PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKPD) BERBASIS LITERASI SAINS MATERI SISTEM EKSKRESI

Syarif Rizalia, Endang Wuriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis literasi sains materi sistem ekskresi; 2) Mengetahui hasil uji validasi dari pengembangan LKPD berbasis literasi sains materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD dikembangkan dengan tujuh langkah penelitian meliputi: 1) analisis potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk, sehingga menghasilkan LKPD berbasis literasi sains yang terdiri atas lima level kemahiran di setiap pertemuannya yaitu level perlu intervensi, dasar, cakap, terampil, dan perlu ruang kreasi. Kemudian, hasil validasi LKPD menunjukkan kategori layak, sehingga LKPD yang dibuat ini potensial untuk dikembangkan ke produksi massal untuk dilihat efektivitasnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar pada materi tentang sistem ekskresi.


Keywords


Penelitian Pengembangan, LKPD, Literasi Sains, Sistem Ekskresi

References


Aryulina, D., Muslim, Q., Manaf, S., & Winarni, E. W. (2015). Biologi 2: SMA dan MA untuk Kelas XI (E. Wijayanti (ed.)). Erlangga.

Dewi, A. M., Widyanto, A., & Ahadi, R. (2022). Respon Siswa Terhadap Media Pembellajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Pada Materi Sistem Pernapasan di SMA 7 Banda Aceh. Astri Medianti Dewi, 10(2), 89–95.

Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Hanafi. (2017). Konsep Pennelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150.

Handayani, M., Rusilowati, A., & Sarwi, S. (2020). Berbasis Literasi Sains Pada Materi Alat-Alat Optik untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP. Unnes Physics Education Journal, 9(1), 79–88. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej%0APengembangan

Hermanto, I. M., Nurhayati, N., Tahir, I., & Yunus, M. (2023). Penerapan Model Guided Context-and Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Gelombang Bunyi. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 151–162. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.36233

Lestari, L., Heffi, A., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. http://journal.unilak.ac.id/index.php/lectura/article/download/5813/2659

Nugraha, R. S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2017). Desain Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning Di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 34. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7495

OECD. (2013). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy.

OECD. (2019). PISA 2018 results. https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm

PISA. (2017). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do (Volume I, Revised edition, February 2014). OECD. https://doi.org/10.1787/9789264208780-en

Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan Dengan Waktu Jarak dan Kecepatan Untuuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian Edisi Khusus PGSD, 20(2), 151–157.

Rahmawati, L. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Semester Genap Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 504–515. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p504-515

Rizalia, S., Susilawati, Adi, W. C., & Parlin. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Sebagai Alternatif Peningkatan Kompetensi Dasar Siswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 15(2), 63–78. https://doi.org/10.31332/atdbwv15i2.4242

Setiawati, T., Haki Pranata, O., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran IPS untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedadiktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 163–174. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Setyo, F., & Pribowo, P. (2018). Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 1–12.

Sugiyono, D. (2018). Metode Penelitian Kuatintatif, Kualitatif dan R & D/Sugiyono. Bandung: Alfabeta, 15(2010).

Susiani, Indana, S., & Indah, N. K. (2017). Validitas dan Efektivitas LKS Berbasis Literasi Sains pada Materi Tumbuhan untuk Siswa Kelas X. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 60–67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/20841

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2694.

Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa (Guepedia/At (ed.)). Guepedia.com.

Yulandari, Y., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Handout Tematik Berbasis Model Inkuiri di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1418–1426. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.935

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605–616. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p605-616

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, M. (2020). Metodolgi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Action Research Research and Development (R and D). Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i1.7757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syarif Rizalia, Endang Wuriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.