Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantu Geogebra pada Materi Segi Empat untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP

Imaludin Agus, Dedyerianto Dedyerianto, Bunawar Bunawar

Abstract


Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan guru matematika dalam mengajar guna meningkatkan hasil belajar matematika adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantu geogebra. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui kevalidan penggunaan LKS berbantu geogebra terhadap hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui kepraktisan LKS berbantu geogebra terhadap hasil belajar siswa. 3) Untuk mengetahui keefektifan LKS berbatu geogebra terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah (R&D) Research and Development model 4D. Instrumen penelitian menggunakan validator ahli, angket dan tes hasil belajar matematika. Pelaksanaan penelitian ini yaitu dengan merancang produk berupa LKS berbantu geogebra kemudia divalidasi setelah dinyatakan valid kemudian produk tersebut di uji cobakan kemudian diberikan angket kepada guru dan siswa untuk mengetahui kepraktisan produk terakhir memberikan tes untuk mengetahui keefektifan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) LKS valid dengan hasil persentase kedua ahli media 80% dan hasil persentase kedua ahli materi 76%. 2) LKS praktis dengan jumlah persentase kesluruhan dari hasil respon siswa adalah 89,70% dan hasil persentase respon guru adalah 86,4%. 3) LKS efektif dengan rata-rata persentase 89,8%.


Keywords


Lembar Kerja Siswa; Geogebra; Hasil Belajar; Matematika

References


Aan Subhan Pamungkas, Eka Rachma Kurniasi, & Anton. (2020). Pengembangan LKS Berbantuan Geogebra for Smartphone Mata Kuliah Kalkulus Diferensial pada Materi Pertidaksamaan Fungsi. INOMATIKA, 2(1), 12–21. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i1.160

Agus, I., & Masi, L. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Worksheet Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siwa Kelas VII SMP Negeri 9 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1).

Akhirni, A., & Mahmudi, A. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Cabri 3D dan GeoGebra pada Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Hasil Belajar dan Motivasi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(2).

Alkusaeri. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Sasak. Universitas Negeri Yogyakarta.

Angin, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbantu Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Mathematical Thingking (HOMt) Siswa Sma Swasta Santa Maria Kabanjahe. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Global Shadows: Africa in the Neoliberal World Order.

Fahrullisa, R., Putra, F. G., & Supriadi, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) berbantuan Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 145. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.213

Fannie, R. D., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1).

Hamidy, A., & Jailani, J. (2019). Kemampuan proses matematis siswa Kalimantan Timur dalam menyelesaikan soal matematika model PISA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 133–149. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26679

Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Smp Di Cimahi Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3).

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1). https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Krisnayani, L. P., Waluyo, D., & Suarsana, M. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Software Geogebra Pada Pokok Bahasan Geogebra Kelas X SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjpm.v9i1.19867

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). In Akademia Permata.

MZ, Z. A., Anggraini, F., Kusnadi, K., & Alfiah, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematis Berbasis PBL Terintegrasi Nilai-Nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(2). https://doi.org/10.32934/jmie.v3i2.132

Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assessment of students. Pearson/Allyn & Bacon.

Purwati, Y., & Devi, A. D. (2020). Konsep penalaran bayani, irfani dan burhani pada pembelajaran aqidah ahlak dalam pendidikan islam. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2). https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v3i2.275

Sagita, D. (2018). Peran Bahan Ajar LKS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 1(0).

Wahyuningsih, E. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Ipa Siswa Kelas V Di Sd Kanisius Beji. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 22.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v3i2.6025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 bunawar Owo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.