Pengaruh Pengetahuan Dasar Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Hasrin Lamote, Hanisa Hanisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dasar matematika (PDM) dan motivasi belajar (MB) terhadap hasil belajar matematika (HBM) siswa kelas XI MAN 1 Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ekspofacto dengan pendekatan kuantitatif.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Kendari semester genap T.P. 2019/2020. Sampel ditetapkan dengan teknik multistage random sampling (penggabungan stratified dan cluster random sampling) memperoleh 57 sampel. Data pengetahuan dasar matematika, motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa diperoleh dari soal tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan Smart PLS pada α = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk hipotesis ke 1 thitung < ttabel  yaitu 0,791 < 2,004 (PDM tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap HBM), hipotesis ke 2 thitung < ttabel yaitu 1,647 < 2,004 (PDM tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap MB), hipotesis ke 3 thitung  <  ttabel yaitu 1,773 < 2,004 (MB tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap HBM), dan hipotesis ke 4 thitung < ttabel yaitu 1,127 < 2,004 (MB tidak memediasi pengaruh PDM terhadap HBM). Dengan demikian, pengetahuan dasar matematika dan motivasi belajar tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI MAN 1 Kendari.


Keywords


pengetahuan dasar matematika, motivasi belajar, hasil belajar matematika

References


Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120–132. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.14517

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Kadji, Y. (2012). Tentang Teori Motivasi. Jurnal INOVASI, 9(1).

Keban, M. L., Nahak, S., & Kelen, Y. P. K. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Saintek Lahan Kering, 1(1). https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1). https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Strecker, S., Kuckertz, A., & Pawlowski, J. M. (2012). Statistik Terapan : Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi Menggunakan Spss, Amos dan Excel. ICB Research Reports.

Suherman, H. (2003). Strategi Belajar Mengajar Matematika Kontempore. Bandung: JICA.

Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273

Agus, I. (2019). Efektivitas guided discovery menggunakan pendekatan kontekstual ditinjau dari kemampuan berpikir kritis, prestasi, dan self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 120–132. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.14517

Heriyati, H. (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1383

Kadji, Y. (2012). Tentang Teori Motivasi. Jurnal INOVASI, 9(1).

Keban, M. L., Nahak, S., & Kelen, Y. P. K. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Saintek Lahan Kering, 1(1). https://doi.org/10.32938/slk.v1i1.440

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1). https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168

Strecker, S., Kuckertz, A., & Pawlowski, J. M. (2012). Statistik Terapan : Aplikasi Untuk Riset Skripsi, Tesis dan Disertasi Menggunakan Spss, Amos dan Excel. ICB Research Reports.

Suherman, H. (2003). Strategi Belajar Mengajar Matematika Kontempore. Bandung: JICA.

Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i1.3290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hasrin Lamote

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.