Pengaruh Media Fotonovela Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Minat dan Penguasaan Konsep IPA Fisika

Halmuniati Halmuniati, Aniati Aniati, Siti Mutiaraningsih Asshagab, La Wui, Nilawati Ute

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media fotonovela berbasis pendidikan karakter terhadap minat belajar dan penguasaan konsep IPA fisika pada kelas VIII SMPN 2 Kabawo Muna. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kontrol non-ekuivalen. Instrumen yang digunakan yaitu untuk minat belajar menggunakan kuisioner dan untuk penguasaan konsep menggunakan soal pilihan ganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Samples t-test melalui SPSS 21. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap minat belajar siswa yang terlihat pada nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Penguasaan konsep media fotonovela juga berpengaruh yaitu pada nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa media fotonovela berbasis pendidikan karakter mampu meningkatkan minat belajar dan penguasaan konsep IPA fisika.


Keywords


Media Fotonovela, Pendidikan Karakter, Minat Belajar, Penguasaan Konsep

References


Alfiani, S. N. (2021). The Influence of Outdoor Learning Method Towards Learning Outcomes and Interests. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(3). https://doi.org/10.20527/bipf.v8i3.9230

Anniswati, Thamrin, & Santih. (2017). Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah Untuk Minat Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika Pada Materi Bunyi Peserta Didik Kelas VIII MTS Madani Alauddin Paopao. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2).

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. 53(9).

Ariyani, F., Nayana, T., Saregar, A., Yuberti, Y., & Pricilia, A. (2018). Development of Photonovela with Character Education: As an Alternative of Physics Learning Media. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2). https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i2.3072

Astuti, P. (2017). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Media Fotonovela. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1). https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1783

Ermawati, I. R., Andita, A., Fitriana, A., Andryastuti, A., & R, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Fotonovela Fisika Menggunakan Android Berbasis Karakter untuk Siswa Tuna Rungu ( SLB – B ). JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1). https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.638

Halmuniati*, H., Riswandi, D., Zainuddin, Z., Asmin, L. O., & Isa, L. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(4). https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.27199

Mareta, I., Dafik, D., & Murtikusuma, R. P. (2020). The Development of Fotonovela Learning Media Assisted by Ms Publisher on Arithmetic Sequence and Progression. Pancaran Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25037/pancaran.v8i2.229

Negoro, R. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fotonovela Berbantuan Audio Materi Bunyi untuk Siswa Tunarungu SMP LB/MTs LB. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(2).

Nikat, R. F., Loupatty, M., & Zahroh, S. H. (2021). Kajian Pendekatan Multirepresentasi dalam Konteks Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2). https://doi.org/10.52434/jpif.v1i2.1449

Oktaviana, D., Jufrida, & Darmaji. (2016). Penerapan RPP Berbasis Multiple Intelligences untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor Kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal EduFisika, 1(1).

Pujani, N. M., Suma, K., Sadia, W., & Wijaya, A. F. C. (2018). Applying Collaborative Ranking Tasks To Improve Students’ Concept Mastery And Generic Science Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(3). https://doi.org/10.15294/jpii.v7i3.14304

Rahayu, A. (2018). Fotonovela with Cognitive Conflict Approach as Media to Discloses The Easy and Difficult Remedied Misconception. Physics Communication, 2(1).

Rahma, A. dwi, sulhadi, & Sumarti, S. S. (2016). Implementasi Pembelajaran Sains dengan Media Fotonovela Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD/MI Info Artikel. JPE, 5(1).

Rokhmat, J., Hikmawati, Kosim, Wahyudi, & Sari, Y. (2022). The influence of causalitic-learning model on problem-solving ability in terms of students’ mastery of physics concepts. Journal of Physics: Conference Series, 2165(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/2165/1/012051

Sari, D., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2022). Analysis The Effect of Problem Based Approaches and Media Experiment on Learning Interest and Critical Thinking Using Structural Equation Modeling. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1). https://doi.org/10.20527/bipf.v10i1.10141

Sari*, S. A., & Harahap, N. F. A. (2021). Development of Comic Based Learning on Reaction Rate for Learning to be More Interesting and Improving Student’s Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1). https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18852

Sasmita, P. R., & Hartoyo, Z. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran STEM Project Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 2(2). https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1081

Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika Menggunakan E-Learning Dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.31562

Sukmawati, F. (2022). Implementation of Photonovel Media to Promote Student Literacy Science. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2). https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1190

Susilawani, S., Doyan, A., & Ayub, S. (2019). Perbedaan Keterampilan Generik Sains Antara Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Inkuiri Terbimbing Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1). https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.887

Wicaksono, I., Wasis, & Madlazim. (2017). The Effectiveness Of Virtual Science Teaching Model (VS-TM) to Improve Student’s Scientific Creativity And Concept Mastery On Senior High School Physics Subject. Journal of Baltic Science Education, 16(4). https://doi.org/10.33225/jbse/17.16.549

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Talking Chips Disertai Media Fotonovela untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2033

Windayani, N., Kuswarini Suprapto, P., & Fitriani, R. (2019). Penggunaan Media Fotonovela terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Kerusakan Lingkungan. Biosfer : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi. https://doi.org/10.23969/biosfer.v4i1.1889

Yuliati, Y., Doyan, A., & Sahidu, H. (2021). Development of Inkuiri Model Learning Tools Guided to Improve Concept Mastery Learner Physics. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3). https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i3.564

Yusuf, M. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. In K E N C A N A.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i2.7100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Halmuniati Halmuniati, La Wui, Siti Mutiaraningsih Asshagab

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.