Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pengembangan Soal Matematika untuk Melatih Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Kelas VII

Dedyerianto Dedyerianto, Halistin Halistin, Sulmina Sulmina

Abstract


Penelitian ini mengintegrasikan nilai-nilai keislaman pada soal matematika yang dikembangkan dengan menyisipkan ayat-ayat Al-qur’an, hukum-hukum islam, istilah-istilah bernuansa Islam, dan sikap terpuji sesuai dengan Al-qur’an dan Hadits yang dapat diyakini, dipahami, dan ditransfer untuk kemudian diamalkan oleh umat Islam kepada generasi selanjutnya melalui usaha dan pendekatan pendidikan Islam. Soal matematika yang dikembangkan berbentuk soal uraian agar siswa dapat melatih kemampuan pememahaman konsepnya dengan mengemukakan gagasannya secara bebas dalam bentuk uraian tertulis berdasarkan hal-hal yang telah dipelajarinya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk merancang dan mengembangkan soal matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman yang memiliki kualitas (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda) yang layak sehingga dapat melatih kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Ilmi Pondambea Barat sebanyak 24 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Development Research) digunakan untuk menghasilkan produk tertentu yaitu soal matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman. Model pengembangan soal ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis Design DevelopmentI mplementation and Evaluation) namun dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap Implementation. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas 7 butir soal yang dikembangkan dari hasil uji validitas seluruh soal memenuhi kriteria valid, hasil uji reliabilitas soal 0,89 (reliabilitas sangat tinggi), hasil analisis tingkat kesukaran butir soal 1 dan 3 soal mudah dengan kisaran 0,72-0,73, butir soal 2, 4, 5, dan 6 soal sedang dengan kisaran 0,48-0,65, serta butir soal 7 soal sukar dengan kisaran 0,27, dan hasil anaisis daya beda butir soal 1 dan 3 memiliki kisaran 0,26-0,28 (kurang baik), butir soal 2, 5, dan 6 memiliki kisaran 0,44-0,50 (sangat baik), butir soal 4 memiliki kisaran 0,38 (cukup baik) dan butir soal 7 memiliki kisaran 0,18 (tidak baik). Soal yang dikembangkan sangat layak berdasarkan pengukuran ratting scale oleh ahli materi sebesar 98% (sangat layak) dan validitas ahli agama sebesar 95% (sangat layak).


Keywords


Integrasi Nilai-Nilai Keislaman; Soal Matematika; Pemahaman Konsep Matematika

Full Text:

PDF

References


Fariha, S. N. (2019). Pengembangan Soal Matematika Berintegrasi Nilai Keislaman Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Skripsi.

Hadi, S., & Umi Kasum, M. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 59–66. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.630

Junarni. (2016). Pengembangan Modul Matematika yang Terintegrasi Nilai-nilai Keislaman pada Materi Geometri. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Kementerian Pendidikan Nasional. 2003. UU RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Kementrian Pendidikan Nasional.

Kholidah, I. R. (Inna), & Sujadi, A. A. (A). (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal di SD Negeri Gunturan Pandak Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu, 4(3), 259074.

Nihayati, Suningsih, A., & Abdullah, H. M. (2018). Integrasi Ayat-Ayat Bilangan Dalam Al- Qur ’ an Dengan Nilai-Nilai Islam. UIN Raden Intan Lampung, 03(02), 101–109.

Ningsih, Y. L. (2016). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA MELALUI PENERAPAN LEMBAR AKTIVITAS MAHASISWA (LAM) BERBASIS TEORI APOS PADA MATERI TURUNAN Yunika. Edumatica, 06(1), 1–8.

Ningtyas, W. K., & Sc, S. P. M. (n.d.). Pengembangan soal matematika yang diintegrasikan dengan nilai keislaman. 1.

Nufus, H., Nurdin, E., & Ariawan, R. (2021). Integrasi Nilai Keislaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Buku Ajar Program Linier. Jurnal Gantang, 6(1), 47–60. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2556

Sobarningsih, N., Juariah, J., Nurdiansyah, R., Purwanti, A. R., & Kariadinata, R. (2019). Pengembangan soal matematika bernuansa Islami. Jurnal Analisa, 5(2), 109–123. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.5895

Sriyanti, A., Mania, S., & A, N. H. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Berbentuk Uraian Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika Wajib Siswa Man 1 Makassar. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57–69. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.40

Suprananto, K. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Supriadi, N. (2015). Mengembangkan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Buku Ajar Elektronik Interaktif (Baei) Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 63–74. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.51

Widoyoko, P. E. 2014. Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i1.6969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sulmina MTK IAIN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.