Pengembangan Media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-Qur’an Pembelajaran IPA Materi Struktur Tumbuhan Kelas VIII SMP/MTs

Indah Wulandari Sholihati, Mohammad Wildan Habibi

Abstract


IPA merupakan  rumpunan ilmu yang memiliki karakter mempelajari fenoma alam. Salah satu yang diajarkan adalah biologi. Berdasarkan hasil wawancara menunjukan bahwa dalam pembelajaran sumber yang digunakan hanya buku LKS dan buku teks yang disediakan oleh kemendikbud. Siswa juga tidak memahami adanya hubungan antara kejadian alam dengan Al-qur’an, sehingga sikap religiusnya kurang didapatkan. Mengatasi hal tersebut maka dikembangkanlah media Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-qur’an. Diharapkan siswa mampu mengkaitkan materi yang bersifat umum dengan ilmu agama dan ayat-ayat Al-qur’an dan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran serta dapat menguasai materi struktur tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan validitas media pembelajaran Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-qur’an secara valid sebagai media pembelajaran struktur tumbuhan kelas VIII di SMP/MTs. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap media pembelajaran Posbuk (Poster Buku) Terintegrasi Al-qur’an secara praktis. Pengembangan media Posbuk (Poster Buku) ini menggunakan model ADDIE yaitu tahapan analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Tahap evaluation(evaluasi) tidak dilakukan karena keterbatasan waktu oleh peneliti. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga dosen ahli, satu guru IPA, 10 siswa dalam uji skala kecil dan 35 siswa dalam uji skala besar. Hasil dari penelitian ini yaitu didapatkan rata-rata presentase uji validasi yaitu ahli materi 91%, ahli integrasi Al-qur’an  93%, ahli media 91% ,dan ahli pengguna 90%. Sehingga rata-rata dari validasi sebesar 91% dikategori sangat valid. Uji coba skala kecil didapatkan hasil rata-rata presentase sebesar 89% dan uji coba skala besar didapatkan rata-rata presentase sebesar 89% yang berarti sangat layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

 


References


Agama, D. (2014). Al’Quran dan Terjemahan. Departemen Agama RI.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.

Ihwanudin, M., Astuti, B., & Yulianto, A. (2018). Bahan Ajar Ipa Terpadu Tipe Integrated Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Al-Quran. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3), 36–42.

Insyasiska, D., Zubaidah, S., Susilo, H., Biologi, P., & Malang, U. N. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar , Kreativitas , Kemampuan Berpikir Kritis , Dan.

Lisma Aspahani, E., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Rancangan Media E-Poster Berbasis Website Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. 7(2), 158–167. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Maiyena, S. (2013). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter untuk Materi Global Warmimg. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(1), 18–26.

Ramadhan, N., Utami, L. S., & Sabaryati, J. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Posbuk (Poster Buku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Hukum Newton. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 3(2), 8. https://doi.org/10.31764/orbita.v3i2.1002

Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2D2: Teori & Praktek. In Lembaga Academic. Lembaga akademik & Research Institute. https://books.google.co.id/books?id=pJHcDwAAQBAJ&pg=PA21&dq=pengembangan+adalah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwj8_sGJ2L70AhW-SGwGHepeCKkQ6AF6BAgDEAM#v=onepage&q=pengembangan adalah&f=false

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standart Proses Pendidikan). PT Prenadamedia Group.

Shofa, M., Nailufa, L. E., & Haqiqi, A. K. (2020). Pembelajaran IPA Terintegrasi Al-Quran dan Nilai-Nilai Pesantren. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 81. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.1928




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v2i2.3268

Refbacks



Copyright (c) 2022 Indah Wulandari Sholihati, Mohammad Wildan Habibi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.