Efektivitas Praktikum Kimia Dasar 1 Melalui Pengembangan E-Modul Praktikum untuk Meningkatkan Literasi Laboratorium Mahasiswa

Nur Hikmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi laboratorium mahasiswa melalui pengembangan e-modul praktikum Kimia Dasar 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah semua mahasiswa yang memprogram mata kuliah Kimia Dasar 1 pada tahun ajaran 2021/2022, yang berasal dari empat program studi, yaitu : Tadris IPA, Tadris Biologi, Tadris Fisika, dan Tadris Matematika yang berjumlah 60 mahasiswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi e-modul, lembar penilaian kemampuan literasi laboratorium mahasiswa menggunakan tes berbentuk pilihan ganda yang diberikan melalui aplikasi google form, lembar observasi, serta angket respon dosen dan mahasiswa. Presentasi hasil validasi ahli dan uji coba skala kecil menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan valid dan praktis sehingga layak dijadikan sebagai panduan praktikum Kimia Dasar 1, khususnya di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hasil tes terkait kemampuan literasi laboratorium mahasiswa, diperoleh nilai persentase pada aspek kemampuan mendeskripsikan alat beserta fungsinya sebesar 75% dan kemampuan mahasiswa dalam mendeskripsikan bahan kimia berbahaya beserta sifat dan cara penanganannya di laboratorium diperoleh persentase nilai sebesar 73%, keduanya masuk dalam kategori sedang. Adapun hasil tes kemampuan mendeskripsikan keselamatan kerja di laboratorium sebesar 80% dengan kategori tinggi.


Keywords


E-Modul Praktikum, Kimia Dasar, Literasi Laboratorium

References


Abumalloh, R. A., Asadi, S., Nilashi, M., Minaei-Bidgoli, B., Nayer, F. K., Samad, S., Mohd, S., Ibrahim, O. (2021). The Impact Of Coronavirus Pandemic (Covid-19) On Education: The Role Of Virtual And Remote Laboratories In Education. Technology in Society, 67: 01728. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2021.101728.

Aşıksoy, G., Islek, D,. (2017). The Impact of the Virtual Laboratory on Students’ Attitude in a General Physics Laboratory. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 13 (04), 20- 28.

Dinatha, N, M., Maria Y.,K. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Digital Berbasis Nature Of Science(Nos) untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Journal of Education Technology, 3(4), 293-300.

Hermita, Resty, Suciati, Yudi, R. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Bounded Inquiry Laboratory (Lab) untuk Meningkatkan Literasi Sains Dimensi Proses Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas XI. Jurnal Inkuiri, 5(2), 94-107. ISSN: 2252-7893.

Jin, Y., Q., Chien, L., L., Qun, Z., Sung, W., Y., Yu, S., S. (2021). A Study on Traditional Teaching Method Transferring to E-Learning Under the Covid-19 Pandemic: From Chinese Students' Perspectives. Technology in Society, 67: 632787.DOI: 10.3389/fpsyg.2021.632787.

Linawati, Asmadi, M., N., Lenny, A., S. (2021). Analisis Level Literasi Laboratorium Kimia Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, “Penelitian dan Pengabdian Inovatif pada Masa Pandemi Covid-19”, ISBN: 978-623-6535-49-3.

Mertayasa, Saraswati. (2020). Pembelajaran Practikum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 14 (2). E-ISSN: 2549-6727 ,p-ISSN: 1858-0629.

M. Perkasa, N., Aznam. (2016). Pengembangan SSP Kimia Berbasis Pendidikan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Kesadaran Terhadap Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46.

Nursamsu, Dona, M., Rizky, N., Nurhasnah, M. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Practicum Berbasis Literasi Sains Untuk Pembelajaran IPA. JIPI (Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA), 4(1), 29-40. P-ISSN: 2614-0500 Http://Jurnal.Unsyiah.Ac.Id/Jipi E-ISSN: 2620-553X.

OECD.(2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Qiang, Z., Obando, A.G., Chen, Y., & Ye, C. (2020). Revisiting Distance Learning Resources For Undergraduate Research And Lab Activities During Covid-19 Pandemic. Journal of Chemical Education, 97(9), 3446-3449.

Ratmini, W., S. (2017). The Implementation of Chemistry Practicum at SMA Laboratorium Undiksha Singaraja in the School Year 2016/2017. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 242-254.

Rokhim, D., Asrori, M., & Widarti, H. (2020). Pengembangan Virtual Laboratory pada Praktikum Pemisahan Kimia Terintegrasi Telefon Pintar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 216–226. https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p216.

Rugrat T., Kongsak, T. (2018). Chemical Literacy Levels of Engineering Students in Northeastern Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39, 478-487.

Saraswati, Putu, A., Merayasa, I., E. (2020). Pembelajaran Practicum Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14 (2). E-ISSN: 2549-6727.

Sartika, A.Y.A.M., Yusmaita, E. (2020). Pengembangan Asesmen Literasi Kimia Pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Dan Stoikiometri Kelas X SMA/MA. Edukimia, 2(3), 128– 133. https://doi.org/10.24036/ekj.v2.i3.a187.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta Cv.

Tan, H.R., Chang, W.H., Chonardo, C., Ng, M.T., & Fung, F.M. (2020). How Chemists Achieve Active Learning Online During The Covid-19 Pandemic: Using The Community of Inquiry (CoI) Framework to Support Remote Teaching. Journal of Chemical Education, 97(9), 2512-2518.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development For Training Teachers Of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Wahyuni, A., Yusmaita, E. (2020). Perancangan Instrumen Tes Literasi Kimia Pada Materi Asam Dan Basa Kelas XI SMA/MA. Edukimia, 2(3), 106–111. https://doi.org/10.24036/ ekj.v2.i3.a186.

Wang, L., Q. & Ren, J. (2020). Strategies, Practice and Lessons Learned from Remote Teaching of The General Chemistry Laboratory Course at Brown University. Journal of Chemical Education, 97(9), 3002-3006.

Yanto, D., T., P., Maryatun, K., Hermi, Z., Nizwardi, J., Refdinal. (2022). Virtual Laboratory As A New Educational Trend Post Covid-19: An Effectiveness Study. Jurnal Mimbar Ilmu, 27 (3), 501-510. P-ISSN: 1829-877XE-ISSN: 26859033. Open access:https://doi.Org/10.23887/Mi.V27i3.53996.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i1.7292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Hikmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.