KARAKTERISTIK SERTA PRINSIP SYARIAH MARKETING DAN KEPUTUSAN KONSUMEN MODEL AIDA (STUDI PADA WARUNG KULINER KHAS ACEH BUNGONG JEUMPA)

Sitti Nur Amalia, Miftahur Rahman Hakim

Abstract


Penelitian ini mengkaji implementasi karakteristik dan prinsip-prinsip pemasaran syariah, dengan fokus pada diferensiasi, bauran pemasaran (produk, harga, tempat, dan promosi), dan strategi penjualan dalam konteks warung kuliner khas Aceh, Bungong Jeumpa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik dan prinsip-prinsip Syariah Marketing telah diterapkan dan ditemukan dalam setiap kegiatan yang dilakukan dalam usaha Warung Kuliner Khas Aceh Bungong Jeumpa. Dan dari segi keputusan konsumen dalam mengambil keputusan untuk memilih rumah makan sangat memperhatikan tahapan-tahapan model AIDA.

This study examines the implementation of Sharia marketing characteristics and principles, focusing on differentiation, the marketing mix (product, price, place, and promotion), and selling strategies in the context of a typical Aceh culinary stall, Bungong Jeumpa. The research method used is qualitative research methods. The results showed that the characteristics and principles of Sharia Marketing have been implemented and are found in every activity carried out in the business of Warung Kuliner Khas Aceh Bungong Jeumpa. And in terms of consumer decisions in making decisions to choose a restaurant, it is very concerned about the stages of the AIDA model.

Keywords


Sharia Marketing, Warung Kuliner Khas Aceh Bungong Jeumpa, AIDA model (Attention, Interest, Desire, dan Action)

Full Text:

PDF PDF

References


Al Arif, M. R. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung : Alpabeta.

Amirin, T. M. (1986). Menyusun Rencana Penelitian . Jakarta: Rajawali.

Basu swasta, & Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Bayanuloh, I. (2015). Marketing Syariah Ed. 1, Cet. 2. Yogyakarta: Deepublish.

Boyd, & W Happer dkk. (2000). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global edisi kedua jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Burhanuddin. (2009). PASAR MODAL SYARIAH. YOGYAKARTA: UII Press Yogyakarta.

Dika. (2015, Februari). Saleum Teuka Bak Bungong Jeumpa Retrieved Agustus 23, 2017, from http://www.rumahjogjaindonesia.com: VOLUME III | EDISI 33.

Donityas. (2013, Maret 30). Menjumpai Kuliner Aceh di Bungong Jeumpa, Jogja.

Retrieved Agustus 23, 2017, from kuliner.panduanwisata.id:

http://kuliner.panduanwisata.id/indonesia/pulaujawa/yogyakarta/menjumpai-kuliner-aceh-di-bungong-jeumpa-jogja/

Fatimah, F. (2015). Strategi Pemasaran Berbasis Syariah Bagi Ritel Tradisional Agar Mampu Bersaing Dengan Ritel Modern. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia Vol 1. No. 2.

Grunert, E. d. (1993). the concept of succes factors . perspectif on management.

Hasanah, K. (2016). Pengaruh Karakteristik Marketing Syariah terhadap Keputusan menjadi Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Iqtishadia Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 3 No. 1 .

Kertajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing . Bandung : Mizan pustaka .

Kholis, N., Priyadi, U., & Hendrik. (2014). Penguatan kapasitas Marketing Produk Industri Kreatif Berbasis Marketing Syariah dan Pemanfaatan IT di Sleman. Millah Vol. XIV No. 1, 67-88.

Kotler, P. (2006). Manajemen pemasaran : Analisis, Perencanaan dan pengendalian, Jilid 1, Terj. Jaka Wasaa. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kunaifi, A. (2015). Implementasi Pemasaran Syari’ah Berbasis Human Spirit Dalam Islamic Finance (Studi Kasus Strategi Pemasaran Di Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah (Bprs) Bhakti Sumekar Kabupaten Sumenep). Jurnal Ekonomi Islam Malia Vol 7, No 1.

Miftah, A. (2015). Mengenal Marketing dan Marketers Syariah. Jurnal Ekonomi Islam Vol 6 No.2.

Nasution, N. H. (2008). Investasi pada pasar modal syariah. jakarta: kencana prenada media group.

Nazir, M. (1988). Metode Penelitian . Jakarta: Ghalia Indonesia.

Neuman, W. L. (2000). Social Research Methods Qualitative and Quantitative approaches. Fourth Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Nugraha, I. B., Iskandar, M. R., & Bayuni, E. M. (2016). Analisis Syariah Marketing Menurut Muhamad Syakir Sula terhadap Penerapan dan Dampaknya Pada Pangsa Pasar PT. Asuransi Takafu Umum Perwakilan Kantor Bandung. Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, ISSN : 2460-2159.

Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa – Journal Of Islamic Studies Vol 4 No. 1.

Ompi, A. W. (2013). Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (Add) dalam Meningkatkan Pembangunan Desa (Studi Di Desa Pangu Kec.Ratahan Kab.Minahasa Tenggara). Governance Vol 5, No 1 .

Purwanto, Y. (2007). Etika Profesi Psikologi Profetik Perspektif Psikologi Islami. Bandung : PT. Rrefika Aditama.

Sari, N. (2012). Manajemen Marketing (Pemasaran) Produk Jasa Keuangan Perbankan Dalam Perspektif Islam. Media Syariah, Vol. XIV No. 2 Juli – Desember.

Setyono, L., Kusumawati, A., & Wawardi, M. (2015). The Effect Of Islamic Marketing And Corporate Image On Customer Satisfaction And Customer Loyalty (Study On Customers Of Pt Bank Muamalat Indonesia Malang Branch Office). Jurnal Administrasi Bisnis Vol 27, No 1.

Stanton, W. J. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Ketujuh. Erlangga: Jakarta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tamamudin. (2014). Merefleksikan Teori Pemasaran Ke Dalam Praktik Pemasaran Syariah. Jurnal Hukum Islam (JHI) Vol12, No 2 .

Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wahab, S. A. (1997). Analisis Kebijaksanaan : Dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zainal, V. R., Djaelani, F., Basalamah, S., Yusran, H. L., & Veithzal, A. P. (2017). Islamic Marketing Management. Jakarta: Bumi Aksara.

Zunaidah , & Nazaruddin, A. (2007). Analisis Strategi Pemasaran Tabungan Shar-ePada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Palembang. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Terapan Tahun IV No 1,.

Zunaidi, A. (2015). Pemasaran Batik Madura Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah (Studi Kasus Pada Batik “Jokotole” Di Bangkalan Madura). DINAR: Jurnal Ekonomi Islam Dan Keuangan Vol 1, No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31332/robust.v3i2.7799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti Nur Annisa Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Robust: Research of Business and Economics Studies, Indexed In

free web
stats
View Robust Stats

Organized by : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Published by : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Jl. Sultan Qaimuddin No. 17 Baruga Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara
phone. +62401-3193710
Fax. +62401-3193710
Email: jurnal.febiiainkendari@gmail.com

pafimemet.org

dajjal.us

dajjal.shop

dutasukses.com

sinikangenwin.com