Pengaruh Strategi Coping Stress Terhadap Stres Akademik Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Jurusan Tadris MIPA FTIK IAIN Kendari

Nursoleha Tri Oktafiani, Aliwar Aliwar

Abstract


Tujuan penelitian artikel ini untuk mengetahui: 1) Deskripsi strategi coping stress, 2) Deskripsi stres akademik mahasiswa, 3) Pengaruh strategi coping stress terhadap stres akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survey. Lokasi penelitian di Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari dengan sampel penelitian yaitu program studi tadris Biologi, Tadris IPA, Tadris Matematika dan Tadris Fisika. Hasil Penelitian menunjukan bahwa : 1) strategi coping stress memiliki nilai rata-rata sebesar 52,1% mahasiswa dengan kategori sedang.  indikator tertinggi terdapat pada indikator positive reaprasial  sebesar 56,3% mahasiswa menggunakan strategi tersebut dalam menghadapi stres, 2) stres akademik memiliki nilai rata-rata sebesar 52,1% dengan kategori sedang, indikator dengan kategorisasi tertinggi  terdapat dalam indikator cognitive apprasial sebesar 52,1% mahasiswa dalam menilai situasi yang dapat menyebabkan stres melakukan penilaian kognitif. 3) strategi coping stress berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres akademik, dengan nilai Fhitung = 25,04 > Ftabel = 3,98 dan atau nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dengan sumbangan penilaian coping stress pada stres akademik sebesar 26,6%.

Kata Kunci: Coping stress, stres akademik, skripsi


References


Amalia, H. A. M., Raoda, S., Sangila, M. S., Machmud, H., & Samrin, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Imun di SMA Negeri 6 Kendari. KULIDAWA, 1(1). https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1805.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi 2014, 53(9).

Basler, H.-D. (1996). Health psychology — Biopsychosocial interactions, 2nd edition. Patient Education and Counseling, 29(2). https://doi.org/10.1016/0738-3991(96)00903-2

Fua, J. La, & Gunawan, F. (2014). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. IAIN Kendari Press.

Jayasankara Reddy, K., Rajan Menon, K., & Thattil, A. (2018). Academic Stress and its Sources Among University Students. Biomedical and Pharmacology Journal, 11(1), 531–537. https://doi.org/10.13005/bpj/1404.

Kumar, R. (2011). Stres and Coping Strategies among Nursing Students. Nursing and Midwifery Research Journal.

Pariat, M. L., Rynjah, M. A., Joplin, M., & Kharjana, M. G. (2014). Stress Levels of College Students: Interrelationship between Stressors and Coping Strategies. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(8), 40–45. https://doi.org/10.9790/0837-19834046.

Regehr, C., Glancy, D., & Pitts, A. (2013). Interventions to reduce stress in university students: A review and meta-analysis. Journal of Affective Disorders, 148(1), 1–11. https://doi.org/10.1016/j.jad.2012.11.026

Rukmana, I. (2019). Coping Stress Penulis Skripsi (STudi Deskriptif pada Mahasiswa Angkatan 2012 Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Snata Dharma Tahun Ajaran 2015/2016. UIN Syarif Hidayatullah.

Sipayung, N. (2016). Coping Stress Penulis Skripsi (STudi Deskriptif pada Mahasiswa Angkatan 2012 Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Snata Dharma Tahun Ajaran 2015/2016. Universitar Sanata Dharma, Yogyakarta.

Ulrich-Lai, Y. M., & Herman, J. P. (2009). Neural regulation of endocrine and autonomic stress responses. In Nature Reviews Neuroscience (Vol. 10, Issue 6). https://doi.org/10.1038/nrn2647.

Wijayanti, N. (2013). Strategi Coping Menghadapi Stress Dalam Penyusunan Tugas AKhir Skripsi Pada Mahasiswa Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulita, N., & Susiono, D. E. (2020). Nilai Ekologi (Ecological Value) Hiu Hasil Tangkapan Nelayan di PPN Brondong Lamongan Jawa Timur. Biotropika: Journal of Tropical Biology, 8(1). https://doi.org/10.21776/ub.biotropika.2020.008.01.04.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v2i1.2729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nursoleha Tri Oktafiani, Aliwar Aliwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.