Hubungan Kreativitas Belajar dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar IPA

Wafiq Azizah, Ismaun Ismaun, Masdin Masdin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar IPA, 2) hubungan antara hasil belajar IPA dengan kreativitas belajar, (3) hubungan antara kecerdasan emosional dan kreativitas belajar dengan hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Partisipan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIMTs. Al-Ikhlas Mowewe sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh. Instrumen data yang digunakan yaitu kuisioner dan tes hasil belajar. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji korelasi dengan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat korelasi sebesar 0,470 > rtabel 0,254 antara kreativitas belajar (X1) dengan hasil belajar IPA (Y); 2) Terdapat korelasi sebesar 0,497 > rtabel 0,254 antara kecerdasan emosional (X2) dengan hasil belajar IPA (Y); dan 3) Terdapat korelasi sebesar 0,566 > rtabel 0,254 antara kreativitas belajar (X1) dan kecerdasan emosional (X2) dengan hasil belajar IPA (Y), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kreativitas belajar dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA.


Keywords


Kreativitas belajar; kecerdasan emosional; hasil belajar IPA

References


Badriyah. (2019). Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional terhadap Kreativitas dan Prestasi Belajar PAI Siswa di SMK Negeri 4 Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 561(3).

Erika, A., Qomari, N., & Noviandari, I. (2021). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar. UBHARA Management Journal, 1(1).

Fitriani, L. i. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Math Tadris, 2(2). https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i2.62

Halmuniati, H., Hasiati, H., Wui, L., & Awad, F. B. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Tingkat Kecemasan Terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa MtsN. 2 Konawe Selatan. KULIDAWA, 1(2). https://doi.org/10.31332/kd.v1i2.2028

Haryadi, R., & Oktaviana, D. (2021). Kemampuan Penalaran Adaptif Dalam Menyelesaikan Soal Logika Matematika Berdasarkan Kreativitas Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3372

Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. F. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49942

Manharifal, M., & Slamet, L. (2021). Kontribusi Kreativitas dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 9(2). https://doi.org/10.24036/voteteknika.v9i2.111433

Nurwulan, E., Hernawati, D., & Mustofa, R. F. (2022). Korelasi antara kecerdasan naturalis dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar peserta didik. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1). https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.7844

Rohimah, S. I., Hayu, W. R. R., & Suherman, I. (2022). Hubungan Kegiatan Belajar Peserta Didik Dengan Kreativitas Peserta Didik Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2488

Saputri, R. M., Asrin, A., & Ilhamdi, M. L. (2022). Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus V Mataram Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.435

Septiana, R., Gani, R. A., & Elizabeth, Y. (2018). Hubungan Kreativitas Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Prosiding Seminar Nasional PGSD- Universitas Pakuan, 10.

Sianipar, H., Butarbutar, I. P., & Munthe, B. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kreativitas Belajar Siswa SMPN 7 Pematang Siantar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Gentala Mulia.

Sitiman, H. La. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 1 Sungguminasa. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i2.1111

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. In Bandung: CV Alfabeta.

Utami, S. A., Damayanti, E., & Ismail, W. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(1). https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i1.6138

Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247

Widyastika, D., Sitorus, R. H., & Lubis, S. J. (2022). Literasi Sains dan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA Abad 21. Journal on Teacher Education, 3.

Wilda, S., & Ekawati, S. (2017). Pengaruh kreativitas dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i2.5238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wafiq Azizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.