Pengaruh Model Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 12 Konawe Selatan

Afrianti Afrianti, Muhammad Syarwa Sangila, Samrin Samrin, St. Fatimah Kadir K.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning dan model Pembelajaran Matematika Realistik mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 12 Konawe Selatan tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial dengan taraf 1 x 2. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen 2 yang ditentukan melalui  teknik Cluster Random Sampling.Kelas eksperimen 1 pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen 2 pembelajarannya menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik. Pengambilan data menggunakan instrument tes berupa tes hasil belajar matematika berbentuk essay. Skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah sebesar 68,75 dan skor rata-rata tes hasilbelajar matematika siswa dengan model pembelajaran matematika realistik adalah sebesar 70,00. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran matematika realistik. Kesimpulan penelitian ini bahwa secara keseluruhan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran matematika realistik pada materi Bangun Ruang Sisi Datar.

Kata Kunci:  Hasil Belajar Matematika; Model Problem Based Learning; Model Pembelajaran Matematika Realistik

References


Fathoni, Abdurrahmat. (2013). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Frumensius, dkk.(2013). Perbedaan Hasil Belajar Matemattika Dengan Menggunakan Problem Based Learning dan Konvensional. Vol 1. No 2

Jaya, Indra dan Ardat.(2013). Penerapan Statistik untuk Pendidikan Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Kadir.(2015).Statistika Terapan konsep, contoh dan analis data dengan program SPSS/Lisreal dalam pen elitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Karunia E.L. & Mokhammad R.Y. (2015).Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Murtianto, Yanur Hery, dan Harun, Lukman.(2014).Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa, Aksioma.Vol 2 No 2.

Mustamin, Sitti Hasmiah. (2013). Psikologi Pembelajaran Matematika, Cet. I; Makassarr: Alauddin University Press.

Soviawati, Evi. (2011). “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa DI Tingkat Sekolah Dasar. No 2.

Sugiarti Sri & Basuki. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika.

Pajri, Akhmad. (2016). “Efektifitas Penerapan Pendekatan Realistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 20 Bulukumba Kec. Kajang Kab. Bulukumba”, UIN Alauddin Makassar.

Sangila, M. S. & Safaria, S.A. (2017).Pengaruh Model Pembelajaran Arias dan Problem Based Learning Tehadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Al-Ta’dib. Vol 10 No. 1.

Sirega, Syofian. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumu Aksara.

Setiawan, Km. Ary, dkk.(2014). “Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD”, Jourrnal Vol: 2 No. 1 .

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usiono. (2016). Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Citra Pustaka Media




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i1.1810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.