E-partnership di PT Go-Jek Indonesia Cab. Yogyakarta Perspektif Ekonomi Islam

Kiki Novita Sari

Abstract


PT GO-JEK Indonesia Cab. Yogyakarta menerapkan sistem baru dalam sebuah ketenagakerjaan, mereka menggunakan sistem kemitraan dengan para drivernya. Dan hal ini semakin menarik karena didalam sistem kemitraan PT GO-JEK Indonesia Cab. Yogyakarta sendiri menggunakan sistem E-Partnership atau kemitraan elektronik. Sebuah sistem kemitraan yang sangat baru di Indonesia. Bahkan, pemerintah Indonesia sendiripun  belum mengeluarkan Undang-undang terkait kemitraan atau perjanjian elektronik.  Dalam hal ini peneliti tertarik untuk mengungkapkan sebuah fakta, apakah sistem E-Partnership di PT GO-JEK Indonesia Cab. Yogyakarta telah sesuai dengan sistem kemitraan perspektif Ekonomi Islam berdasarakan prinsip-prinsip kemitraan yang ada dalam ekonomi Islam. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif  yang menggunakan pendekatan normatif dan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui apakah E-Partnership di PT GO-JEK Indonesia sudah sesuai dengan prinsip-prinsip kemitraan perspektif ekonomi Islam. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa sistem E-Partnership di PT GO-JEK Indonesia belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip-prinsip kemitraan perspektif ekonomi Islam, masih ada beberapa indikator-indikator kemitraan yang belum dijalankan oleh PT GO-JEK Indonesia diantaranya adalah Prinsip Ketauhidan dan Prinsip Kerelaan


Keywords


E-Partnership, GO-JEK Indonesia Yogyakarta, Ekonomi Islam.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Boedi, 2011, Peradaban Pemikiran Ekonomi Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Agus Salim, 2006, Teori & Paradigma Penelitian Sosial, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Ali, Mohammad Daud, 1990, Asas-asas Hukum Islam, Jakarta: CV Rajawali.

Alma, Buchari, 2003, Dasar-dasar Etika Bisnis Islami, Bandung: Alfabeta.

Altinay, Levent and Maureen Brookes, 2012 “Factor Influencing Relationship Development in Franchise Partnerships”, Journal, Departement of Hospitality, Leisure and Tourism Management, Oxford Brookes University, Oxford, United Kingdom, April 2012.

Anwar, Syamsul, 2007, Hukum Perjanjian Syari’ah Studi Tentang Teori Akad dalam Fikih Mu’amalat, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,

Ascarya, 2007, Akad dan Produk Bank Syari’ah, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Asnawi, Haris Faulidi, 2004, Transaksi Bisnis E-Commerse Perspektif Islam, Yogyakarta: Magistra Insania Press.

Bungin, Burhan, 2006, Metode Penelitian Kuantitatif, (Jakarta: Prenada Media Group.

Chandra, Herry P., 2002, “Analisa Studi Tentang Kemitraan Antara Pengembang dan Kontraktor”, Journal Dimensi Tekhnik Sipil Vol. 4, No. 1, Maret 2002, Jakarta: Fakultas Tekhnik Sipil Universitas Petra

Chusnul, Umi dan Windy Novia, 2006, Kamus Besar Bahasa Indonesia, artikel “Upah”, Surabaya: Yoshiko Press.

Dalam akun Kaskus bernama Diam (salah satu driver PT GO-JEK Indonesia), Surat Perjanjian Kemitraan GO-JEK apakah sah?, http://www.kaskus.co.id/thread/564d8adf642eb67e068b456d/surat-perjanjian-kemitraan-gojek-apakah-sah/, diakses pada hari Senin, 17 Oktober 2016, pada pukul 14:26

Dewi, Gemala dkk, 2006, Hukum Perikatan Islam di Indonesia, cetakan ke-2, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djamil, Fathurrahman, 2001, Hukum Perjanjian Syari’ah, dalam Kompilasi Hukum Perikatan Oleh Mariam Darus Badzrulzaman et al., Cet I, Bandung: Citra Aditya Bakti.

Djamil, Faturrahman, 2013, Penerapan Perjanjian dalam Transaksi di Lembaga Keuangan Syari’ah, Jakarta: Penerbit Sinar Grafika.

Ediarto, 2014, Teori Ekonomi Bagi Hasil Kegagalan “Self Regulating” Ekonomi Kapitalis dan Konstruksi Teori “Self Regulating” Ekonomi Bagi Hasil Berdasarkan Tujuh Norma Dasar Ekonomi, Serang: Puri Kartika Banjarsari.

Hafidhuddin, Dindin dkk, 2003, Manajemen Syari’ah Dalam Praktik, Jakarta: Gema Insani Press.

Hakim, Lukman, 2012, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, Surakarta: Penerbit Erlangga.

Hakim, M. Arif, 2009, “Industrialisasi di Indonesia: Menuju Kemitraan Yang Islami”,Jurnal, Jurnal Hukum Islam (JHI) Volume 7, No. 1 Juni 2009, Kudus: STAIN Kudus Jawa Tengah.

