Analisis Tingkat Kompetensi Literasi Sains Mahasiswa Tadris Biologi

Fatichatus Shofiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi literasi sains mahasiswa sebagai calon pendidik Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis statistik deskriptif yang menggunakan teknik total sampling dari populasi mahasiswa semester 6 Tadris Biologi IAIN Kudus yaitu sebanyak 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes literasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kompetensi literasi sains mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus secara umum masih termasuk kategori kurang yaitu sebesar 57,36%. Indikator menjelaskan fenomena ilmiah secara tepat berdasarkan ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa termasuk dalam kategori kurang sekali yaitu sebesar 43,4%, sedangkan indikator menafsirkan data dan menarik kesimpulan secara tepat termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 97%. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi literasi sains mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus masih harus ditingkatkan menjadi lebih baik dengan menerapkan pembelajaran berbasis literasi sains.

Kata Kunci: Literasi, sains


Keywords


Literasi; Sains

References


Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2018). Profil Kompetensi Sains Siswa dalam Pembelajaran Literasi Sains Berpendekatan Inkuiri Saintifik. Pancasakti Science Education Journal, 3(April), 1–8.

Cacik, S., Winata, A., & Widiyanti, I. S. R. (2018). Development of “Putik Berisi” (Student Experiment Worksheets Based on Science Literacy) to 5th Grade Students at Elementary School Sidorejo I Tuban. JPDN: Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 67–77. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/download/12202/931/

Dewi, N. A. R., & Sunarti, T. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Dengan Model Pembelajaran Guided Inquiry pada SMA untuk Materi Alat Optik Inovasi Pend. Inovasi Pendidikan Fisika, 07(03), 381–384.

Diana, S., Rachmatulloh, A., & Sri Rahmawati, E. (2015). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015 285 Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assesments (SLA) High School Students’ Scientific Literacy. Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 285–291.

Firman, H. (2007). Laporan analisis literasi sains berdasarkan hasil PISA nasional tahun 2006.

Gormally, C., Brickman, P., & Lut, M. (2012). Developing a test of scientific literacy skills (TOSLS): Measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. CBE Life Sciences Education, 11(4), 364–377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026

Hariyanti, F. (2019). Statistical Literacy Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Student ’ s Statistical Literacy of Junior high school in Learning Mathematics. EKSPOSE: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(2), 911–920. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v18i2.564

NAAEE. (2011). (NAAEE) by the North American Association for Environmental Education. Washington, USA.

Nasution, R. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Lingkungan Siswa SMA Kelas X di Samboja dalam Pembelajaran Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 352–358.

Novitasari, N. (2018). Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Biologi. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 36. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2877

OECD. (2013). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy.

Purwanto, N. (2020). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. PT. Remaja Rosda Karya.

Rahmadani, Y., Fitakurahmah, N., Fungky, N., Prihatin, R., Majid, Q., & Prayitno, B. A. (2018). Profil Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(3), 183–190.

Saribas, D. (2015). Investigating the Relationship between Pre-Service Teachers’ Scientific Literacy, Environmental Literacy and Life-Long Learning Tendency. Science Education International, 26(1), 80–100.

Sartika, D., Kalsum, U., & Arsyad, A. A. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 3(2), 8–12.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015 (Indonesia’s PISA Results in 2018 are Lower than 2015). Open Science Framework, 2(January), 1–2. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i1.2989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fatichatus Shofiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.