Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VII Semester 1 Berdasarkan Kategori Literasi Sains

Cut Dinna Puspa Kartikasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ruang lingkup literasi sains pada buku siswa mata pelajaran IPA kelas VII Semester 1 berdasarkan kategori literasi sains yang mencakup pengetahuan sains, penyelidikan hakikat sains, sains sebagai cara berfikir, dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat pada buku teks yang digunakan di sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah buku siswa pelajaran IPA kelas VII Semester 1 edisi revisi 2017 kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kemendikbud dengan Bab 2 Klasifikasi Makhluk Hidup dan Bab 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya. Sampel penelitian ini adalah buku teks pelajaran yang digunakan oleh salah satu SMP Negeri di Kabupaten Semarang yaitu di SMP Negeri 2 Ungaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik dokumentasi. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar penilaian dimensi literasi sains. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata kemunculan pengetahuan sains sebesar 62%, penyelidikan hakikat sains dan sains sebagai cara berpikir memiliki kesamaan rata – rata kemunculan sebesar 14,5%, dan rata – rata dimensi konteks sains sebesar 9%. Kesimpulan penelitian ini yaitu buku ajar IPA kelas VII semester 1 yang dianalisis sudah merefleksikan literasi sains, namun proporsi kategori literasi sains yang disajikan tidak seimbang

Keywords


Analisis, IPA, Literasi Sains

References


Budiningsih, T. Y., Rusilowati, A., & Marwoto, P. (2015). Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu Berorientasi Literasi Sains Materi Energi Dan Suhu. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.

Firdausy, B. A. (2017). Keefektifan Interactive E-Book IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 19, 49–55. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/21742

Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342

Mochamad Irsyan, S., Setiawan, A., & Rusnayati, H. (2013). Analisis buku ajar fisika SMA kelas X di kota Bandung berdasarkan komponen literasi sains. Prosidings Seminar Nasional Fisika 2013, 94–102. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/download/5486/4079

OECD. (2019). PISA 2018 results. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34–42.

Q, H. L., Rosyidatun, E. S., & Miranto, S. (2015). Analisis Isi Buku Sekolah Elektronik (Bse) Biologi Kelas Xi Semester 1 Berdasarkan Literasi Sains. Edusains, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1403

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57. https://doi.org/10.24014/konfigurasi.v1i2.4537

Sutrisna, N. (2023). Pengaruh Buku Siswa Berbasis Inkuiri dan Literasi Sains Terhadap Literasi Sains Siswa SMP di Kota Sungai Penuh. 5(3), 301–306. http://vomek.ppj.unp.ac.id/index.php/vomek/article/download/584/299

Wahyu, E. R., Fathurohman, A., & MS, S. (2016). Analisis Buku Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP/MTs berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajran Fisika, 3(2), 10–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i2.2966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cut Dinna Puspa Kartikasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.