Hubungan Kreativitas Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA, 2) hubungan antara hasil belajar IPA dengan kreativitas belajar, (3) hubungan antara kecerdasan emosional dan kreativitas belajar dengan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Partisipan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIMTs. Al-Ikhlas Mowewe sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Instrumen data yang digunakan yaitu kuisioner dan tes hasil belajar. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji korelasi dengan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat korelasi sebesar 0,470 > rtabel 0,254 antara kreativitas belajar (X1) dengan hasil belajar IPA (Y); 2) Terdapat korelasi sebesar 0,497 > rtabel 0,254 antara kecerdasan emosional (X2) dengan hasil belajar IPA (Y); dan 3) Terdapat korelasi sebesar 0,566 > rtabel 0,254 antara kreativitas belajar (X1) dan kecerdasan emosional (X2) dengan hasil belajar IPA (Y), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kreativitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badriyah. (2019). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional terhadap Kreativitas dan Prestasi Belajar PAI Siswa di SMK Negeri 4 Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 561(3).
Erika, A., Qomari, N., & Noviandari, I. (2021). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar. UBHARA Management Journal, 1(1).
Fitriani, L. i. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Math Tadris, 2(2). https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i2.62
Halmuniati, H., Hasiati, H., Wui, L., & Awad, F. B. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Tingkat Kecemasan Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa MtsN. 2 Konawe Selatan. KULIDAWA, 1(2). https://doi.org/10.31332/kd.v1i2.2028
Haryadi, R., & Oktaviana, D. (2021). Kemampuan Penalaran Adaptif Dalam Menyelesaikan Soal Logika Matematika Berdasarkan Kreativitas Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3372
Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. F. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49942
Manharifal, M., & Slamet, L. (2021). Kontribusi Kreativitas dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(2). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111433
Nurwulan, E., Hernawati, D., & Mustofa, R. F. (2022). Korelasi antara kecerdasan naturalis dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.7844
Rohimah, S. I., Hayu, W. R. R., & Suherman, I. (2022). Hubungan Kegiatan Belajar Peserta Didik Dengan Kreativitas Peserta Didik Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2488
Saputri, R. M., Asrin, A., & Ilhamdi, M. L. (2022). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.435
Septiana, R., Gani, R. A., & Elizabeth, Y. (2018). Hubungan Kreativitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional PGSD- Universitas Pakuan, 10.
Sianipar, H., Butarbutar, I. P., & Munthe, B. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMPN 7 Pematang Siantar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Gentala Mulia.
Sitiman, H. La. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i2.1111
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. In Bandung: CV Alfabeta.
Utami, S. A., Damayanti, E., & Ismail, W. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(1). https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138
Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247
Widyastika, D., Sitorus, R. H., & Lubis, S. J. (2022). Literasi Sains dan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA Abad 21. Journal on Teacher Education, 3.
Wilda, S., & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i2.5238
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Wafiq Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kulidawa indexed by:
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.