Perbandingan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Peredaran Darah

Rosmini Rosmini, Nian Endrian, Andi Nurannisa Syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe IOC di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan, dan perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe IOC dan Discovery Learning di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan, dan Perbedaan hasil belajar siswa sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe IOC dan Discovery Learning di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Konawe Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berupa quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Konawe Selatan pada tahun pelajaran semester genap 2022/2023. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPA 4. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrument tes pilihan ganda sebanyak 25 nomor. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial (uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah  menggunakan model pembelajaran kooperati tipe IOC pada kelas eksperimen yang pertama, selanjutnya pada kelas eksperimen kedua juga ditemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah  menggunakan model pembelajaran discovery learning, hasil analisis menggunakan Uji T menujukkan bahwa  Thitung 5 < Ttabel 2,9  yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe IOC dan Discovery Learning.

 

 

Keywords


IOC, Discovery Learning, Hasil Belajar

References


Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022

Ahmad, M. (2018). Penerapan Model Team Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI Kelas IX Di SMP Taman Siswa Teluk Betung Bandar Lampung. Skripsi.

Anti, D. R., Andriani, S., & Budiman, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Panjang. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 87–92. https://doi.org/10.32665/james.v5i2.301

Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).

Damanik, L., & Yanny, A. (2016). Perancangan aplikasi pembelajaran sistem koloid menggunakan computer based learning. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 3(6), 80–83.

Dewi, P. F. (2017). Pengaruh Guru Profesional Dan Iklim Sekolah Terpadu Ponorogo. Jurnal Muslim Heritage, 1(2), 369–388.

Efendi, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Model Discovery Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis (Studi Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Smpn 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2015/2016). Universitas Jambi.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fauzi, A., Mashuri, I., Priwanto, D. A., & Siswa, H. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Genteng. Incare, 03(03).

Fitriyah, F., & Murtdlo, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108–112.

Idawati, I. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas XI. IPA.I SMAN 2 Lengayang. Journal on Education, 5(2), 3773–3778. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1058

Kagan, S., & Stenlev, J. (1994). Cooperative learning : undervisning med samarbejdsstrukturer. Narayana Press. https://www.kisii.gl/wp-content/uploads/2019/11/Kagan-Stenlev-Cooperative-Learning.pdf

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.

Purnamawanti, R., Hartati, S., & Sumiyati, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Materi Organisasi Kehidupan. Bioeduin, 5(1), 11–22.

Sari, N. I. N. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasi Belajar Biologi Siswa Pada Materi Kingdom Protista Di Kelas X MIA SMA Negeri 4 Kota Jambi.

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).

Taniredja. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Aalfabeta.

Yaqin, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Inside-Outside-Circle (Ioc) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 2 Paciran. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.33366/ilg.v5i1.3336




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i1.7333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nian Endrian, Rosmini Rosmini, Andi Nurannisa Syam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.