Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ikatan Kimia

Ismaun Ismaun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode quasy experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest and Posttest Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah, melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS, dan kelas kontrol yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data menggunakan tes hasil belajar materi ikatan kimia, yang dianalisis secara statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia, yaitu 87,05 pada kelas eksperimen dan 70,29 pada kelas kontrol. Hasil penelitian secara inferensial menunjukkan bahwa nilai thitung 7,75 > ttabel 1,68 sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi ikatan kimia.

Keywords


Model Pembelajaran TPS, Ikatan Kimia, Hasil Belajar

References


Hikmawati, N. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar IPA Materi Cahaya Melalui Metode Kooperatif Model TPS. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 5(3), 346-353.

Huda, M. (2013). Cooperative learning: model-model pengajaran dan pembelajaran.

Kartini, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X. Jurnal Redoks: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(1), 29-33.

Ni'mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs. Nahdlatul Muslimin Kudus. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).

Rahayu, K., Wigati, I., & Astuti, R. T. (2022, August). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Ikatan Kimia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia (Vol. 1, No. 1, pp. 184-194).

Salam, M., Muharram, M., & Auliah, A. (2016). Pengaruh media animasi dalam model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X Sains SMAN 1 Pinrang studi pada materi pokok ikatan kimia. Jurnal Chemica, 17(2), 103-112.

Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205.

Siahaan, J. H., Sihombing, S., & Simamora, B. A. (2022). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Pematangsiantar TA 2022/2023. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 188-195.Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 579-596.

Surayya, L., Subagia, I. W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Wardhani, A. I., Masykuri, M., & Utami, B. (2014). Pengaruh pembelajaran kooperatif model think pair share (tps) menggunakan strategi peta konsep dan peta pikiran terhadap prestasi belajar siswa materi ikatan kimia kelas xi sma negeri 1 karanganyar tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 36-44.

Winantara, I. D., & Jayanta, I. N. L. (2017). Penerapan model pembelajaran TPS untuk meningkatkan hasil belajar IPA Siswa kelas V SD No 1 Mengwitani. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 9-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i2.7402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ismaun ismaun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.