Studi Meta-Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Sri Anandari Safaria, Andi Reski, Tandri Patih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika melalui meta-analisis. Metodologi penelitian ini adalah meta-analisis dengan sampel sebanyak 16 artikel pada jurnal nasional yang berada di wilayah sulawesi tenggara tepatnya 4 wilayah yang menjadi sampel penelitian yaitu wilayah kendari, kolaka, muna dan butur. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel data sekunder dimana sampelnya yang digunakan yaitu data hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Penelitian meta-analisis ini memperoleh nilai effect size yang beragam dimana nilai effect sizenya berada pada rentang efek besar dan terdapat 1 artikel yang berada pada rentang efek kecil namun tidak mempengaruhi variabel kemampuan pemecahan masalah matematika yang diteliti. Dalam penelitian ini diperoleh nilai rata-rata effect size sebesar 1,301134, nilai ini tergolong dalam kategori efek besar sebagaimana kriteria hasil effect size. Temuan ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika tergolong efektif.


References


Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120–132. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.14517

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar [A Meta-analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789

Ardiyaningrum, M. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah 9 Yogyakarta Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).53-70

Bishop, C., & Polya, G. (1991). How to Solve It. The Mathematical Gazette, 75(471), 110. https://doi.org/10.2307/3619013

Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995

Glass. (1982). Meta-analysis in social research. Evaluation and Program Planning. https://doi.org/10.1016/0149-7189(82)90011-8

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Islamiah, N., & Purwaningsih. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal On Education, 1(5), 881–886. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.10

Kadir, K. (2017). Meta-Analysis of The Effect of Learning Intervention Toward Mathematical Thinking on Research and Publication of Student. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 4(2), 162–175. https://doi.org/10.15408/tjems.v4i2.8010

Kurnia, K., Dedyerianto, D., Inah, E. N., & Patih, T. (2020). Hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Buton Tengah. KULIDAWA. https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1813

Liyu, L., Lambertus, L., & Yasin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Pendekatan Metakognisi pada Siswa SMA. … Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of …, 1(1), 61–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v1i1.5418

Mayasari, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Segitiga Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Inovasi Matematika. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.151

Nugroho, A. A., & Dwijayanti, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Program Linier. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4720

Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Atmoko, P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2659

Patih, T., Halistin, H., Sangila, M. S., Agus, I., Dedyerianto, D., Hadi, A. La, … Samrin, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interaktif. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.31332/atdbwv13i2.2330

Rinaldi, E., & Afriansyah, E. A. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Problem Centered Learning dan Problem Based Learning. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.25217/numerical.v3i1.326

Sangila, M. S., Safaria, S. A., Rahayu, I. R., & Asran, A. (2019). Penalaran Matematis antara Siswa Laki-Laki dan Perempuan yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika. Al-TA’DIB. https://doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1201

Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679

Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i2.2260

Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341

Zaif, A., Sunardi, & Diah, N. (2013). Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Menyelesaikan Soal-Soal Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas IX 1 SMP Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013. Pancaran.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v2i1.2519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Anandari Safaria, Andi Reski, Tandri Patih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.