Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Pengetahuan Dasar Matematis Siswa

La Boy, Muhammad Syarwa Sangila, Halistin Halistin, Firman Riansyah, Dedyerianto Dedyerianto, Anisah Anisah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM), Pengetahuan Dasar Matematika (PDM) siswa dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan dasar matematika siswa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri 2 Konawe Selatan. Pengambilan subjek menggunakan nilai tes soal pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan dasar matematika sebanyak 9 subjek, yaitu subjek dari PDM rendah, sedang, tinggi dan KPM rendah, sedang dan tinggi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah (KPM) siswa masih dalam kategori sedang. Hal tersebut disebabkan karena siswa tidak menguasai indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Pengetahuan Dasar Matematis (PDM) siswa masih dalam kategori sedang. Hal tersebut disebabkan masih banyak siswa  yang tidak menguasai materi khususnya pada pengoperasian penjumlahan, perkalian, dan pembagian, dan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan pengetahuan dasar matematis siswa masih tergolong sedang. Hal tersebut disebabkan oleh siswa yang cenderung melewatkan  indikator kemampuan pemecahan masalah dan pengetahuan pemecahan masalah yang masih tergolong kategori sedang juga mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematikanya. Tujuan yang lainnya sebagai informasi kepada pihak sekolah sehingga dapat di manfaatkan untuk perbaikan sekolah.


Keywords


Pemecahan Masalah Matematis; Pengetahuan Dasar Matematis; Bilangan Bulat

References


Ahmad, M & Seri A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecajan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Musharafa, 6(3), 373-384.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 5(1), 72–80. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366

Elita, G. S., dkk. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.

Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Aritmatika Soalial Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambulasi, 2(4), 786-792.

Halistin. (2018). Analisis Pengetahuan Dasar Matematika Siswa SMP Negeri di Kota Kendari. Jurnal Al-Ta’dib, 11(2), 37–54.

Hidayat, W & Ratna. N. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JnPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109.

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Pengetahuan Awal, Apresiasi Matematika, dan Kecerdasan Logis Matematis. Prosiding Seminar Nasional MIPA, 69–73. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/semnasmipa/article/view/10185

Kemendikbud. (2014). Salinan Lampiran III Permendigbud RI No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah: Pedoman Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendigbud.

Kenedi, dkk. (2019). Konekali Matematika Siswa SD untuk Memecahkan Masalah Matematika. Journal On Mathematics Education, 10(1), 69-79.

La Hadi, A, & Dedyerianto. (2020). Analisis Data Miskonsepsi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Operasi Aritmatika Dasar. Jurnal Al-Ta’dib Kajian Ilmu Pendidikan, 13(1), 18–33.

Maonde, F., dkk. (2016). Deskripsi Perbedaan Pengetahuan Dasar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri dan SMP Swasta di Kota Kendari Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika,7(2), 125-138.

Nurhayati, & Bernard, M. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas X Smk Bina Insan Bangsa Pada. Journal On Education, 01(02), 497–502.

Patih, T. (2016). Analisis PDB, PDGP, PDA, Dan PDS Siswa SMP Negeri 3 Kendari. Jurnal Al-Ta’dib, 9(1), 182–200.

Polya, G.(1973). How To Solve It. New Jersey: Pricenton University Press.

Sari, A, R., & Usman Aripin. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempet Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1135-1142.

Suryani, M., dkk. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Pengetahuan Dasar Matematika. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119-130.

Utami, R. W., & Misnasanti. (2017). Pengetahuan Awal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika 2017, 1–6.

Yuwono, T., dkk. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika. 1(2), 137-144

Zakiyah, S., dkk. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Daring Pada Materi Bilangan Persamaan Kuadrat. Jambura Journal Of Mathematics Education. 2(1), 28-35




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i2.7436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 La Boy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.