Analisis Peran Guru dalam Proses Pembelajaran IPA di Laboratorium

Adelia Dwi Octaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran Guru dalam proses pembelajaran IPA di laboratorium, serta mengetahui kendala yang dihadapi Guru dalam proses pembelajaran IPA di Laboratorium beserta upaya mengatasinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek penelitian ini adalah Guru IPA di SMP Negeri 4 Ponorogo. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, kemudian dianalisis dan diuji keabsahan datanya melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Guru dalam proses pembelajaran IPA di laboratorium SMP Negeri 4 Ponorogo sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator peran Guru sebagai sumber belajar, sebagai fasilitator, sebagai pengelola pembelajaran, sebagai demonstrator, sebagai pembimbing, sebagai motivator, serta sebagai evaluator yang terlaksana dengan baik. Kendala yang dihadapi Guru dalam pemanfaatan laboratorium IPA beserta upaya mengatasinya, diantaranya yaitu: 1) Siswa ramai, yang diatasi dengan Guru meminta bantuan petugas laboratorium untuk mengkoordinir; 2) Kurangnya ketersediaan alat, yang diatasi dengan Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan alat yang tersedia; dan 3) Berbenturan dengan kelas lain yang diatasi dengan cara Guru menjadwalkan penggunaan ruang laboratorium IPA. Rasa tanggungg jawab Guru IPA terhadap perannya sebagai Guru dalam proses pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik.

Keywords


Analisis; Peran Guru; Laboratorium IPA

References


Abdullah, A. A. (2016). Peran Guru Dalam Mentransformasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 640–652. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83–92. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i1.351

Evi, T. (2020). Research & Learning in Primary Education Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 2, 2–5.

Hakim, I. Al. (2020). MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MADRASAH. Al-Hikmah, 2(2), 149–153. https://media.neliti.com/media/publications/362311-none-57b7be95.pdf

Hidayati, U. (2013). Pemanfaatan Laboratorium IPA Dan Bahasa Pada Madrasah Aliyah Swasta. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 11(1), 94–112. https://doi.org/10.32729/edukasi.v11i1.428

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

Kirom, A. (2017). Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 69–80. https://doi.org/10.33578/pjr.v5i4.8361

Majid, A. (2017). Majid, A. (2017). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Penerbit Aksara Timur. (A. H. Q. A’yun (ed.)). Aksara Timur. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=sMgyEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Penerbit+Aksara+Timur.&ots=kV5FthCdP7&sig=1rUsrpwGUcQXAJNiSaSQge2yCuw

Pertiwi, F. N. (2019). Sistem Pengelolaan Laboratorium IPA SMP Negeri di Ponorogo. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 13(1), 65–76.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1076/773

Romadhoni, T. E., & Saifuddin, M. F. (2021). Evaluasi Pemanfaatan Laboratorium Biologi SMAN/MAN se-kecamatan Godean. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 59–67. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/566

Rusyan, A. T., Winarni, W., & Hermawan, A. (2020). Seri Pembaharuan Pendidikan: Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif (A. Y. Wati (ed.)). Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama). https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=jBTeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Rusyan,+A.+T.,+Winarni,+W.,+%26+Hermawan,+A.+(2012).+Seri+Pembaharuan+Pendidikan+Membangun+Kelas+Aktif+Dan+Inspiratif.+Depublish.&ots=4CROVgUvwe&sig=G_A_21GQIaU5YT_QoGOQmmMPd_I

Sulistriani, S., Santoso, J., & Oktaviani, S. (2021). PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Journal Of Elementary School Education (JOuESE). https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1517

Suyanto, & Djihad, A. (2013). Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Multi Pressindo.

Widyastuti, T., & Putra, E. D. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 004 Sei Beberas Hilir Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 349–358. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.970

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 79. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Zulkarnain, W. (2022). Manajemen Layanan Khusus di Sekolah (S. B. Hastuti (ed.)). PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i2.5401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adelia Dwi Octaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.