Hak, Nurul, 2011, Ekonomi Bisnis Hukum Bisnis Syari’ah Mengupas Ekonomi Islam, Bank Islam, Bunga Uang dan Bagi Hasil, Wakaf Uang dan Sengketa Ekonomi Syari’ah, Yogyakarta: Teras.

Huwati, 2006, Ekonomi Islam Teori dan Prakteknya dalam Perdagangan Obligasi Syari’ah di Pasar Modal Indonesia dan Malaysia, Jakarta: Ciputat Press.

http://www.liputan6.com/tag/gojek, Gejolak Baru GO-JEK, diakses pada hari Selasa, 22 November 2016 pada pukul 01:41 WIB

Ibrahim, Johnny, 2006, Teori & Metodologi Penelitian Hukum Normatif, Malang: Banyumedia Publishing.

Idrus, Muhammad, 2009, Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, Jakarta: Erlangga.

Info GO-JEK, Sejarah Berdirinya GO-JEK, http://infogojek.blogspot.co.id/2015/08/sejarah-go-jek.html, diakses pada hari Senin, 19 Desember 2016 Pada Pukul 12:40 WIB

Irawan, Bambang, 2016 “Konsep Sustainable Development Berbasis Kemitraan Sektor Publik dan Bisnis”, Jurnal Vol. III No. 01, Februari 2016, Jakarta: Prosiding Seminar STIAMI.

Ishlahi, Abdul Azim, 1997, Konsepsi Ekonomi Ibnu Taimiyah, Penerjemah H. Anshari Thayib, Surabaya: Penerbit Bina Ilmu.

Jusmaliani dkk, 2008, Bisnis Berbasis Syari’ah. Cet Ke I, Jakarta: Bumi Aksara.

Karim, Adiwarman, 2007, Ekonomi Mikro Islami, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Karim, Adiwarman A., 2006, Bank Islam: Analisis Fiqh dan Keuangan, Edisi Ketiga, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Karim , Adiwarman A., 2014, Ekonomi Mikro Islami, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Karim, Helmi, 1993, Fiqh Mu’amalah,(Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Khosyi’ah , Siah, 2014, Fiqh Mu’amalah Perbandingan, Bandung: CV Pustaka Setia.

Lin, Hsiu- Fen, “The effect of knowledge management capabilities and partnership attributes on the stage-based e-business diffusion”, Journal, Department of Shipping And Transportation Management, National Taiwan Ocean University, Keelung, Taiwan, 13 March 2013.

Luwis, Abu, 2014, Al Munjid Fi Lugah Wa A’lam, Cetakan ke 47, Beirut: Darul Masyriq.

Muhammad, 2014, Dasar-dasar Keuangan Syari’ah, Yogyakarta: EKONISIA Kampus Fakultas Ekonomi UII.

Mujahidin , Akhmad, 2014, Ekonomi Islam Sejarah, Konsep, Instrumen, Negara dan Pasar, Edisi Revisi Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Mukarrom, M. Tamyiz, Kontrak Kerja: Antara Kesepakatan dan Tuntutan Pengembangan SDM (Perspektif Ekonomi Islam), dalam Jurnal Al Mawarid, edisi X tahun 2003, Yogyakarta: Program Studi Syari’ah FIAI UII.

Munawwir, Ahmad Warson, 2011, Kamus Al-Munawwir, Surabaya: Pustaka Progressif.

Naqvi, Syed Nawab Haider, 2003, Menggagas Ilmu Ekonomi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Naqvi, Syed Nawaf Haidar, 1993, Etika dan Ilmu Ekonomi: Sebuah Sintesis Islami, alih bahasa Husain Anis dan Asep Hikmat, Bandung: Mizan.

Nata, Abuddin, 2006, Metodologi Studi Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pasaribu, Khairuman dan Suhrawadi K. Lubis, 1996, Hukum Perjanjian dalam Islam, Jakarta: Sinar Grafika.

Pass, Cristhoper, 2007, Kamus Lengkap Ekonomi, Jakarta: Erlangga.

Patrik , Purwahid, 1986, Asas-asas Itikad Baik dan Kepatuhan dalam Perjanjian , Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan, dikutip dari http://www.rappler.com/indonesia/111081-buruh-upah-minimum-provinsi-pp-pengupahan, diakses 14 Juli 2015.

PT GO-JEK Indonesia, Apa Itu GO-JEK, www.go-jek.com/?gclid=CIeVuYKZudACFciOaAod, diakses pada hari Senin, 21 November 2016 pada jam 13:23.

Qardhawi, Yusuf, 1997, Norma dan Etika Ekonomi Islam (terjemahan), Jakarta: Gema Insani.

Qardhawi, Yusuf, 1997, Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam, diterjemahkan oleh Didin Hafidzuddin, Setiawan Budiutomo, dan Aumur Rofiq Shaleh Tamhid, Cet. I, Jakarta: Robbani Press.

