 2,00 yang artinya hasil belajar kognitf siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran STM pada Tema Pencemaran Lingkungan efektif terhadap Peningkatan kemampuan literasi sains siswa

Kata Kunci : Model Pembelajaran STM dan Literasi Sains


References


Aditia, Muhammad Taufik, and Novianti Muspiroh. (2013). "Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat dan Islam (Salingtemasis) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Ekosistem Kelas X di SMA Nu (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon." Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains Vol 2. No 2.

Djemari, Mardapi. (2009). Tekhnik Penyusunan Instrumen Tes Dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Laela, Farihatul Faizah Dkk. (2018). Pembelajaran Ipa Menggunakan Concept Attainment Model Dengan Media Riil Dan Media Gambar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kognitif Dan Persepsi Kreativitas Siswa. Jurnal INKUIRI ISSN: 2252-7893, Vol. 7, No. 1.

Eviana dkk. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasisains IPA kelas V SD. Jurnal pendidikan dan pembelajaran Vol 1. No 1.

Fathurrahman dkk. (2014). Analisis bahan ajar fisika SMA kelas IX di kecamatan Indramayu Utara berdasarkan kategori literasi sains. jurnal inovasi dan pembelajaran fisika Vol 2 No 3.

Muhajir, Siti. (2015). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran STS Dan CTL Terhadap Literasi Sains Dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains Thn III. No.2

Permanasari, A. (2011). Pembelajaran Sains : Wahana Potensial Untuk Pembelajaran Soft Skill dan Karakter. Jurnal Universitas Lampung.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2009). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung : sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. (2009). Metode Statistika. Bandung : PT Tarsito

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, cv.

Suharsimi, Arikunto. (2008). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara ed. Revisi, cet 8.

Sujanem, Rai. (2009). Penerapan Bahan Ajar Yang Berwawasan Pendekatan STM Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Praktikum Fisiska Dasar, Sikap Ilmiah, Lerasi Sains, Dan Teknologi Mahasiswa Pendidikan MIPA STKIP Singaraja. Aneka Widya IKIP Negeri Singaraja No. 1 Th. XXXV.

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Utomo, Y.S. (2011). Survey Internasional Timss.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i1.1809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.