Pengaruh Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kendari

Nur Khofifa Ayu Harisatyma, Muragmi Gazaly

Abstract


Penelitian kuantitatif deskriptif ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada masa pandemi CoViD-19 terhadap motivasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kendari; (2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada masa pandemi CoViD-19 terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kendari; (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada masa pandemi CoViD-19 terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kendari. Data dikumpulkan melalui angket (kuesioner) dan dokumentasi pada siswa XI MIPA SMA Negeri 1 Kendari. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial yang berupa uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran daring berpengaruh terhadap motivasi belajar Biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kendari yang dibuktikan dengan data hasil uji hipotesis bahwa nilai thitung sebesar 7.043; (2) Pembelajaran daring tidak berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kendari yang dibuktikan dengan data hasil uji hipotesis bahwa nilai thitung sebesar 0.961; (3) Pembelajaran daring berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Kendari dengan nilai simultan dari hasil uji Manova (Multivariate Analysis of Anova) yang memiliki nilai Signifikansi rata-rata berada dibawah 0.05 (0.000 < 0.05).

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pandemi CoViD-19, Motivasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Biologi


References


Astiti, N. D., Mahadewi, L. P. P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 26(2), 193. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35688

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Handarini, I. O., & Siti, S. W. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3), 496–503.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364

Iskandar. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Gaung Persada Press.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rusilowati, A. (2015). Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6 2015 1. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6, 1–10.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sur, W. A. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EQUATION Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematikaal, 3(2), 40–54.

Syam, A. N., & Rizalia, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring menggunakan Whatsapp Group terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan BIologi IAIN Kendari ditinjau dari Kesadaran Metakognitif. Biopedagogia, 3(1), 16–25.

Training, T., Salsabila, V. D., Mukti, T. S., Putri, F. R., Jamilatul, S. N., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2020). Capaian Pembelajaran Daring. 252–258.

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v2i2.3423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Khofifa Ayu Harisatyma, Muragmi Gazaly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.