Pengaruh Kesiapan Mengajar dan Kecemasan Akademik Terhadap Performa Praktik Mengajar Mahasiswa

Andi Nurannisa Syam, Marlina Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variabel kesiapan mengajar dan kecemasan akademik terhadap performa saat melakukan praktik mengajar pada mata kuliah microteaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi dan sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester V Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK) IAIN Kendari yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan uji korelasi dan uji regresi dengan bantuan Microsoft Excel. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa baik kesiapan mengajar maupun kecemasan akademik sama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap performa praktik mengajar, meskipun untuk kesiapan mengajar menunjukkan korelasi positif (searah) sedangkan kecemasan akademik menunjukkan korelasi negatif (berlawanan arah). Kesiapan mengajar yang tinggi dapat meningkatkan performa saat melakukan praktik mengajar, sedangkan kecamasan yang tinggi justru akan menurunkan performa. Oleh karena itu mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik, sehingga mahasiswa mampu untuk mengendalikan persaan gugup dan cemas saat tampil mengajar.


Keywords


Kesiapan Mengajar, Kecemasan Akademik, Performa Praktik Mengajar

References


Aina, Q., & Hermilia Wijayati, P. (2019). Coping the Academic Stress: The Way the Students Dealing with Stress. KnE Social Sciences, 3(10), 212. https://doi.org/10.18502/kss.v3i10.3903

Ansyari, M. F. (2018). Developing a rubric for assessing pre-service English teacher struggles with instructional planning. Cogent Education, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1507175

Arsal, Z. (2014). Microteaching and pre-service teachers’ sense of self-efficacy in teaching. European Journal of Teacher Education, 37(4), 453–464. https://doi.org/10.1080/02619768.2014.912627

Ayu, F. A. (2021). Stabilitas Emosi Dengan Kesiapan Mengajar Pada Guru Full Day School. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3), 676. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i3.6508

Azizah, N., & Rahmi, E. (2019). Persepsi Mahasiswa Tentang Peranan Mata Kuliah Microteaching Terhadap Kemampuan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNP. EcoGen, 2(2), 197–205.

Dwiyanti, I. A. I., & Jati, I. ketut. (2021). Effectiveness of Behavioral Cognitive Therapy on Academic Anxiety in Children. Journal of Education, 4(2), 58–66. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v

Fitri, S., Sundari, M., Pd, E., Sukmanasa, M., Pd, L., Novita, S., Sn, M., Pd, Y., Mulyawati, S. H., Pd, M., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2020). KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR Disusun oleh. 59.

Hooda, M., & Saini, A. (2017). Academic Anxiety: An Overview. Educational Quest: An Int. J. of Education and Applied Social Science, 8(3), 807–810. https://doi.org/10.5958/2230-7311.2017.00139.8

Howard, E. (2020). Research and Analysis. A review of the literature concerning anxiety for educational assessments. 1–63.

Kader, A. A. (2016). Debilitating and facilitating test anxiety and student motivation and achievement in principles of microeconomics. International Review of Economics Education, 23, 40–46. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.iree.2016.07.002

Karlström, M., & Hamza, K. (2019). Preservice Science Teachers’ Opportunities for Learning Through Reflection When Planning a Microteaching Unit. Journal of Science Teacher Education, 30(1), 44–62. https://doi.org/10.1080/1046560X.2018.1531345

Karlström, M., & Hamza, K. (2021). How Do We Teach Planning to Pre-service Teachers–A Tentative Model. Journal of Science Teacher Education, 32(6), 664–685. https://doi.org/10.1080/1046560X.2021.1875163

König, J., Krepf, M., Bremerich-Vos, A., & Buchholtz, C. (2021). Meeting Cognitive Demands of Lesson Planning: Introducing the CODE-PLAN Model to Describe and Analyze Teachers’ Planning Competence. Teacher Educator, 56(4), 466–487. https://doi.org/10.1080/08878730.2021.1938324

Krepf, M., & König, J. (2022). Structuring the lesson: an empirical investigation of pre-service teacher decision-making during the planning of a demonstration lesson. Journal of Education for Teaching, 00(00), 1–16. https://doi.org/10.1080/02607476.2022.2151877

Kroeger, S. D., Doyle, K., & Benson, A. G. (2022). Microteaching: An Opportunity for Meaningful Professional Development. TEACHING Exceptional Children,.

Permata, K. A., & Widiasavitri, P. N. (2019). Hubungan antara kecemasan akademik dan sleep paralysis pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 1. https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p01

Popat, Y. (2020). Microteaching: an Effective Tool To Enhance the Teaching Skills. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 5(8), 198–206. https://doi.org/10.33564/ijeast.2020.v05i08.030

Putrawangsa, S., & Syawahid, M. (2018). Model Kegiatan Microteaching untuk Mengembangkan Keterampilan Melaksanakan Pembelajaran Matematika Berpusat pada Siswa. Jurnal Elemen, 4(1), 50. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.497

Rahmadani, H. N., Kartikowati, S., & Syabrus, H. (2022). Jurnal PAJAR ( Pendidikan dan Pengajaran ) Volume 6 Nomor 6 November 2022 | ISSN Cetak : 2580 - 8435 | ISSN Online : 2614 - 1337 KESIAPAN MENGAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU STUDENTS ’ PREPAREDNESS FOR TEACHING AT THE FACULTY OF TEACHER TRAINING. 6(November), 1864–1873.

Rakhman, T., Suherman, A., Berman, E. T., & Wiyono, A. (2020). Pengaruh Pembeajaran Micro Teaching Terhadap Kesiapan Mahasiswa Melaksanakan Program Pengalaman Lapangan (Ppl). Journal of Mechanical Engineering Education, 7(2), 201–206.

Salamah, U. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI AKADEMIK. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Is Licensed Under, 3(1), 61–73.

Suryani, E. E. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pmebelajaran (RPP) Melalui Supervisi Akademik. Pedagogiana, 8(84), 62–71.

Susantini, E., Kholiq, A., Yonata, B., & Maulida, A. N. (2014). The Strength and Weaknes of Microteaching in Learning Lab Mathematics and Science Faculty - State University of Surabaya Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS Biologi , Sains , Lingkungan , dan Pembelajarannya _. Seminar Nasional XI, 695–701.

von der Embse, N., Jester, D., Roy, D., & Post, J. (2018). Test Anxiety Effects, Predictors, and Correlates: A 30-Year Meta-Analytic Review. Journal of Affective Disorders, 227, 483–493. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jad.2017.11.048

Widayanti, F. D., Rahayuningsih, S., & Suryanti, E. W. (2022). Pelaksanaan Perkuliahan Microteaching berbasis E-Learning. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 10(2), 344–352. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13357




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i2.7273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Andi Nurannisa Syam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.