Efektivitas Project Based Learning sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pendidikan Biologi

Miswandi Tendrita, Ully Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Project Based Learning sebagai implementasi kurikulum merdeka terhadap keterampilan abad 21 mahasiswa pendidikan biologi. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Sembilanbelas November Kolaka pada mahasiswa Semester V yang memprogram mata kuliah Zoologi Vertebrata. Desain penelitian ini menggunakan Pretest-Posttest Only Control Group Design dengan instrumen penelitian berupa tes essay yang dirancang berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis dan keterampilan berpikir kreatif. Analisis deskriptif menunjukkan perbedaan nilai keterampilan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Rerata nilai postes keterampilan berpikir kritis (54,14) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan rerata nilai pretes (41,67), sedangkan pada keterampilan berpikir kreatif, rerata nilai postes (52) juga secara signifikan lebih tinggi daripada rerata nilai pretes (42,10). Analisis inferensial dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk keterampilan berpikir kritis adalah 0,000 < 0,05, dan untuk keterampilan berpikir kreatif adalah 0,002 < 0,05. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Project Based Learning (PjBL) efektif sebagai implementasi Kurikulum Merdeka terhadap keterampilan abad ke-21 mahasiswa pendidikan biologi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa dalam konteks pendidikan biologi.


Keywords


Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif

References


Azis, A. A., Lutfi, & Ismail. (2019). Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Pengaruh Project Based Learning Terintegrasi Stem Terhadap Literasi Sains, Kreativitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 189–194.

Chasanah, A. R. U., Khoiri, N., & Nuroso, H. (2016). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Kalor Kelas X SMAN 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 19–24. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i1.1149

Ernst, J., & Monroe, M. (2004). The effects of environment-based education on students’ critical thinking skills and disposition toward critical thinking. Environmental Education Research, 10(4), 507–522. https://doi.org/10.1080/1350462042000291038

Finken, M., & Ennis, R. H. (1996). Illonois critical thinking essay test (pp. 1–17).

Firdaus, H. M., Widodo, A., & Rochintaniawati, D. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 21–28. https://doi.org/10.17509/aijbe.v1i1.11452

Fitriya, D., Amaliyah, A., Pujianti, & Fadhillahwati, N. F. (2022). SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KURIKULUM 2013 Dalam Sistem Pendidikan Nasional Hal tersebut dinyatakan pada tahun 2013 No 20 , pendidikan adalah usaha yang disengaja dan terorganisir untuk menciptakan. Journal Scientific of Mandalika, 3(5), 362–367. https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/623

Gunawan, Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). The Effect of Project Based Learning with Virtual Media Assistance on Student’s Creativity in Physics. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2), 7823–7830.

Hambali, H., Fadhilah, N., R, H., & Hamid, S. M. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) sebagai Implementasi Kampus Merdeka Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 272–279.

Hikmah, A., & Nasrudin, H. (2016). Implementation of Guided Inquiry Learning Model to Practice Critical Thinking Skill on Chemical Equilibrium Material at SMA Negeri 1 Probolinggo. UNESA Journal of Chemical Education, 5(1), 159–166.

Ibrahim, M. (2012). Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press

KalelioGlu, F., & Gülbahar, Y. (2014). International forum of educational technology & society the effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion. Educational Technology & Society, 17(1), 248–258. http://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.17.1.248

Kemendikbud, D. D. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Kotzer, S., & Elran, Y. (2012). Learning and teaching with Moodle-based E-learning environments, combining learning skills and content in the fields of Math and Science & Technology. 1st Moodle Research Conference, 14–15. http://research.moodle.net/55/1/16%5Cn-%5CnKotzer%5CnLearning%5Cnand%5Cnteaching%5Cnwith%5CnMoodle-based%5CnE-learning.pdf%5Cnhttp://research.moodle.net/55/1/16 - Kotzer - Learning and teaching with Moodle-based E-learning.pdf

Lubis, F. A. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Model Project Based Learning. PeTeKa, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(3), 192. https://doi.org/10.31604/ptk.v1i3.192-201

Nair, M. G., & Suryan, A. (2020). Trans-disciplinary project based learning models for community service. Procedia Computer Science, 172, 735–740. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.105

Pangestu, D. A., & Rochmat, S. (2021). Filosofi Merdeka Belajar Berdasarkan Perspektif Pendiri Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 78–92. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1823

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.104

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2004). Teaching and Learning 21st Century Skills:Lessons from the Learning Science. European University Institute, 2, 2–5. https://eur-lex.europa.eu/legal-content/PT/TXT/PDF/?uri=CELEX:32016R0679&from=PT%0Ahttp://eur-lex.europa.eu/LexUriServ/LexUriServ.do?uri=CELEX:52012PC0011:pt:NOT

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 65. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92

Treffinger, D., Young, G., Selby, E., & Shepardson C. (2002). Assessing Creativity: A guide for educators. Storrs, CT: The National Research Center on the Gifted and Talented

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan ALAT peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013

Zubaidah, S. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Symposium on Biology Education (Symbion) di Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta pada tanggal 4 April 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/kd.v4i2.7916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Miswandi Tendrita, Ully Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kulidawa indexed by:

free web stats
View My Stats

Creative Commons License
Jurnal Kulidawa under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.