Strategi Pengembangan Lembaga Pendidikan: Menggali Spirit PM Gontor 7 Putera, Sulawesi Tenggara
Abstract
Berbagai lembaga didirikan untuk tujuan-tujuan besar melampaui target-target individual. Keberhasilan maupun kegagalan dalam memperjuangkan gagasan-gagasan dasar berlembaga akan ditentukan oleh konsistensi dari para pelakunya. PM Gontor merupakan simbol lembaga pendidikan Islam yang didirikan di atas tujuan suci, pengabdian kepada Allah, yang kemudian secara konsisten berjalan di atas gagasan itu. Hasilnya terlihat dengan jelas pada kemampuan melewati ujian-ujian sejarah, bahkan kini menjadi pesantren yang memiliki jaringan terbesar, nasional bahkan internasional. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendalami strategi pengembangan organisasi di salah satu cabang PM Gontor, yakni PM Gontor 7 Putera Riyadhatul Mujahidin, Sulawesi Tenggara. Tujuannya adalah untuk: 1) memahami gejalan proliferasi PM Gontor; 2) memaknai desain struktur organisasi PM Gontor; 3) memahami budaya organisasi PM Gontor; 4) mempelajari nilai-nilai dasar PM Gontor; 5) melacak jejak-jejak PM Gontor di Indonesia. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: perkembangan besar PM Gontor saat ini adalah buah manis dari konsistensi memperjuangkan gagasan; struktur organisasi yang dirancang relevan dengan perkembangan; mengokohkan budaya khas PM Gontor, pembelajaran nilai-nilai dasar PM Gontor pada semua jenjang pendidikan, memancarkan gagasan PM Gontor kepada masyarakat luas melalui pembukaan cabang-cabang di berbagai daerah di Indonesia.
Kata Kunci: Proliferasi, PM Gontor 7, Strategi Pengembangan
Various institutions were established for large goals beyond individual targets. The success or failure in fighting for basic institutionalized ideas will be determined by the consistency of the perpetrators. PM Gontor is a symbol of Islamic educational institutions founded on sacred goals, devotion to God, which then consistently goes on with that idea. The results are clearly visible in the ability to pass historical examinations, even now becoming pesantren which have the largest, national and even international networks. This article uses a qualitative approach to explore organizational development strategies in one of PM Gontor's branches, namely PM Gontor 7 Putera Riyadhatul Mujahidin, Southeast Sulawesi. The aim is to: 1) understand PM Gontor's proliferation problems; 2) interpret the design of PM Gontor's organizational structure; 3) understand PM Gontor's organizational culture; 4) learn the basic values of PM Gontor; 5) track traces of PM Gontor in Indonesia. The findings of this study indicate that: PM Gontor's great development today is the sweet fruit of consistency in fighting for ideas; organizational structure designed to be relevant to development; cementing PM Gontor's distinctive culture, learning the basic values of PM Gontor at all levels of education, emitting PM Gontor's ideas to the wider community through the opening of branches in various regions in Indonesia.
Keywords: Proliferation, PM Gontor 7, Development Strategy
Full Text:
PDFReferences
Akhwan, Muzhoffar. "Pengembangan madrasah sebagai pendidikan untuk semua." EL TARBAWI 1, no. 1 (2008): 41-54.
Biografi Mochtar Riady Manusia Ide, (Jakarta: Gramedia, 2016)
Bungin, Burhan. Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Kencana, 2007.
Dacholfany, M. Ihsan. "Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi: Sebuah Tantangan dan Harapan." STAIN Metro: Jurnal Akademika 20, no. 01 (2015).
Damanhuri, Ahmad, Endin Mujahidin, and Didin Hafidhuddin. "Inovasi pengelolaan pesantren dalam menghadapi persaingan di era globalisasi." TA'DIBUNA 2, no. 1 (2013): 17-37.
Daulay, Haidar Putra. Historisitas dan eksistensi: Pesantren sekolah dan madrasah. Tiara Wacana Yogya, 2001.
Departemen Agama, R. I. "Alqur’an dan Terjemahannya." Bandung: Diponegoro (2000).
di Pesantren, Pendidikan Multikultural. "Pendidikan Multikultural di Pesantren: Membangun Kesadaran Keberagamaan yang Inklusif." ADDIN 4, no. 2 (2012): 211.
Haningsih, Sri. "Peran strategis pesantren, madrasah dan sekolah islam di Indonesia." EL TARBAWI 1, no. 1 (2008)
Hill, Charles WL, Gareth R. Jones, and Melissa A. Schilling. Strategic management: theory: an integrated approach. Cengage Learning, 2014.
http;//www.gontor.ac.id/latar-belakang, diakses 17 Juli 2018
Luthans, Fred. "Organizational behaviour: An evidence-based approach." McGraw-Hill (2011).
Mahayana, Dimitri. Menjemput masa depan: futuristik dan rekayasa masyarakat menuju era global. Remaja Rosdakarya, 1999
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. Analyzing qualitative data: A sourcebook of new methods. Center for Policy Research, 1983.
Moleong, J. "Lexy. 2014, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT." Remaja Rosdakarya.
Robbins, Stephen P. Organization Theory: Structures, Designs, And Applications, 3/e. Pearson Education India, 1990.
Schein, Edgar H. Organizational culture and leadership. Vol. 2. John Wiley & Sons, 2010.
Sulthon, Muhammad, Moh Khusnuridlo, and Zakiyah Tasnim. Manajemen pondok pesantren dalam perspektif global. LaksBang PRESSindo, 2006
Sugiyono, Prof. "Memahami Penelitian Kualitatif." Bandung: Alfabeta (2005).
Suti, Marus. "Strategi Peningkatan Mutu di Era Otonomi Pendidikan." Jurnal Medtek 3, no. 2 (2011).
Syahrul, Syahrul. "Kepemimpinan dan Inovasi Lembaga Pendidikan (Pengalaman Pondok Gontor VII Putra Sulawesi Tenggara)." Al-Ta'dib 8, no. 1 (2015): 82-100.
Syahrul, Syahrul. "Perjumpaan Demokrasi, Multikulturalisme dan Inklusifisme Pendidikan di PM Gontor 7 Putera, Konawe Selatan." Shautut Tarbiyah 38, no. 24 (2018): 163-180.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.