Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII

Nur Hasni, Wahyuddin Wahyuddin, Andi Quraisy

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh  kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan ex post facto. dengan populasi sebanyak 144 orang siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar dan sampel sebanyak 57 orang siswa yang diambil melalui teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes kemampuan verbal dan tes kemampuan numerik yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan verbal siswa berada dalam kategori sedang, kemampuan numerik siswa berada dalam kategori sedang, dan prestasi belajar siswa berada dalam kategori tinggi. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa: (1) kemampuan verbal dan kemampuan numerik berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika (Y) siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,016 < 0,05, atau Fhitung > Ftabel (4,468 > 3,16), koefisien determinasi sebesar 14,2%, (2) tidak terdapat pengaruh kemampuan verbal terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan nilai signifikan sebesar 0,84 > 0,05, atau thitung < ttabel (0,19 < 2,00), dan (3) kemampuan numerik berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa, dengan nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,05, atau thitung > ttabel (2,98 > 2,00).

Kata Kunci: Kemampuan Verbal, Kemampuan Numerik, Prestasi Belajar Matematika.


References


Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120–132. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.14517

Agus, I. (2021). Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31941/delta.v9i1.1061

Azmi, M. A., Sridana, N., Arjudin, A., & Baidowi, B. (2021). Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Bentuk Cerita. Griya Journal of Mathematics Education and Application. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.110

Binsasi, E. (2019). Pengaruh Kemampuan Verbal dan Kemampuan Numerik terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPS Katolik Aurora Kefamenanu. Jurnal Saintek Lahan Kering. https://doi.org/10.32938/slk.v2i1.442

Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Indrawati, F. (2015). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Cara Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.126

Irawan, A. (2016). Peranan Kemampuan Numerik dan Verbal dalam Berpikir Kritis Matematika Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 6(2). https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i2.5443

Jelatu, S., Emenensia Mon, M., & San, S. (2019). Relasi Antara Kemampuan Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i1.2390

Lambertus. (2009). Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Di SD. Forum Pendidikan.

Permendiknas. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses, Depdiknas (2007).

Yudiani, N. M., Marhaeni, A. A. I. N., & Sutama, I. M. (2014). Konstribusi Kemampuan Verbal dan Kemampuan Membaca Pada Pelajaran Matematika. Journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i1.3142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Hasni, Wahyuddin Wahyuddin, Andi Quraisy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.