Pengembangan Bahan ajar (Modul) Biologi pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 1 Wawonii Tengah

Muragmi Gazaly, Yayan Sapitri, Hasrin Lamote

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menilai bagaimana kelayakan bahan ajar (modul pembelajaran) biologi pada materi Ekositem. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D Thiagarajan (define, design, develop, dan disseminate ) yakni tahap (Pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran).  Analisis riset ini dilakukan pada tiga tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Data yang digunakan bersumber dari hasil riset tentang identifikasi jenis mangrove di pantai Lamongupa dan modul pembelajaran biologi. Kelayakan materi pada bahan ajar (modul pembelajaran) dievaluasi pada tiga aspek yaitu karakteristik, kualitas dan kegunaan modul serta pada saat yang sama riset ini juga memastikan kelayakan modul yang telah dikembangkan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan yang digunakan disekolah SMA Negeri 1 Wawonii Tengah layak digunakan  berdasarkan hasil validasi oleh  para ahli materi  dosen dan guru dengan presentase 81% dan hasil uji coba lapangan pada siswa yakni 80 % dengan kategori modul pembelajaran sangat layak digunakan.


References


Anafiyah, K., Sulistiyowati, E., & Susilawati, L. (2015). Pengembangan Modul Ekosistem Berorientasi Kewirausahaan Untuk SMA/MA. XI(1), 72–77.

Balda, B. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Media Laboratorium dan Media Visual Pada Materi Sistem Eksresi di MAN 1 Konawe. KULIDAWA. https://doi.org/10.31332/kd.v1i2.1906

Fitriani, F., & Indriaturrahmi, I. (2020). Pengembangan e-modul sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X MAN 1 Lombok Tengah. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i1.165

Haerullah, A. (2017). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI MELALUI PEMANFAATAN JENIS GASTROPODA MANGROVE SEBAGAI SUMBER PANGAN MASYARAKAT KECAMATAN JAILOLO. EDUKASI. https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i1.280

Ibrahim, I., Gunawan, G., & Kosim, K. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Discovery dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pijar Mipa. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1878

Lestari, A., Lianah, L., & Hidayat, S. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WISATA GOA KREO PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMA NEGERI 16 SEMARANG. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3113

Lorena, M., Kasrina, K., & Yani, A. P. (2019). PENGEMBANGAN LKPD MODEL DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN IDENTIFIKASI MANGROVE DI TWA PANTAI PANJANG BENGKULU. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.1.59-66

Muqodas, R. Z., Sumardi, K., & Berman, E. T. (2015). DESAIN DAN PEMBUATAN BAHAN AJAR BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN SISTEM DAN INSTALASI REFRIGERASI. Journal of Mechanical Engineering Education. https://doi.org/10.17509/jmee.v2i1.1160

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rakhmatullah, R., Rapi, M., & Zulkarnaim, Z. (2020). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM REPRODUKSI TERINTEGRASI KEILMUAN ISLAM UNTUK SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH. Jurnal Biotek. https://doi.org/10.24252/jb.v8i1.9287

Rizalia, S., Syam, A. N., & Yulita, N. (2021). Kajian Kualitatif Tes Hasil Belajar Buatan Guru Biologi MAN di Kota Kendari. Journal of Natural Science and Integration. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.10410

Setiawan, Y. E., & Mustangin, M. (2020). Validitas Model Pembelajar IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika). https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1432

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ummah, R., Suarsini, E., & Lestari, S. R. (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Berbasis Penelitian Uji Antimikroba pada Mata Kuliah Mikrobiologi. Seminar Pendidikan IPA.

Wahyuni, N., & Lufri, L. (2021). Science Module Development Based on Scientific Approach for Life Organization Subject in Junior High School. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(1), 20–27. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pbio/article/download/10697/4497




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v2i1.2316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muragmi Gazaly, Yayan Sapitri, Hasrin Lamote

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.