Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Card Sort dengan Teknik Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X

Nourma Yulita, Mustika Setyaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk menginterpretasi pengaruh mode pembelajaran aktif card sort dengan Teknik mind maping terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa Kelas X MA Al-Um Probolinggo. Metode penelitian kelas control menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran aktif card sort dengan teknik mind maping. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal, hasil aktivitas siswa dalam setiap aspek adalah: memperhatikan guru sebesar 87,65%; diskusi di kelas sebesar 77,78%; mengerjakan tugas sebesar 82,41%; menyampaikan pendapat sebesar 68,21%; dan menanggapi pendapat siswa lain sebesar 64,20%. Hasil uji t menunjukkan aktivitas siswa signifikan karena probabilitas (P) < 0,01. perbedaan rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 11,1 daripada kelas kontrol sebesar 9,8. Data hasil kognitif dianalisis menggunakan Anakova dan uji t menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh signifikan karena probabilitas (P) < 0,05. Hasil belajar siswa dapat dilihat dalam ranah afektif. Hasil uji t menunjukkan hasil yang signifikan karena probabilitas (P) < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif card sort dengan kombinasi teknik mind maping berpengaruh signifikan (P < 0,05) terhadap aktivitas belajar siswa kelas X MA Al-Um Probolinggo pada materi virus.


Keywords


Aktivitas Siswa, Hasil belajar, Model Pembelajaran Aktif Card Sort dan Teknik Mind Mapping.

Full Text:

PDF

References


Agustin, M., Yensy, N. A., & Rusdi, R. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(1), 66–72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.66-72

Choiriyah, A. (2016). Model Pembelajaran Pengalaman Langsung Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Nur El-Islam, 3(2), 48–82.

Ernedismanq. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Card sort Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sdn 024 Munsalo Kopah Kecamatan Kuantan Tengah. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, Volume 1 N, 26–31.

Fajrin, F., & Leonardi, T. (2019). Hubungan Persepsi Iklim Sekolah Dengan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (Gsa). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 8(1), 69–79.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Jannah, R. (2017). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1211

Kurniawan, F. D. O. S., Nurasiah, I., & Sutisna, A. (2021). Jurnal peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Make a Match di sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 124. https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.578

Kustina, N, G. (2021). ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik Vol 1. No 1. Agustus 2021 30. Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30–37.

Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2), 277–294. https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150

Nur Jannah, E. S. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran “Active Learning-Small Group Discussion” di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Peningkatan Proses Pembelajaran. Fondatia, 3(2), 19–34. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.219

Nurhaliza, Lestari, E. T., & Irawani, F. (2021). Analisis Metode Ceramah dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial, 1(2), 11–19.

Purbayanti, R. L., Suherdiyanto, & Veriansyah, I. (2022). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 03 Sukadana Kabupaten Kayong Utara. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 22–29.

Raehang. (2014). Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 149–167. ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/249/239

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ramaliya. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9(1), 77–87.

Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2019). Implementasi Pendekatan Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Ipa Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912

Wicaksono, D., & Iswan, I. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah …. Jurnal Holistika, 11(September 2018), 111–126. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5362%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/5362/3584




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i2.7586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nourma Yulita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.