Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Open Ended Materi SPLDV ditinjau dari Adversity Quotient
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan tingkat beripikir kreatif siswa dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah open-ended materi SPLDV ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa kelas VIII MTsN 1 Ngawi. 2) Untuk mendeskripsikan tingkat beripikir kreatif siswa dengan kemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah open-ended materi SPLDV ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa kelas VIII MTsN 1 Ngawi. 3) Untuk mendeskripsikan tingkat beripikir kreatif siswa dengan kemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah open-ended materi SPLDV ditinjau dari Adversity Quotient pada siswa kelas VIII MTsN 1 Ngawi. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas VIII-D dengan 3 kriteria siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang dan siswa berkemampuan rendah dengan masing-masing kriteria adalah 2 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi memenuhi komponen fluency, flexibility dan elaboration, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif sedang memenuhi komponen fluency, flexibility dan elaboration, dan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah memenuhi komponen fluency.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.105-128
Anandari Safaria dan Muhammad Syarwa Sangila, S., Kunci, K., & Kreatif Matematis, B. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Negeri 9 Kendari Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2).
Arnyana, I. (2019). Pembelajaran untuk Meningktakan Kompetensi 4C (Comunication, Collaboration, Critical Thinking dan Creative Thinking) untuk Menyongsong Abad 21. Prosiding Konverensi Seminar Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1).
Bahrul Hayat. (2010). Prinsip-prinsip dan Strategi Penilaian di Kelas. Pusat Penelitian Pendidikan Balitbang Depdiknas.
Hasanuddin, M., & Lutfianto, M. (2018). Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Sma Berdasarkan Tahapan Wallas Dalam Memecahkan Masalah Program Linear Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ). JIPMat, 3(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2123
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1). https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi kurikulum 2013. In Bandung: Remaja Rosadakarya.
Purwaningsih, W. I., & Supriyono, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(2). https://doi.org/10.37729/jpse.v6i2.6803
Setiawan, R. H., & Harta, I. (2014). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Siswa Terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 241. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2679
Syahara, M. U., & Astutik, E. P. (2021). Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.892
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i2.4189
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Faya Anjelita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kulidawa indexed by:
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.