Niat Mengonsumsi Makanan dan Minuman Halal Pada Remaja

Alvien Nur Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi niat mengonsumsi makanan dan minuman halal pada remaja. Data yang digunakan adalah data primer hasil kuesioner yang disebar kepada para remaja dengan rentang usia 16-24 tahun yang berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 oarang dan di analisis dengan SmartPLS 3.0.  Pendekatan TPB digunakan dalam menentukan variabel-variabel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel subjectives norms memengaruhi niat untuk mengonsumsi makanan dan minuman halal pada remaja. 


Keywords


Intention; Attitude; Subjective Norms; Perceived Behavioral Control

Full Text:

PDF

References


Al-Quran

Batubara, Jose RL. 2010. Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Sari Pediatri , Vol. 12, No. 1, Juni 2010. Http://Www.Idai.Or.Id/Artikel/Seputar-Kesehatan-Anak/Kesehatan-Reproduksi-Remaja-Dalam-Aspek-Sosial.

Briliana, V., & Mursito, N. 2017. Exploring Antecedents and Consequences Of Indonesian Muslim Youths' Attitude Towards Halal Cosmetic Products: A Case Study in Jakarta. Asia Pacific Management Review. http://dx.doi.org/10.1016/j.apmrv.2017.07.012

Fordebi Dan Adesy, Dewan Pengurus Nasional. 2016. Ekonomi Dan Bisnis Islam: Seri Konsep Dan Aplikasi Ekonomi Dan Bisnis Islam. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Hosking, Alan. 2018. Change Your Retirement Age - Part 1 - More to Life. HR Future, Volume 2018 Number 2, Feb 2018, p. 48 – 48.

https://Jakarta.Bps.Go.Id/Statictable/2017/01/30/142/Jumlah-Penduduk-Menurut-Kelompok-Umur-Dan-Jenis-Kelamin-Di-Provinsi-Dki-Jakarta-2015.Html. Diakses Tanggal 31 Maret 2019

https://Kbbi.Web.Id/Halal. Diakses Tanggal 31 Maret 2019

https://Kbbi.Web.Id/Persepsi Diakses Tanggal 31 Maret 2019

https://Www.Bi.Go.Id/Id/Ruang-Media/Info-Terbaru/Pages/Pengembangan-Industri-Halal-Dukung-Pertumbuhan-Ekonomi-Nasional.Aspx. Diakses Tanggal 31 Maret 2019

https://Www.Dakwatuna.Com/2015/06/03/69647/Ternyata-Alquran-Bicara-Banyak-Tentang-Remaja/#Axzz5jh7whfcz. Diakses Tanggal 31 Maret 2019

Khalek, Aiedah Abdul and Ismail, Sharifah Hayaati Syed. 2015. Why Are We Eating Halal – Using the Theory of Planned Behavior in Predicting Halal Food Consumption among Generation Y in Malaysia. International Journal of Social Science and Humanity, Vol. 5, No. 7, July 2015.

Malau, Waston; Simanjuntak, Daniel Harapan Parlindungan. 2017. Pemuda dan Masa Depan Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017, Hal. 30-33. Http://Semnastafis.Unimed.ac.id

Nnamdi, Madichie. 2012. Consumer Perception: Book Chapter. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/328676646_Consumer_Perception

Rochmanto, Bayu Al; Widiyanto, Ibnu. 2015. Pengaruh Pengetahuan Produk dan Norma Religius Terhadap Sikap Konsumen dalam Niat Mengkonsumsi Produk Makanan dan Minuman Halal (Studi Kasus di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Accounting Volume 4, Nomor 1, Tahun 2015, Halaman 2.

www.depkes.go.id. Infodatin. Diakses Tanggal 31 Maret 2019

Vanany, Iwan; Soon, Jan Mei; Maryani, Anny dan Wibawa, Berto Mulia. 2019. Determinants of Halal-Food Consumption In Indonesia. Journal of Islamic Marketing. Emerald Publishing Limited. DOI 10.1108/JIMA-09-2018-0177

Yuswohady. (2014). Marketing to The Middle Class Muslim - Kenali Perubahannya, Pahami Perilakunya, Petakan Strateginya. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/lifalah.v5i1.1787

Copyright (c) 2020 Alvien Nur Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Indexed In

Accredited By

free hit
counter
View My Stats

Organized by : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Published by : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: lifalah.iainkdi@gmail.com