Hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah

Kurnia Kurnia, Dedyerianto Dedyerianto, Ety Nur Inah, Tandri Patih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji hubungan antara minat belajar matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah semester genap pada Tahun Ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 76 siswa. Teknik sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Sampel Jenuh, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel.Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa kuesioner (angket), tes (soal), dan dokumentasi.Teknik analisis data adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan antara minat belajar matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan  signifikansi  dengan n = 76, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah memiliki hubungan yang signifikan.

Kata Kunci :Minat Belajar Matematika, Kemampuan Pemecahan masalah Matematis

References


Chairani, Z.,(2016), Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika, Yogyakarta: Grup Penerbitan CT Budi Uama.

Fatimah, A.E., (2016), Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction, Journal of Matemaitics Education and Science, 2(2), 12.

Fitrah, M., (2016),Model Pembelajaran Matematika Sekolah Kajian Perspektif Berdasarkan Teori dan Hasil Riset, Yogyakarta: Deepublis.

Hodiyanto, (2017),Hubungan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemampuan Koneksi Matematis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(6), 216.

Irawan P.I., dkk., (2016),Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis, Jurnal: Matematika 2(2), 73.

Kudsiyah, S.M. dkk., (2017), Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X di SMA Negeri 2 Kota Sukabumi, Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 112.

Noor, A.J. & Norlalla.(2014), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script, Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 253.

Nurhasanah, S., dan Sobandi, A., (2016), Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa, 1(1), 152.

Runtukahu, T. & Kandou, S., (2014),Pembelajaran Matematika Dasar bagi Anak Berkesulitan Belajar, Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sari, Z.R. & Wulandari, S., (2018), Hubungan antara Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Minat Belajar pada Pembelajaran Matematika, Jurnal: Matematika, 1(1), 7.

Setiyabudi dan Purnami, A., (2015), Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Mastery Learning, Jurnal: Pendidikan Matematika, 3(3), 341-342 .

Siagian, R. E.,(2013),Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal; Formatif 2(2), 126.

Syah, M., (2010), Psikologi Pendidikan, Bandung: PT Remaja.

Ulvah, S. & Afriansyah, E.A., (2016), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional, Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 143-144.

Yusri, A.Y., (2018), Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Maematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene.Jurnal; Mosharafa, 1(7),52.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v1i1.1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Kulidawa indexed by:

View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.