Analisis Kategori Literasi Sains pada Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013
Abstract
Rendahnya kemampuan literasi sains siswa di Indonesia dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya yaitu bahan ajar, karena sumber utama pembelajaran siswa di Indonesia masih menggunakan bahan ajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi mengenai ruang lingkup literasi sains yang mencakup pengetahuan sains, penyelidikan hakikat sains, sains sebagai cara untuk berpikir dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat pada bahan ajar yang digunakan di sekolah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrument lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari kategori dalam setiap bab yang diteliti dari bab 1 dan bab 2. Bab 1 memiliki kandungan literasi sains yang lebih tinggi daripada bab 2 dengan presentasi perbandingan pada kategori pengetahuan sains sebesar 15,33% pada bab 1, dan 12,66% pada bab 2, kategori sains sebagai cara untuk menyelidiki sebesar 21,32% pada bab 1 dan 18,66% pada bab 2, kategori sains sebagai cara untuk berpikir yaitu sebesar 16,66% pada bab 1, dan 14,66% jumlah kemunculan presentase pada bab 2. Kategori interaksi sains, teknologi dan masyarakat sebesar 2,66% pada bab 1 maupun bab 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan kategori literasi sains yang muncul pada masing-masing bab memiliki jumlah dan presentase yang beragam.
Kata Kunci: Literasi Sains, Bahan Ajar, Kurikulum 2013
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adisendjaja, Y. H., & Romlah, O. (2007). Analisis Buku Ajar Sains Berdasarkan Literasi Ilmiah Sebagai Dasar Untuk Memilih Buku Ajar Sains (Biologi). Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Biologi.
Ariningrum, T. R. (2016). Analisis Literasi Ilmiah Buku Teks Pelajaran Biologi SMA. Pendidikan, 1(1).
Busemeyer, M. R., & Trampusch, C. (2011). Review article: Comparative political science and the study of education. In British Journal of Political Science (Vol. 41, Issue 2). https://doi.org/10.1017/S0007123410000517
Chiappetta, E. L., Fillman, D. A., & Sethna, G. H. (1991). A method to quantify major themes of scientific literacy in science textbooks. Journal of Research in Science Teaching, 28(8). https://doi.org/10.1002/tea.3660280808
Enden, S., Chaerul, R., & Yuningsih, E. K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Scientific Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Sub Materi Pokok Fluida Dinamis. Journal of Teaching and Learning Physics, 1(1).
Ginting, V. E. (2018). Analisis Tingkat Literasi Sains Buku Teks Biologi Kelas XI Pada Materi Sistem Saraf Di SMA Se- Kecamatan Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v6i1.8900
Halmuniati. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMPN 1 Kontukowuna Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Multimedia. Jurnal Al-Ta’dib, 11(1).
Nurfaidah, R. (2017). Konsep Literasi Dalam Telaah Sibi 2016: Sebuah Kajian Interteks Tahap Awal. Semantik, 6(1). https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1.p37-45
OCED. (2012). United States Country Note. Pisa 2012.
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah. (2019). Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1).
Rohmah, I. L., & Hidayati, S. N. (2021). Analisis Literasi Sains Peserta Didik SMPN 1 Gresik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3).
Shahzad, A., Azeem, M., Nazir, M. S., Vo, X. V., Linh, N. T. M., Pastor, N. M. Z., Dhodary, S., Dakua, S., Umeair, S., Luo, F., Liu, J., Faisal, M., Ullah, H., Sudarmika, G., Sudirman, I., Juliantika, N., Dewi, M., Insiroh, L., Bhawa, I., … ABS., M. K. (2019). Analisis Makna Leksikal Pada Kumpulan Lagu Karya Iwan Fals Sebagai Alternatif Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(3).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335
Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). STEM Education: Inovasi Pembelajaran Sains di Era 4.0. Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNMA 2019, 1.
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v2i2.3094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Idah Hamidah, Anilia Ratnasari, Jojo Suparjo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kulidawa indexed by:
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.