Pengaruh Penggunaan Media Bahan Bekas Terhadap Keterampilan Proses Sains Fisika Peserta Didik SMAN 1 Wawonii Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Wawonii Tengah pada praktikum fluida dengan menggunakan media bahan bekas. (2) Untuk mengetahui pengaruh media bahan bekas terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Wawonii Tengah. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Wawonii Tengah. Penelitian Ini dilakukan dengan metode survey kuantitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Wawonii Tengah. Teknik Penelitian ini menggunakan angket untuk mengetahui penggunaan media bahan bekas, tes performa untuk mengetahui keterampilan proses sains, observasi dan wawancara untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan proses sains peserta didik kelas XI IPA SMA terkategori cukup dengan rata rata 75%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media bahan bekas terhadap keterampilan proses sains peserta didik yaitu sebesar 16,1%. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan proses sains ialah kemampuan dasar, sikap yang dimiliki peserta didik, minat dan motivasi belajar serta keterbatasan alat dan bahan praktikum.
Kata Kunci: Media Bahan Bekas, Keterampilan Proses Sains, Praktikum Fluida Statis.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi 2014, 53(9).
Dr. Sandu Siyoto, SKM, M.Kes M. Ali Sodik, M. . (2019). metodologi penelitian. In Handbook of Pediatric Retinal OCT and the Eye-Brain Connection.
Halmuniati. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMPN 1 Kontukowuna Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Multimedia. Jurnal Al-Ta’dib, 11(1).
Halmuniati, H., Hisnan, H., Obaid, M. Y., & Fua, J. La. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MAN 1 Kendari. KULIDAWA, 1(1). https://doi.org/10.31332/kd.v1i1.1801
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Ongowo, R. O., & Indoshi, F. C. (2013). Science Process Skills in the Kenya Certificate of Secondary Education Biology Practical Examinations. Creative Education, 04(11). https://doi.org/10.4236/ce.2013.411101
Prof, A., & Akani, O. (2015). Levels of Possession of Science Process Skills by Final Year Students of Colleges of Education in South-Eastern States of. Levels of Possession of Science Process Skills by Final Year Students of Colleges of Education in South-Eastern States Of, 6(27).
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278
Willie, T. C., Alexander, K. A., Kershaw, T., Campbell, J. C., & Stockman, J. K. (2021). No Longer the Exception, but the Standard: Integrating Trauma-Informed Policy and Pre-exposure Prophylaxis Implementation for Women. In Women’s Health Issues (Vol. 31, Issue 5). https://doi.org/10.1016/j.whi.2021.05.003
Yusuf, P. D. A. M. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. In K E N C A N A.
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v2i2.3474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Devi Dwi Hariningsih, Zainuddin Zainuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kulidawa indexed by:
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.