Perbandingan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Peredaran Darah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdjul, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Buntulia. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 343. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.343-348.2022
Ahmad, M. (2018). Penerapan Model Team Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI Kelas IX Di SMP Taman Siswa Teluk Betung Bandar Lampung. Skripsi.
Anti, D. R., Andriani, S., & Budiman, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Mathla’ul Anwar Panjang. Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 87–92. https://doi.org/10.32665/james.v5i2.301
Azmi, N. (2015). Model Pembelajaran Inside Outside Circle (Ioc) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).
Damanik, L., & Yanny, A. (2016). Perancangan aplikasi pembelajaran sistem koloid menggunakan computer based learning. Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 3(6), 80–83.
Dewi, P. F. (2017). Pengaruh Guru Profesional Dan Iklim Sekolah Terpadu Ponorogo. Jurnal Muslim Heritage, 1(2), 369–388.
Efendi, D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Model Discovery Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis (Studi Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Smpn 1 Seputih Agung Tahun Pelajaran 2015/2016). Universitas Jambi.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fauzi, A., Mashuri, I., Priwanto, D. A., & Siswa, H. B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Genteng. Incare, 03(03).
Fitriyah, F., & Murtdlo, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MAN Model Kota Jambi. Jurnal Pelangi, 9(2), 108–112.
Idawati, I. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas XI. IPA.I SMAN 2 Lengayang. Journal on Education, 5(2), 3773–3778. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1058
Kagan, S., & Stenlev, J. (1994). Cooperative learning : undervisning med samarbejdsstrukturer. Narayana Press. https://www.kisii.gl/wp-content/uploads/2019/11/Kagan-Stenlev-Cooperative-Learning.pdf
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402–413.
Purnamawanti, R., Hartati, S., & Sumiyati, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Materi Organisasi Kehidupan. Bioeduin, 5(1), 11–22.
Sari, N. I. N. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle (IOC) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasi Belajar Biologi Siswa Pada Materi Kingdom Protista Di Kelas X MIA SMA Negeri 4 Kota Jambi.
Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).
Taniredja. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Aalfabeta.
Yaqin, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Inside-Outside-Circle (Ioc) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smp Negeri 2 Paciran. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.33366/ilg.v5i1.3336
DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i1.7333
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Nian Endrian, Rosmini Rosmini, Andi Nurannisa Syam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Kulidawa indexed by:
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.