Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal HOTS Matematika

Elwan Stiadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD dalam menyelesaikan soal matematika HOTS Matematika. Penelitian ini menerapkan langkah-langkah pemecahan masalah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Objek penelitian ini adalah 26 siswa semester gasal 2022/2023 tahun pelajaran 2022/2023 di SDN 82 Kota Bengkulu. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif analitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 75% siswa kelas V SDN 82 Kota Bengkulu memiliki kemampuan memahami masalah, 63% memiliki kemampuan merencanakan penyelesaian, 45% memiliki kemampuan menyelesaikan masalah sesuai rencana yang telah dibuat, dan 45% memiliki kemampuan untuk melihat kembali jawaban. Hanya 45% siswa memiliki keterampilan pemecahan masalah.


Keywords


HOTS, Masalah Matematika, Langkah Problem Solving menurut Polya, Kemampuan Pemecahan Masalah

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Andriyani, A., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252

Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org/10.33477/mp.v6i1.448

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Astuti, N., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal HOTS ( Higher Order Thinking Skill ). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 415–426.

Darma, Y., & Firdaus, M. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa aliyah melalui strategi heuristik. Jurnal Pendidikan Informatika Dan …, 88, 95–103. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/saintek.v3i1.209

Driana, E., & Ernawati. (2019). Teachers’ understanding and practices in assessing higher order thinking skills at primary schools. Acitya: Journal of Teaching and Education, 1(2), 110–118. https://doi.org/https://doi.org/10.30650/ajte.v1i2.233

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Irmawati, R., Rahayu, A., & Ratnasari, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots). Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 247–257.

Mawaddah, S., & Jannah, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas XI SMA. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2574

Pradani, S. L., & Nafi’an, M. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) 1 dan Shimawaty Lutvy Pradani Muhammad Ilman Nafi ’ an. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 10(2), 112–118. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.15050

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30743/mes.v2i1.117

Stiadi, E., Putra, A., & Lestary, R. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Komponen Content Ketika Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Pisa Di Smpn 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 440–449. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.440-449

Sugiarti, L. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 323–330.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884.

Susanto, E., & Rusdi. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Project Learning Dilengkapi Penggunaan Ms.Excel & Software SPSS. FKIP Univ. Bengkulu.

Tisngati, U. (2015). Proses Berpikir Reflektif Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Himpunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Berdasarkan Langkah Polya. Beta:Jurnal Tadris Matematika, 8(2), 142–152.

Wahyuda, R., Sari, H. P., & Fitria, N. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah materi kubus dan balok di kelas viii SMP negeri 3 sungai kakap. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 1(1), 13–22. https://doi.org/https://doi.org/10.58740/juwara.v1i1.6

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Tematis Siswa Kwlas XII MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 1–8.

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, 8(1), 76. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i1.6119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elwan Stiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.