Rahman, Aditya, Pengertian E-Business, http://study-ebusiness.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-e-business.html, diakses pada hari Selasa, 29 November 2016 pada pukul 11:39

Reed, Ananya Mukherjee and Darryl Reed, “Partnership for Development: Four Models of Business Involvement”, Journal of Business Ethics, Canada, 2009.

Rofiq, Ahmad, 2004, Fiqih Kontekstual dari Normatif ke Pemaknaan Sosial, Yogyakarta: PustakaPelajar.

Rozalinda, 2014, Ekonomi Islam Teori dan Aplikasi Pada Aktivitas Ekonomi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sakti, Ali, 2007, Analisis Teoritis Ekonomi Islam: Jawaban atas Kekacauan Ekonomi Modern, ttp: Paradigma & AQSA Publishing.

Salim, 2006, Hukum Kontrak Teori dan Tekhnik Penyusunan Kontrak, Jakarta: Sinar Grafika.

Saliman, Abdul R., 2005, Hukum Bisnis Untuk Perusahaan, Teori dan Contoh Kasus, Jakarta: Prenada Media Group.

Sejarah Berdirinya GO-JEK dan Pendiri GO-JEK, http://tipsdaftar.blogspot.com/2015/10/sejarah-berdirinya-gojek-dan-pendiri.html, diakses pada hari Senin, 19 Desember 2016, Pada Pukul 01.05 WIB

Setiawan, Denny, “Kerja Sama (Syirkah) Dalam Ekonomi Islam”, Jurnal Ekonomi Volume 21 No. 3, September 2013, Pekan Baru: Jurusan Ilmu Ekonomi Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kampus Bina Widya.

Shihab, Quraish, 2007, Tafsir Al Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an, Cet. VII, Vol. 5, Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, Quraish, 1997, Wawasan Al-Qur’an, Bandung: Mizan.

Soemantadiredja, Adrian, Penerapan E-Bisnis pada GO-JEK, http://ifriloeb.blogspot.com/2015/10/penarapan-e-bisnis-pada-gojek.html?m=1, diakses pada hari Senin, 21 November 2016 pada pukul 13:32.

Suharyati, Endang, Visi dan Misi Nadiem Makarim Untuk GO-JEK Indonesia, https://www.vidio.com/watch/170365-visi-dan-misi-nadiem-makarim-untuk-gojek-indonesia, diakses pada hari Senin, 19 Desember 2016, Pada Pukul 01.56 WIB

Suhrawardi, 2012, Hukum Ekonomi Islam, Jakarta: Sinar Grafika.

Sulistiyani , Ambar Teguh, 2004, Kemitraan dan Model-model Pemberdayaan, Yogyakarta: Gava Media.

Surbakti, Ramlan A., 2006, Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternative Pendekatan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subekti, 1979, Hukum Perjanjian, Ttp: PT Intermasa.

Supardi, 2005, Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Cet. I, Yogyakarta: UII Press.

Syaifuddin, Muhammad, 2012, Hukum Kontrak, Bandung: CV Mandar Maju.

Taimiyah, Ibnu, 2000, Majmu’u Fatawa, Jilid ke VIII, Madinah Munawarroh: Mamlakah Al ‘Arabiyah As Saudiyah.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, 1988, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet Ke 1, Jakarta: Balai Pustaka,

Udovitch , Abraham L., 2008, Kerjasama Syari’ah dan Bagi Untung- Rugi Dalam Sejarah Islam Abad Pertengahan (Teori Penerapannya), Kediri: Qubah.

Widjaja, Gunawan, 2004, Seri Aspek Hukum Dalam Bisnis Persekutuan Perdata, Persekutuan Firma, dan Persekutuan Komanditer, Jakarta: Kencana.

Wikipedia, Perdagangan Elektronik, https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik, diakses pada hari Senin, 28 November 2016 pada pukul 15:42

www.go-jek.com, diakses pada hari Senin, 19 Desember 2016, Pukul 01.24 WIB

www.go-jek.com, diakses pada hari Senin, 19 Desember 2016, Pada Pukul 01.35 WIB

Zahroh, Muhammad Abu, 2000, Ibnu Taimiyah Hayatuhu Wa ‘Aṣruhu- ‘Ãrouhu Wa Fiqhuhu, Kairo: Daaru-l Fikr Al ‘Arobi.

Zhao, Fang, 2006, Maximize Business Profits Through E-Partnership, Australia: Royal Melbaourne Institute of Technology (RMIT) University.

Zybell, Uwe, “Partner Management- Managing Service Partnerships in the supply chain- a Systemic Perspective”, Journal, Kuehne Foundation Centre of Internasional Logistic Networks , Technische Universitaet Berlin, Berlin, Germany, 6 June 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/lifalah.v5i1.1858

Copyright (c) 2020 Kiki Novita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Li Falah : Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Indexed In

Accredited By

free hit
counter
View My Stats

Organized by : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Published by : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: [email protected]