Pengembangan Bahan ajar (Modul) Biologi pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Wawonii Tengah
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menilai bagaimana kelayakan bahan ajar (modul pembelajaran) biologi pada materi Ekositem. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D Thiagarajan (define, design, develop, dan disseminate ) yakni tahap (Pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran). Analisis riset ini dilakukan pada tiga tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Data yang digunakan bersumber dari hasil riset tentang identifikasi jenis mangrove di pantai Lamongupa dan modul pembelajaran biologi. Kelayakan materi pada bahan ajar (modul pembelajaran) dievaluasi pada tiga aspek yaitu karakteristik, kualitas dan kegunaan modul serta pada saat yang sama riset ini juga memastikan kelayakan modul yang telah dikembangkan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan yang digunakan disekolah SMA Negeri 1 Wawonii Tengah layak digunakan berdasarkan hasil validasi oleh para ahli materi dosen dan guru dengan presentase 81% dan hasil uji coba lapangan pada siswa yakni 80 % dengan kategori modul pembelajaran sangat layak digunakan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anafiyah, K., Sulistiyowati, E., & Susilawati, L. (2015). Pengembangan Modul Ekosistem Berorientasi Kewirausahaan Untuk SMA/MA. XI(1), 72–77.
Balda, B. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Media Laboratorium dan Media Visual Pada Materi Sistem Eksresi di MAN 1 Konawe. KULIDAWA. https://doi.org/10.31332/kd.v1i2.1906
Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Pengembangan e-modul sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.165
Haerullah, A. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI MELALUI PEMANFAATAN JENIS GASTROPODA MANGROVE SEBAGAI SUMBER PANGAN MASYARAKAT KECAMATAN JAILOLO. EDUKASI. https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.280
Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar Mipa. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1878
Lestari, A., Lianah, L., & Hidayat, S. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WISATA GOA KREO PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 16 SEMARANG. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3113
Lorena, M., Kasrina, K., & Yani, A. P. (2019). PENGEMBANGAN LKPD MODEL DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN IDENTIFIKASI MANGROVE DI TWA PANTAI PANJANG BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.59-66
Muqodas, R. Z., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2015). DESAIN DAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGERASI. Journal of Mechanical Engineering Education. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1160
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Rakhmatullah, R., Rapi, M., & Zulkarnaim, Z. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI TERINTEGRASI KEILMUAN ISLAM UNTUK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Biotek. https://doi.org/10.24252/jb.v8i1.9287
Rizalia, S., Syam, A. N., & Yulita, N. (2021). Kajian Kualitatif Tes Hasil Belajar Buatan Guru Biologi MAN di Kota Kendari. Journal of Natural Science and Integration. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.10410
Setiawan, Y. E., & Mustangin, M. (2020). Validitas Model Pembelajar IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika). https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1432
Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba pada Mata Kuliah Mikrobiologi. Seminar Pendidikan IPA.
Wahyuni, N., & Lufri, L. (2021). Science Module Development Based on Scientific Approach for Life Organization Subject in Junior High School. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(1), 20–27. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pbio/article/download/10697/4497
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v2i1.2316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Muragmi Gazaly, Yayan Sapitri, Hasrin Lamote
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kulidawa indexed by:
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.